Pemdakab Garut siapkan roadmap desa wisata hingga 2030 - WisataHits
Jawa Barat

Pemdakab Garut siapkan roadmap desa wisata hingga 2030

PORTAL JABAR, CAB. GARUT – Pemerintah Daerah (Pemdakab) Kabupaten Garut akan menyiapkan roadmap desa wisata pada 2030. Rencana tersebut merupakan upaya untuk menarik wisatawan asing mengunjungi desa-desa melalui desa wisata.

Gagasan tersebut disampaikan Bupati Garut, Rudy Gunawan, saat penyerahan hadiah dan penghargaan kepada para pemenang Lomba Video Desa Wisata (DEWI) Kabupaten Garut Tahun 2022, bersamaan dengan pelaksanaan Joint Call yang digelar di Garut. Lapangan Sekretariat Daerah (Setda), Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (12/5/2022).

Bupati Rudy mengatakan, para camat penerima penghargaan ini akan diundang untuk membahas Roadmap Desa Wisata hingga 2030 untuk mendukung program Dewi di wilayahnya.

“Dan kepada camat peraih penghargaan video wisata desa, penghargaan tersebut dibagikan dan akan dibahas nanti di Yogyakarta,” ujarnya.

Bupati Garut mengumumkan pihaknya berencana membuat rencana rinci tata ruang (RDTR) desa untuk mendukung keberlanjutan desa.

“Kami sedang membuat rencana detail desa yang bisa dijadikan desa wisata. Desa wisata akan kami anggarkan dan masuk dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) bupati ke depan,” ujarnya.

Dalam lomba video ini, Kabupaten Garut Kota meraih juara 1, disusul oleh Kabupaten Leuwigoong sebagai juara 2, Kabupaten Cikelet sebagai juara 3, Kabupaten Cilawu sebagai juara harapan 1, Kabupaten Karangtengah sebagai juara harapan 2 dan Favorit dan terakhir sebagai juara harapan 3 dari Kecamatan Cihurip.

Camat Leuwigoong Asep Suhendar, juara 2 Lomba Video Dewi 2022, mengungkapkan rasa syukurnya karena dapat meraih hasil terbaik dalam lomba video ini.

Ia berharap dengan kemenangan ini, kecamatan Leuwigoong bisa mengembangkan dewi-dewi yang ada di kecamatan tersebut, khususnya untuk desa wisata yang belum dirambah.

“Tentu kami dan masyarakat Leuwigoong bangga dan tidak sia-sia. Ke depan, semoga desa wisata di Kabupaten Leuwigoong khususnya yang selama ini tidak tersentuh atau diintervensi oleh program pemerintah mendapat dukungan sehingga bisa mengembangkan pariwisata di daerah kita khususnya di Leuwigoong,” ujarnya.

Bupati Garut dan Wakil Bupati Garut Dr. Helmi Budiman dan Sekretaris Daerah (Sekda) Garut Nurdin Yana kembali menyerahkan penghargaan kepada Saeful Hidayat, Juara 1 PNS berprestasi Provinsi Jawa Barat Tahun 2022, sekaligus pemberian bantuan sembako senilai 100 juta rupiah bagi PNS. Sekolah (SSB) dan penghargaan Aneka. (rdp*)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button