Air Terjun Selang Prince, pesona air terjun yang indah dan eksotik di Langkat - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Selang Prince, pesona air terjun yang indah dan eksotik di Langkat

Air Terjun Selang Prince, pesona air terjun yang indah dan eksotik di Langkat
Harga tiket: Rp15.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Timbang melawan, Kec. Bogor, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

Tidak ada alasan untuk meragukan kekayaan alam provinsi Sumatera Utara. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang terkagum-kagum dengan pesonanya. Misalnya keindahan alam air terjun. Di Sumatera Utara sendiri terdapat banyak destinasi wisata air terjun alami yang masing-masing memiliki keistimewaan yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Wisata air terjun tidak hanya menawarkan keindahan alam yang masih asri, tetapi juga pengalaman ikutan yang seru, karena sebagian besar air terjun berhutang budi. Butuh usaha untuk sampai ke sana, begitu juga dengan wisata air terjun ini. Air terjun yang berada di provinsi Sumatera Utara ini bernama Air Terjun Selang Prince.

Nama air terjun ini berasal dari nama sungai yang melintasinya yaitu Sungai Selang Prince di Kabupaten Langkat. Menurut cerita penduduk setempat, air terjun yang indah ini ditemukan oleh penduduk desa yang sedang mencari kayu bakar di hutan. Sekarang air terjun ini dikelola oleh warga setempat.

Atraksi air terjun The Prince’s Hose

Atraksi air terjun The Prince's HoseKredit Gambar: Instagram Like Indonesia

1. Air Terjun Tingkat Pertama

Air Terjun Selang Prince memiliki dua tingkat yang membuatnya unik. Air terjun eksotis tingkat pertama ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan aliran air yang tidak terlalu deras. Air yang jatuh sangat tipis menghantam bebatuan besar di bawahnya. Suara yang dihasilkan dari air terjun ini sangat bagus karena tidak terlalu banyak bergemuruh.

2. Air Terjun Tingkat Kedua

Air terjun tingkat kedua ini memiliki ketinggian yang tidak jauh berbeda dengan air terjun tingkat pertama. Pembeda dari level kedua ini adalah debit air yang lebih berat dari level pertama. Sehingga downdraft juga menjadi cepat dengan air yang banyak. Memang, air yang mengalir di tingkat pertama membentuk arus.

3. Tebing yang kokoh dan cukup terjal

Bagi penyuka panjat tebing, mengunjungi air terjun menawan ini juga bisa menyenangkan. Keadaan air terjun ini memiliki tebing yang cukup terjal dengan bentuk yang sangat kokoh untuk dapat didaki.

4. Rumah susun miring untuk berkemah

Air Terjun Selang Pangeran termasuk objek wisataKredit gambar: Google Maps Ricky Febriansyah

Daya tarik Air Terjun Selang Prince selanjutnya adalah adanya dataran landai dengan ukuran yang cukup luas yang bisa digunakan untuk camping atau berkemah. Wisatawan yang ingin berkemah diperbolehkan di sini.

5. Terletak di kawasan Taman Hutan Raya Gunung Leuser

Air terjun cantik ini berada di dalam hutan dan masuk dalam zona TNGL. Berada di kawasan taman hutan, Air Terjun Selang Prince memiliki suasana yang sejuk, rindang dan tentunya sangat alami. Cocok dikunjungi oleh wisatawan yang menyukai petualangan.

6. Wisata petualangan

Untuk menuju tempat air terjun ini, wisatawan harus berjalan kaki atau disebut juga dengan perjalanan sekitar 1 jam perjalanan. Di track ini wisatawan harus menyeberangi Sungai Porcupine yang sedalam lutut orang dewasa, setelah itu harus menyeberangi perkebunan karet lagi dan menyeberangi Sungai Selang Prince.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Selang PangeranKredit gambar: Petualangan Fatih & Alkha Instagram

Secara administratif, lokasi air terjun ini berada di provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Langkat. Bagi wisatawan untuk menuju lokasi gapura membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan dari kota Medan. Untuk menuju ke desa tempat air terjun ini berada yaitu Desa Lawang dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau dengan bus.

Setelah sampai di desa Lawang, wisatawan harus berjalan sekitar 3 km menuju gerbang hutan terdekat. Gerbang Rimba merupakan pintu gerbang untuk menuju ke lokasi air terjun. Sesampainya di pintu masuk, rute dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri sungai, hutan dan perkebunan karet milik penduduk.

Agar tidak tersesat di dalam hutan, wisatawan yang baru pertama kali mengunjungi Air Terjun Selang Prince sebaiknya menyewa guide atau pemandu, karena jalan untuk mencapai lokasi air terjun harus masuk ke dalam kawasan hutan Taman Nasional Gunung Leuser. .

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Biaya masuk Air Terjun Selang PangeranKredit Gambar: Instagram Benny Chandra

Biaya yang harus dibayar pengunjung untuk mengunjungi kawasan Air Terjun Selang Prince adalah Rp 15.000,- per orang. Harga tiket tersebut belum termasuk biaya parkir yang ditetapkan sebesar Rp2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat.

Jarang kendaraan roda empat bisa parkir di kawasan wisata ini karena kondisi jalan yang tidak memungkinkan. Harga tiket masuk ini dibayar di pintu masuk rimba, selain mengunjungi air terjun, pengunjung juga dapat menikmati pemandian alam Timbang Lawan dan juga menjelajahi gua-gua yang ada.

Hanya Rp 15.000 saja, wisatawan bisa mengunjungi semua area yang ada di Bukit Lawang lho. Jam operasional wisata air terjun menawan ini adalah pagi hingga sore hari. Bagi pengunjung yang ingin berkemah, mereka dapat memperoleh izin terlebih dahulu dari pengelola agar pendataan dan mereka mendapat petunjuk.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Selang Prince

Kegiatan Seru Prince HoseKredit gambar: Google Maps Riva Fadli

1. Mendaki sesekali

Berwisata ke air terjun merupakan kegiatan petualangan yang akan menguras banyak energi. Wisatawan yang ingin merasakan petualangan di alam pasti menyukai kegiatan ini. Mengikuti atau jalan kaki selama 1 jam di tengah hutan membuat badan lebih sehat dan juga bernafas lebih segar.

2. Mainkan air

Kegiatan utama setelah sampai di Air Terjun Selang Prince tentunya adalah bermain air. Dinginnya air berpadu dengan guyuran yang cukup deras seakan mengundang tubuh untuk merasakannya. Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar setelah wisatawan merasakan kesejukan air terjun.

3. Memanjat dinding

Bagi pecinta olahraga ekstrim dan berjiwa petualang, Anda bisa mencoba aktivitas panjat tebing di air terjun cantik ini. Adanya tebing yang cukup terjal dan kokoh bisa menjadi penunjang pendakian. Pengunjung dapat naik dari air terjun tingkat kedua ke air terjun tingkat pertama di atasnya.

4. Berkemah di sekitar air terjun

Adanya lahan miring yang cukup luas di kawasan dekat air terjun memungkinkan pengunjung untuk berkemah. Tentunya sebelum berkemah, Anda harus menginformasikan kepada pihak manajemen agar diarahkan pada prosedur dan syarat untuk bisa berkemah di sana.

5. Arung jeram

Aktivitas Seru di Air Terjun Selang PrinceKredit Gambar: Google Maps sri devi gustina br Lawan angin

Air terjun yang indah ini merupakan aliran Sungai Selang Prince, di tempat ini pengunjung dapat melakukan kegiatan rafting bersama tim pengelola yang ada atau bersama teman-teman. Dengan catatan kegiatan yang dilakukan telah diotorisasi sesuai dengan prosedur yang berlaku.

6. Bersepeda di hutan

Kegiatan alam berikutnya yang bisa Anda coba di air terjun cantik ini adalah bersepeda. Rute jalan kaki sangat bagus untuk bersepeda, setelah berkeringat sambil bersepeda, pengunjung bisa langsung berenang di bawah air terjun. Kegiatan bersepeda di kawasan pegunungan ini tentunya harus dilakukan oleh orang-orang yang sudah berpengalaman.

7. Koleksi Foto Alam

Aktivitas favorit hari ini adalah selfie dan selfie. Di kawasan air terjun yang eksotis ini, pengunjung bisa memanjakan diri dengan banyaknya spot foto dengan pemandangan alam yang tersedia, tentunya yang menjadi poin utama dari foto ini adalah ketinggian air terjun.

8. Malam di penginapan

Jika ingin merasakan sensasi menginap di kaki gunung namun tidak tertarik dengan kegiatan camping, pengunjung tetap bisa menikmati pengalaman menginap di penginapan atau wisma yang disediakan oleh warga sekitar objek wisata. Udara pagi yang segar dan suasana pegunungan yang nyaman akan membuat pengunjung rileks.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas di Kawasan Air Terjun Selang PrinceKredit gambar: Google Maps Broto Kisowo

Suhu di lokasi air terjun ini antara 10 sampai 15 derajat Celcius, suhu ini tentunya cukup dingin untuk Indonesia yang beriklim tropis, suhu di air terjun ini dipengaruhi oleh letaknya yang berada di Taman Nasional Gunung Leuser. Meski berada di dalam hutan, sejumlah fasilitas tetap dibuat pengelola untuk menunjang kenyamanan pengunjung.

Fasilitas Air Terjun Selang Prince adalah area parkir, area berkemah, kamar mandi dan juga terdapat fasilitas penginapan bagi pengunjung yang ingin menginap. Lahan parkir di kawasan desa wisata umumnya digunakan oleh kendaraan roda dua, mengingat kendaraan roda empat sulit melintasi medan jalan yang ada.

Akomodasi di kawasan wisata dikelola oleh penduduk setempat. Pengunjung dapat menikmati fasilitas ini dengan membayar biaya sewa. Meski bukan hostel bintang lima yang mewah, namun hostel yang berada di sekitar air terjun ini menawarkan keindahan alam pegunungan kaki gunung yang sejuk dan asri.

Seberapa menarikkah mengunjungi Air Terjun Selang Prince yang memberikan sensasi berpetualang di alam? Tips bagi wisatawan yang akan berlibur ke air terjun cantik ini adalah memakai baju hangat, sendal atau sepatu yang nyaman untuk jalan-jalan agar pengalaman tracking anda menjadi lebih menyenangkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button