Keindahan Pantai Takisung, Wisata Bahari Terbaik di Tanah Laut - WisataHits
wisatahits

Keindahan Pantai Takisung, Wisata Bahari Terbaik di Tanah Laut

Pantai Takisung, tujuan bahari yang telah menjadi ikon Pays de la Mer. Keindahan pantai yang mempesona dan didukung dengan berbagai fasilitas yang cocok untuk traveling.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Takisung, Kec. Takisung, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan; Kasus: Cek lokasi

Pantai Takisung merupakan salah satu tempat wisata yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Kalimantan Selatan khususnya di daerah Pelaihari, Banjarmasin dan Banjarbaru. Pantai ini menjadi destinasi populer, bahkan tempat ini tidak pernah sepi pengunjung, apalagi di awal musim liburan. Sejauh ini tempat ini masih menjadi primadona, baik untuk kunjungan dari teman, keluarga maupun instansi.

Nama pantai ini diambil dari nama desa tempat pantai ini berada, yaitu Takisung. Pantai ini sangat populer di kalangan wisatawan. Ini bukan hanya karena pemandangannya yang sangat indah, tetapi juga karena fasilitas yang disediakan cukup lengkap. Ragam wisata yang bisa dipilih juga beragam, sehingga banyak orang yang ingin mencoba mengunjungi tempat ini.

Selain itu, tata letak dan kondisi objek wisata di Pantai Takisung cukup baik dan terawat. Kantor pariwisata setempat mengelola kawasan ini dengan baik. Bahkan Pemkab setempat juga turun langsung mengawal fasilitas yang ada di sana. Sehingga wisatawan yang berkunjung merasa nyaman dan aman saat menggunakan segala fasilitas.

Atraksi di Pantai Takisung

Aktivitas di Pantai TakisungKredit Gambar: Google Maps Agoes Heryanto

Pantai Takisung menawarkan pemandangan eksotis yang begitu indah untuk dilihat. Hamparan pasir pantai yang luas dan deretan pohon kelapa yang tinggi menjadi daya tarik dari tempat ini. Ditambah dengan birunya air laut membuat wisatawan begitu terpesona dengan keindahannya.

Ombak di pantai ini tidak sebesar yang ada di pantai selatan. Sehingga pantai ini aman untuk kegiatan wisata dan sebagai tempat pemukiman. Pantai Takisung adalah jenis pantai berpasir.

Pantai Tanah Laut yang indah ini memiliki kelebihan tersendiri. Pantai ini memiliki keindahan alam berupa pantai yang landai dan pasir putih kecokelatan dengan air laut yang berwarna biru.

Bagi wisatawan yang senang dengan wisata pantai yang khas dan ingin membawa oleh-oleh, bisa mengelilingi para pedagang yang bertebaran di sekitar pantai. Para pedagang tempat wisata ini banyak menjual hiasan kerang, udang, ikan asin, bahkan terumbu karang yang diambil langsung dari para nelayan.

Pemerintah Kabupaten Tanah Laut terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan di tempat wisata unik ini. Pemerintah selalu membangun fasilitas umum yang tidak semua pantai memiliki fasilitas tersebut.

Tidak jauh dari kawasan pantai Takisung, terdapat sebuah batu besar di tengah laut yang dikenal dengan nama batu bejanggut. Batu ini disebut batu bejanggut karena batu ini dipenuhi lumut sehingga teksturnya licin. Oleh karena itu, penduduk setempat menggunakan bahasa lokal untuk menamakannya. Untuk menuju batu karang, wisatawan dapat menggunakan jasa perahu yang tersedia.

Alamat dan Petunjuk Menuju Lokasi Pantai Takisung

Alamat Pantai TakisungKredit gambar: Google Maps Agung Putra

Pantai Takisung terletak di Kabupaten Tanah Laut, salah satu daerah di Kalimantan Selatan. Jika dari kota Pelaihari jaraknya sekitar 22 kilometer, sedangkan jika dari Banjarmasin jaraknya sekitar 90 kilometer. Karena jaraknya yang tidak begitu jauh dari pusat kota Banjarmasin, maka tidak heran jika tempat ini menjadi pilihan banyak wisatawan.

Jalan menuju pantai ini sudah beraspal dan lebar, sehingga perjalanan ke tempat ini menyenangkan dan cukup nyaman. Kawasan pantai ini memiliki luas 0,65 hektar dan batas panjang 85 meter dan lebar 80 meter dari bibir pantai.

Untuk menuju pantai ini cukup mudah. Sesampainya di Kota Pelaihari, tepatnya di bundaran kijang, kamu terus lurus. Kemudian nantinya Anda akan menemukan sebuah tikungan yang setiap tikungannya akan mengarah ke pantai yang berbeda. Belokan yang ada memiliki deskripsi nama masing-masing pantai yaitu Pantai Swarangan, Pantai Batakan dan Pantai Takisung.

Kemudian Anda mengikuti jalan turun ke pantai. Dari tikungan ini, Anda terus lurus selama kurang lebih 40 menit. Maka Anda akan datang ke pantai ini. Jika dihitung jaraknya, pantai ini memang paling dekat dengan kota Pelaihari.

Harga Tiket Masuk Pantai Takisung

Harga Tiket Pantai TakisungKredit gambar: Google Maps Thoriq Jabbar

Untuk bisa merasakan sensasi berlibur di Pantai Takisung, wisatawan tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Siapapun yang berkunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 pada hari biasa dan Rp 10.000 pada hari libur. Namun biaya tersebut belum termasuk biaya parkir dan biaya perjalanan ke lokasi ini.

Tempat wisata ini juga menawarkan sewa tenda dan payung dengan harga Rp 50.000 per hari untuk tenda dan Rp 25.000 per hari untuk payung. Sepeda motor balap mini disewakan dengan tarif Rp 50.000 setiap setengah jam. Sewa banana boat dikenakan biaya sewa Rp 20.000 per orang untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Takisung

Aktivitas di Pantai TakisungKredit Gambar: Google Maps halisah raya

1. Menikmati keindahan pantai

Di pantai, wisatawan bisa merasakan sejuknya angin dan menikmati indahnya panorama pantai sambil duduk santai di tenda. Pengunjung akan merasa santai dengan kegiatan ini.

2. Tonton Aktivitas Warga

Di pantai ini, wisatawan dapat menyaksikan aktivitas warga sekitar, baik itu industri rumahan yang meliputi pembuatan racikan khas Tanah Laut maupun aktivitas masyarakat lokal yang hidup dari memancing.

3. Berenang

Pengunjung yang suka bermain air bisa bebas bermain di sini. Bahkan wisatawan pun bisa berenang, karena ombak di pantai ini relatif kecil, sehingga tidak berbahaya untuk berenang.

4. Bermain pasir

Bagi Anda yang sedang berlibur bersama keluarga dan anak-anak, biasanya sangat asyik bermain pasir di sini. Anak-anak senang bermain pasir dengan membuat berbagai macam benda dari pasir.

5. Menikmati matahari terbenam

Wisatawan juga bisa menikmati matahari terbenam di pantai sambil menyaksikan matahari terbenam. Kegiatan ini bisa dilakukan di pantai ini karena kawasan di sini termasuk dalam kawasan menghadap ke barat. Saat matahari terbenam, inilah waktu yang dinanti-nanti pengunjung karena seolah-olah matahari sedang ditelan lautan luas.

6. Main balap motor

Di tempat ini, wisatawan bisa mengelilingi Pantai Takisung dengan mengendarai motor balap. Tentunya mengendarai motor ini di daerah berpasir akan menciptakan pengalaman liburan yang menyenangkan, karena medannya sangat berbeda dengan jalan beraspal.

7. Main banana boat

Aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan di tempat ini adalah bermain banana boat. Banana boat ini nantinya akan ditarik oleh sebuah perahu. Kecepatan perahu ini juga cukup kencang, sehingga juga bisa memacu adrenalin.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Takisung

Fasilitas Pantai TakisungKredit gambar: Google Maps Andi Mario Wawo

Pantai Takisung menawarkan berbagai macam fasilitas untuk menunjang aktivitas liburan pengunjung. Fasilitas yang tersedia di tempat ini antara lain sewa perahu untuk mengarungi laut biru, sewa pelampung dan ban bagi wisatawan yang ingin berenang, serta banana boat untuk dewasa dan anak-anak.

Selain itu, pantai ini juga menawarkan tempat penyewaan tenda dan payung besar dengan alas tikar. Sehingga pengunjung tidak khawatir kepanasan atau kulitnya terbakar terik matahari.

Tempat ini juga menawarkan kelotok yang bisa membawa Anda mengunjungi Pulau Datu. Perjalanan memakan waktu hingga setengah jam, kemudian Anda bisa menikmati keindahan lain di seberang Pantai Takisung.

Bagi pengunjung yang menyukai aktivitas petualangan di pasir pantai, tempat ini juga menawarkan penyewaan sepeda mini balap. Di sekitar pantai juga banyak terdapat pedagang yang menawarkan berbagai jenis barang, mulai dari pernak-pernik lokal, kerajinan kerang, ikan kering dan berbagai jenis jajanan. Produk-produk tersebut bisa Anda jadikan suvenir.

Dalam beberapa kesempatan, pihak pengelola menambah fasilitas berupa panggung hiburan, pertunjukan seni yang menjunjung tinggi kearifan lokal daerah, serta menggelar bazar untuk menambah kemeriahan bagi pengunjung. Jadi Anda perlu menyiapkan biaya yang cukup jika ingin menjajal beberapa fasilitas tambahan yang disediakan.

Selain itu, fasilitas lain yang juga tersedia di tempat wisata antara lain kantor polisi, halte, taman bermain, restoran, tempat parkir, tempat ibadah, rumah pohon, kamar mandi dan toilet. Kelengkapan fasilitas yang tersedia di Pantai Takisung dimaksudkan agar pengunjung tidak kebingungan saat membutuhkan hal-hal tertentu saat berlibur.

Berwisata di alam seperti di Pantai Takisung memang bisa menyegarkan kembali semangat Anda. Namun, jika Anda ingin berwisata sambil masuk berlibur, Anda tidak akan mendapatkan ketenangan suasana. Karena pantai ini akan terlihat ramai dikunjungi wisatawan. Jadi jika Anda ingin merasa tenang saat berwisata ke sini, Anda bisa memilih hari biasa.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button