Untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, Komunitas Yamaha mengadakan tour di berbagai kota di Indonesia - WisataHits
Yogyakarta

Untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, Komunitas Yamaha mengadakan tour di berbagai kota di Indonesia

MADIUN, JP Radar Kediri – Semarak HUT Kemerdekaan Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus juga dimeriahkan oleh komunitas pengguna sepeda motor Yamaha dengan kegiatan touring di berbagai kota di tanah air. Selain hobi umum bersepeda motor, kegiatan ini juga mencerminkan kekompakan sebagai bangsa yang besar di tengah perbedaan budaya yang beragam.

Hingga kini, sudah banyak kegiatan touring bertema Hari Kemerdekaan yang digagas oleh komunitas Yamaha berbagai model, yang diadakan di beberapa kota di pulau Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan dan Sulawesi. Untuk wilayah Sumatera, kegiatan touring bersama komunitas Yamaha dilakukan di kota Medan dan Palembang dalam bentuk city touring. Mereka mengunjungi monumen bersejarah yang mendokumentasikan semangat juang rakyat dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Di Pulau Jawa, komunitas Yamaha di kota Jakarta, Bandung, Purwokerto, Semarang, Jogja dan Kediri juga menggelar berbagai kegiatan yang tak kalah seru. Beberapa di antaranya menggelar kegiatan Wisata Merdeka dengan agenda ziarah ke Makam Pahlawan, termasuk mengunjungi makam Pembawa Kemerdekaan, yakni Bung Karno di Kota Blitar.

“Untuk memeriahkan momen HUT RI ke-77, komunitas Yamaha di wilayah Madiun-Kediri mengisinya dengan touring dan kumpul bersama untuk menjaga rasa persatuan antar sesama anggota komunitas. Dan sebagai rasa terima kasih atas jasa para founding fathers bangsa yang telah berjuang, kami juga menyempatkan diri untuk mengunjungi makam Bung Karno di Blitar,” jelas Prima Yandi, salah satu anggota komunitas Yamaha Vixion Club Indonesia (YVCI) penggagas acara tersebut. aktivitas.

Di pulau Bali, masyarakat setempat memperingati momen kemerdekaan dengan melakukan Tour Merah Putih ke berbagai tempat wisata terkenal di pulau dewata. Menariknya, selama tur, peserta diwajibkan mengenakan pakaian berwarna merah putih sebagai simbol representasi warna bendera Indonesia.

Lain halnya dengan kegiatan komunitas Yamaha di Pulau Kalimantan untuk merayakan Hari Kemerdekaan. Di kawasan ini, komunitas dari Indonesia Max Owner (IMO) melakukan perjalanan pulang pergi bertajuk “Ekspedisi Perbatasan Nasional” dengan jarak tempuh lebih dari 2.000 kilometer dan durasi perjalanan 7 hari. Rute dimulai dari Balikpapan ke Tanjung, Banjarmasin, Palangkaraya, Sampit, Tandjoengwaringin, Pontianak, Singkawang dan berakhir di Kota Aruk, titik perbatasan antara Indonesia dan Malaysia.

Selain itu, berbagai kegiatan sosial juga dilakukan oleh para peserta. Mulai dari penanaman pohon bakau di balai rehabilitasi hutan bakau di Kabupaten Sambas, hingga pembagian tong sampah dan sembako gratis di Kota Aruk, hingga promosi tempat Parawisita dan budaya lokal melalui akun media sosial komunitas.

Di wilayah Sulawesi, seperti halnya komunitas Yamaha di wilayah Kalimantan, HUT Indonesia akan diperingati oleh komunitas Maxi Yamaha setempat dengan melakukan kegiatan touring jarak jauh yang melibatkan lebih dari 70 pengendara XMAX yang berasal dari komunitas Big Max Indonesia (BMI). berasal dari berbagai kota di kepulauan Indonesia. Dimulai dari Makassar, Sulawesi Selatan, para peserta kemudian menempuh jarak 2.166 kilometer selama 6 hari (13-19 Agustus) mengikuti rute Tanah Toraja, Mamuju, Palu, Marissa, Gorontalo, berakhir di Manado, Sulawesi Utara.

“Semangat persatuan Hari Kemerdekaan kita tunjukkan melalui kegiatan joint touring yang melibatkan puluhan biker XMAX dari berbagai latar belakang daerah. Selain kesempatan untuk bersilaturahmi dengan teman-teman XMAX dari daerah lain dan untuk berbagi hobi, di Hari Kemerdekaan ini kami juga ingin memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Sulawesi melalui kegiatan sosial yang bekerjasama dengan instansi atau lembaga pemerintah terkait”, ujar Muhammad Fendy, Ketua Big Max Indonesia (BMI) Sulawesi Selatan.

Kegiatan sosial yang turut serta dalam eksplorasi di tanah air Sulawesi sendiri antara lain mendukung program pemerintah untuk mengaktifkan destinasi wisata di pulau Sulawesi yang sempat lesu akibat pandemi. Selain itu, ada pelatihan cara hidup sehat di masa new normal, serta tips berkendara aman di beberapa sekolah yang dibawakan oleh para profesional di bidangnya.

Source: radarkediri.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button