Air Terjun Sekumpul, Pesona Indahnya Air Terjun Eksotis di Buleleng - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Sekumpul, Pesona Indahnya Air Terjun Eksotis di Buleleng

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Majelis, Kuartal. Sawan, Kab. Buleleng, Bali; Kasus: Cek lokasi

Pulau Dewata memiliki tempat wisata yang menarik, salah satunya adalah air terjun. Destinasi alam yang direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Air Terjun Sekumpul. Tempat wisata ini sudah terkenal bahkan populer di manca negara. Keindahan wisata air terjun ini tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai populer di Bali.

Anda akan dapat melihat segala keindahan dan keindahan air terjun kembar yang menjadikan keunikan dari air terjun tersebut. Lingkungan yang begitu indah pasti akan membuat panorama dan daya tarik air terjun semakin menakjubkan, sehingga membuat tempat ini dinobatkan oleh wisatawan sebagai air terjun terindah di pulau dewata.

Anda bisa menikmati keindahan Air Terjun Sekumpul dan melihatnya langsung saat berada di Pulau Bali. Tentunya untuk mencapai tempat ini, Anda perlu mengetahui informasi lebih lanjut tentang air terjun ini terlebih dahulu. Oleh karena itu berikut ini akan dibahas lebih detail mengenai air terjun Sekumpul yang perlu anda ketahui.

Penawaran Atraksi Air Terjun Sekumpul

Tempat Wisata Air Terjun SekumpulKredit gambar: Google Maps Prima Hadinata

1. Memiliki lead pelacakan sangat menarik

Bagi pengunjung yang ingin menuju lokasi air terjun Sekumpul, nantinya dari pintu masuk kawasan wisata pengunjung harus berjalan kaki sekitar 300m melewati kawasan hutan. Jalur yang ditempuh berupa tangga beton dan sudah disiapkan oleh pengelola wisata.

Rute ini cukup aman, karena ujungnya dilengkapi dengan pegangan. Jumlah anak tangga yang harus dinaiki adalah 365 anak tangga. Saat pertama kali menginjakkan kaki di anak tangga, Anda sudah bisa mendengar gemuruh air terjun, yang tentunya akan membuat lanjutannya semakin seru.

Setelah menuruni anak tangga, pengunjung akan menyeberangi sungai kecil menggunakan jembatan kayu. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan tracking ini cukup lama, 30 menit.

Di sepanjang lintasan telah disiapkan gazebo agar pengunjung yang lelah selama perjalanan bisa beristirahat sejenak dan duduk di gazebo.

2. Keindahan alam yang menakjubkan

Air Terjun Sekumpul memiliki banyak potensi keindahan yang belum tereksplorasi secara maksimal. Air terjun yang terletak di bagian utara Pegunungan Buleleng ini masih tergolong alami.

Suasana air terjunnya memang begitu asri dan segar dan langsung bisa kamu rasakan saat baru sampai di loket pintu masuk wisata. Aliran air ini dikelilingi oleh jalan berbatu dan dihiasi dengan banyak tanaman hijau segar di sekitarnya.

Deru air yang jatuh menciptakan cipratan air terjun sehingga panoramanya sangat mengesankan. Kolam yang terbentuk di area bawah pancuran mengundang wisatawan untuk datang dan masuk.

3. Spot foto cantik

Bebatuan di sekitar kolam memang menjadi spot foto wisata untuk mengabadikan foto-foto indah dengan panorama megah air terjun Sekumpul. Selain dari bawah, Anda juga bisa melihat keindahan air terjun utama.

Saat berlibur di tempat ini, sebaiknya Anda menyiapkan pakaian ganti dan perlengkapan anti air untuk handphone atau kamera Anda. Karena semburan air terjunnya memang cukup deras dan pasti akan membasahi tubuh Anda dan menciptakan kesejukan yang tentunya tidak ada duanya.

Alamat dan rute perjalanan menuju lokasi

Alamat air terjun SekumpulKredit gambar: Google Maps Barry Brown

Bagi pengunjung yang ingin berlibur di Air Terjun Sekumpul, perlu diketahui bahwa air terjun ini terletak di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kota Buleleng, Bali. Anda dapat mengakses air terjun dengan dua jalur, yaitu dari desa Lemukih di selatan dan dari desa Sukumpul di utara.

Bagi Anda yang berencana untuk datang dari Pantai Lovina maka dapat mengambil jalan langsung menuju Desa Sukumpul. Untuk menuju desa Sekumpul bagi pengunjung dari pantai Lovina akan memakan waktu sekitar 1 jam.

Sedangkan bagi anda yang memulai dari arah selatan, anda dapat mengambil jalan dari Pura Ulun Danu dan hanya membutuhkan waktu 37 menit untuk sampai ke pintu masuk air terjun Sekumpul.

Jalanan di tempat ini memang berkelok-kelok dan menanjak, tentunya itu adalah rute yang harus kamu tempuh dan tentunya kamu harus mempersiapkan kendaraan dengan baik. Umumnya wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan, karena angkutan umum jarang mencapai tempat-tempat tersebut.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sekumpul

Harga Tiket Masuk Air Terjun SekumpulKredit gambar: Google Maps Robyn S

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini, pengunjung harus membayar tiket masuk yang cukup terjangkau. Tiket masuknya sendiri adalah Rp 10.000. Bagi wisatawan yang membawa mobil akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 sedangkan untuk kendaraan roda dua sebesar Rp 2.000.

Jam wisata di lokasi air terjun, yang dimulai pada pukul 8 pagi dan akan berakhir pada pukul 5 sore waktu setempat. Lebih baik datang lebih awal agar puas menjelajah kawasan destinasi ala mini.

Aktivitas Seru di Air Terjun Sekumpul

Aktivitas Seru di Air Terjun SekumpulKredit gambar: Google Maps Bali Massagen Uster

1. Jelajahi air terjun

Salah satu aktivitas yang sangat direkomendasikan untuk dilakukan selama Anda menginap di Air Terjun Sekumpul adalah menjelajahi atau menjelajahi kawasan wisata. Perhatikan tempat ini selain 2 air terjun utama, Anda juga akan menemukan air terjun lain yang tidak kalah indahnya. Jarak dari satu air terjun ke air terjun lainnya juga tidak terlalu jauh.

Salah satu air terjun di dekat Sekumpul adalah air terjun Fiji. Air terjun ini hanya berjarak sekitar 300 meter dari lokasi air terjun ini. Untuk sampai ke sana, Anda kemudian harus melanjutkan perjalanan ke selatan selama kurang lebih 15 menit.

Cukup berbeda dengan Air Terjun Sekumpul yang memiliki dua air terjun utama, di Air Terjun Fiji Anda akan melihat 3 air terjun yang memang berdekatan satu sama lain. Anda bisa melihat langsung keindahan Air Terjun Fiji meski tempatnya tidak terlalu tinggi.

Suasana air terjun di tempat yang begitu tenang dan damai akhirnya membuat banyak pengunjung merasa tertarik untuk mengunjungi tempat ini selama berada di kawasan wisata ini. Wisatawan yang bisa berenang bisa langsung terjun ke pancuran, karena tempat pembuangannya tidak terlalu berbahaya.

Selain Air Terjun Fiji di sebelah utara, Anda juga akan menemukan lokasi air terjun lain yang bernama Hidden Waterfall. Untuk menuju lokasi air terjun tersembunyi, Anda hanya perlu berjalan kaki 10 menit dari air terjun Sekumpul.

Aliran air di tempat ini begitu jernih sehingga terlihat seperti seutas benang sutera yang begitu indah. Kolam bawah air yang besar adalah tempat yang ideal bagi siapa saja yang ingin berenang.

2. Berburu Foto

Aliran air terjun Sekumpul cukup deras namun meski begitu tidak terlalu ekstrim. Aliran air yang jatuh dari ketinggian menciptakan efek yang sangat bagus. Pengunjung yang hampir selalu datang untuk berfoto mengabadikan momen liburan dengan latar belakang air terjun.

Panorama hijau di sekitar air terjun juga tidak luput dari bidikan Anda, apalagi saat berada di sana, Anda melihat pelangi.

3. Mandi di kolam alami

Aliran air yang tidak terlalu ekstrim membuat pengunjung bisa leluasa bermain-main di sekitar aliran tersebut. Kolam yang berada di bawah aliran air terjun Sekumpul ini biasanya digunakan untuk bermain diving atau berenang. Airnya sangat jernih sehingga mengalir dan memercik ke setiap permukaan tebing.

Pengunjung akan dapat memilih air terjun dengan debit air yang besar atau kecil. Menyerap aliran air terjun ini, pengunjung akan bisa menikmati suasana alam yang begitu alami dan asri.

Fasilitas yang tersedia di sekitar air terjun

Fasilitas air terjun SekumpulKredit gambar: Google Maps Linda Schrauwen

Air Terjun Sekumpul memang sangat cocok dan layak untuk menjadi tujuan wisata anda, apalagi saat anda berada di pulau dewata. Air terjun ini sangat populer, sehingga fasilitas yang bisa ditemukan di sana cukup memadai.

Anda tidak perlu khawatir mencari tempat parkir, karena telah disediakan area yang luas dan dijaga dengan baik. Bagi yang ingin melakukan MCK juga sudah disediakan toilet yang bersih.

Di sekitar kawasan wisata juga terdapat beberapa penginapan yang bisa digunakan wisatawan ketika ingin bermalam. Harga hostelnya sendiri cukup terjangkau dengan fasilitas yang tidak kalah lengkap.

Demikian penjelasan mengenai Air Terjun Sekumpul yang terletak di Kabupaten Buleleng, Bali. Anda dan keluarga tidak perlu bingung ketika ingin mencari tempat wisata, karena di Buleleng menyajikan tempat yang sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan keluarga.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button