Air Terjun Tongkat, pesona air terjun eksotik alami di Langkat - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Tongkat, pesona air terjun eksotik alami di Langkat

Harga tiket: Rp 20.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Rumah Galuh, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara; Kasus: Verifikasi lokasi

Salah satu destinasi wisata paling populer di Kabupaten Langkat adalah Air Terjun Tongkat. Air terjun ini memang sarat dengan mitos atau legenda yang beredar di kalangan masyarakat sekitar. Pengunjung yang datang seakan terhipnotis dengan panorama alam yang hadir dengan sendirinya.

Anda dapat mengunjungi air terjun di akhir pekan. Karena memang hari itu penuh dengan turis. Wisatawan lokal dan mancanegara. Mereka sengaja datang dari jauh agar bisa menikmati keindahan alam yang disajikan oleh air terjun tersebut.

Tempat ini juga memiliki banyak spot foto yang instagramable. Sehingga cocok untuk Anda jadikan lokasi ini sebagai tempat membuat konten foto dan video. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai air terjun Stick, berikut ini akan diulas secara lengkap.

Atraksi Air Terjun Tongkat

Atraksi Air Terjun TongkatKredit gambar: LANDSCAPE DAN VIDEOGRAPHER Instagram

1. Panorama alam yang indah

Air Terjun Tongkat pasti tidak akan populer dan menjadi ikon wisata jika tidak memiliki daya tarik. Destinasi wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Hal ini dikarenakan tempat tersebut begitu unik dan memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Seperti air terjun ini yang menjadi pusat perhatian. Keindahannya tidak hanya karena pemandangan air terjunnya saja, tetapi juga karena keindahan alam sekitarnya. Anda akan menemukan banyak pepohonan rindang dan bebatuan besar yang akan membuat suasana alam begitu asri.

Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil menikmati makanan ringan di area air terjun. Namun perlu diingat bahwa Anda dilarang berenang langsung di area bawah lautnya. Karena memang air terjun tersebut memiliki cekungan yang sangat dalam persis di bawahnya. Oleh karena itu sangat disarankan untuk berenang hanya di pinggir saja.

2. Air terjun dan batang pohon

Air Terjun Tongkat memiliki arus yang sangat besar namun masih sangat jernih. Hanya dengan melihatnya, Anda sudah bisa mencium manisnya air di tempat ini. Ciri utama air terjun ini dan daya tarik utamanya adalah pohon yang melintasi air terjun.

Batang pohonnya memiliki ukuran yang sangat besar. Sehingga, sulit untuk berpindah atau dipindahkan ke tempat lain. Menyaksikan batang pohon saat berada di sana tentu akan membuat pusing.

3. Keindahan di bawah air terjun

Walaupun disini air terjun ini memiliki aliran yang sangat deras, namun syaratnya anda bisa melihat air dengan jelas. Ini karena airnya sangat jernih.

Karena kejernihannya, terkadang Anda bisa melihat warna air terjun yang sedikit kebiruan. Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan berenang atau menyelam, tentu akan merasakan kepuasan tersendiri melakukannya di aksi Stick ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun TongkatKredit Gambar: Instagram Lisanul Ummi Hsb

Air Terjun Tongkat berada di provinsi Sumatera Utara. Lokasi tepatnya di Kabupaten Langkat. Anda hanya perlu menuju ke desa Rumah Galuh, kemudian Anda akan menemukan petunjuk arah yang nantinya bisa Anda ikuti untuk menuju kawasan wisata tersebut.

Anda juga bisa mulai dari Medan kemudian menuju ke Binjai dan langsung menuju ke Sungai Wampu. Di tempat ini tersedia area parkir untuk kendaraan roda dua atau empat yang Anda bawa. Dari tempat parkir, Anda harus berjalan kaki untuk mencapai lokasi air terjun.

Perjalanan memakan waktu setidaknya 1 jam. Namun Anda tidak perlu khawatir tersesat karena tersedia tim keamanan. Nantinya, selama perjalanan, akan ada kesulitan yang mungkin dihadapi wisatawan.

Ada beberapa area atau kawasan yang agak licin dan juga banyak bebatuan. Selain itu, jalannya agak sempit dan menurun. Untuk itu, wisatawan harus melangkah dengan hati-hati saat berada di tempat ini.

Setelah menyusuri jalan tersebut nantinya Anda akan menemukan jalan yang cukup datar. Di jalan ini, air terjun Tongkat dekat dengan lokasi Anda. Nanti Anda bisa melihat pepohonan yang begitu indah dan hijau.

Di sini pun Anda akan melihat keindahan alam air terjun yang sudah mulai terlihat. Anda tidak perlu khawatir saat berada di tempat ini. Karena memang nantinya akan ada beberapa posisi yang bisa anda gunakan untuk beristirahat. Pos-pos ini juga diisi oleh penjual makanan.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Masuk Air Terjun TongkatImage Credit: Instagram ARKAM RENTAL CAR MEDAN

Air terjun di Tongkat ini buka 24 jam sehari, jadi Anda tidak perlu khawatir jam tutup. Anda juga bisa mengunjungi air terjun ini kapanpun Anda mau. Harga tiketnya sendiri masih sangat terjangkau dibandingkan dengan tempat wisata lainnya.

Jika Anda datang dengan mobil, akan dikenakan biaya sebesar Rp 100.000 untuk mobil. Namun, jika Anda datang ke sini secara pribadi, Anda hanya perlu membayar Rp 20.000. Harga tersebut memang cukup terjangkau karena nantinya akan ada keindahan alam yang memukau untuk Anda nikmati.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Air Terjun Tongkat

Tetap aktivitas menyenangkan aksiKredit gambar: Instagram Ratna Saputri

1. Berenang

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan selama berada di air terjun ini. Salah satu kegiatan tersebut adalah berenang. Kegiatan mengunjungi air terjun Tongkat tidak akan lengkap jika tidak berenang. Sambil berenang, wisatawan akan bisa merasakan alam sekitar yang asri dan air yang sangat sejuk.

Anda tidak perlu menyelam untuk melihat keindahan yang ditawarkan air terjun ini. Airnya yang jernih membuat Anda bisa melihat dengan jelas keindahan yang terhampar di bawahnya.

2. Nikmati kesegaran airnya

Karena air terjun di tempat ini sangat jernih, banyak pengunjung yang memanfaatkannya untuk bermain air. Saat Anda bermain air di tengah atau di pinggir, akan membuat liburan Anda jadi menyenangkan. Kesejukan air terjun ini bisa Anda rasakan begitu meresap ke dalam kulit bahkan sampai ke tulang.

3. Pelacakan

Aktivitas Seru di Air Terjun TongkatKredit Gambar: Panduan Penerbangan Google Maps

Bagi Anda yang suka menjelajah, akan sangat menarik untuk mengunjungi tempat ini. Nantinya wisatawan akan menempuh jalan setapak dan menikmati pemandangan pepohonan yang sangat hijau dan asri.

Jalan terjal ini ternyata menjadi daya tarik lain yang dimiliki air terjun tongkat. Sehingga hal ini membuat wisatawan tertarik untuk datang ke tempat ini. Manajer tur telah menyediakan layanan keamanan yang dapat digunakan untuk menunjukkan arah kepada Anda.

4. Berburu Foto

Tentunya kegiatan liburan tidak akan terasa pas dan lengkap jika tidak melakukan hunting foto di tempat wisata. Banyak sekali lokasi olahraga dan foto yang instagramable yang bisa kamu gunakan untuk berfoto. Selain itu, background pepohonan yang begitu asri dan rimbun membuat tempat ini sangat cocok sebagai background.

Anda yang ingin melakukan kegiatan foto prewedding juga bisa menggunakan lokasi Air Terjun ini. Menggunakan tema alam, foto yang dihasilkan tentunya akan terlihat sangat indah dan menakjubkan.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Kredit gambar: Google Maps Rojali

Tempat wisata Air Terjun Tongkat ini telah menyediakan fasilitas yang memadai bagi pengunjung. Fasilitas tersebut sengaja dirancang untuk membuat pengunjung semakin betah berada di tempat ini.

Fasilitas pemandu arah tersedia sepanjang waktu, yang tentunya memudahkan wisatawan untuk menjelajahi tempat wisata. Pemandu nantinya akan menunjukkan tempat-tempat indah dan tempat-tempat menarik yang bisa Anda gunakan sebagai latar belakang untuk berfoto.

Biasanya seorang guide akan memandu beberapa wisatawan sekaligus. 1 guide akan membawa minimal 10 wisatawan. Ada juga tim keamanan yang bekerja di sini untuk memastikan keamanan wisatawan.

Jadi, bagi pengunjung yang mengalami kendala atau hal yang tidak diinginkan di tempat wisata, ada agen yang siaga. Tim keamanan telah dibekali kemampuan untuk memberikan pertolongan pertama pada berbagai situasi dan kondisi yang dialami wisatawan.

Ada fasilitas pos yang juga bisa Anda temukan saat berada di sana. Di sekitar pos banyak pedagang yang menjual makanan. Anda bisa beristirahat sejenak dan kemudian menikmati makanan yang ditawarkan oleh para pedagang.

Jika Anda ingin melakukan arung jeram, tempat ini juga menawarkan jasa persewaan peralatan arung jeram dengan harga yang cukup terjangkau.

Itu adalah ulasan komprehensif tentang atraksi, fasilitas, harga tiket, dll. mengenai Air Terjun Tongkat yang perlu anda ketahui. Bagi anda yang bingung mencari tempat wisata air dengan pemandangan alam yang indah, sangat direkomendasikan untuk mengunjungi tempat ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button