Air terjun Panganten, nikmati pesona air terjun penuh mitos di Cimahi - WisataHits
wisatahits

Air terjun Panganten, nikmati pesona air terjun penuh mitos di Cimahi

Air terjun Panganten, nikmati pesona air terjun penuh mitos di Cimahi
Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 07.00-16.00 WIB, Alamat: Jl.Cihanjuang, Padaasih, Kec. Cisarua, Kota Cimahi, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Salah satu tempat wisata alam Bandung yang bisa Anda kunjungi adalah Air Terjun Cimahi Panganten. Air terjun ini dinilai sangat terkenal di kalangan warga setempat sebagai salah satu tujuan wisata. Padahal, pecinta alam sudah sangat mengenalnya.

Air terjun ini biasanya dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Hanya saja karena akses jalan masih terbatas, sebaiknya mengunjunginya pada pagi hingga sore hari. Karena untuk penerangan saja masih minim.

Objek wisata air terjun Panganten

Objek wisata air terjun PangantenKredit gambar: Google Maps Niken Palupi

Curug air terjun ini berada di ketinggian sekitar 1050 mdpl. Apalagi ketinggian air terjunnya sendiri sekitar 50 meter. Dimana terdapat dua air terjun yang berdampingan. Untuk air terjun pertama memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan air terjun lainnya.

Ada banyak atraksi yang bisa ditemukan dari Air Terjun Cimahi Panganten. Beberapa objek wisata yang dimaksud adalah:

1. Pelangi di air terjun

Atraksi pertama yang bisa ditemukan dari tempat wisata ini adalah pelangi yang ada di air terjun. Bahkan julukan air terjun tersebut adalah air terjun pelangi. Biasanya pada malam hari Anda akan melihat lampu warna-warni di sekitar air terjun. Menariknya, pesona pelangi ini diaplikasikan di ketinggian hingga 71 meter.

Penampakan pelangi di air terjun ini menjadi salah satu atraksi yang wajib dilihat. Biasanya untuk memanfaatkan momen ini, Anda bisa melihatnya di sore hari. Tentu saja, Anda tidak akan menyesal berada di sini.

2. Habitat satwa liar

Daya tarik lain yang bisa ditemukan di air terjun Panganten lainnya adalah adanya habitat satwa liar. Air terjun ini dikenal sebagai habitat hewan liar, seperti monyet. Dalam beberapa kesempatan, Anda bisa langsung melihat sekumpulan hewan liar tersebut berkeliaran di pepohonan yang ada.

Jika beruntung saat berkunjung ke sini, Anda akan dapat berinteraksi dengan monyet-monyet tersebut. Hanya saja, Anda tidak diperbolehkan memberi makan hewan liar tersebut.

3. Mitos dibalik Air Terjun Panganten

Daya tarik selanjutnya adalah mitos yang mengisi air terjun ini. Dimana memang mitos ini banyak dipercaya oleh warga sekitar termasuk pengunjung. Ternyata Panganten sendiri merupakan nama yang berasal dari bahasa Sunda yang berarti pengantin.

Mitos seputar Curug Panganten adalah pasangan tidak boleh berkunjung. Karena hubungan tidak akan berakhir di pelaminan. Mitos ini mungkin beredar, karena memang menurut kabar pernah ada pengantin yang hanyut.

4. Sudut pandang

Tempat wisata ini memiliki pos pengamatan yang terletak di beberapa tempat. Biasanya melalui titik pandang inilah Anda bisa menikmati keindahan tempat ini. Bahkan, beberapa dari mereka sering menggunakan stasiun pedang sebagai tempat peristirahatan mereka.

5. Kolam alami

Atraksi lain yang bisa ditemui adalah kolam renang alami. Kolam ini berada tepat di bawah air terjun. Airnya yang jernih dan dingin sering digunakan untuk berenang atau sekadar mencuci muka. Tentunya Anda akan lebih tenang menikmati pemandangan alam dengan berendam di kolam alami ini.

6. Destinasi wisata murah

Curug Panganten Cimahi merupakan air terjun alami yang sering dijadikan tujuan wisata oleh warga setempat, dengan harga terjangkau dan cukup murah. Pengunjung cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000 saja

Harga murah ini karena Curug Panganten hanya dikelola secara mandiri oleh warga setempat. Harga murah ternyata sebanding dengan akses jalan yang terbatas. Namun hal itu tidak menaungi keindahan air terjun tersebut.

Terletak di sebuah lembah, tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan yang sangat spektakuler. Selain itu, ada sepasang air terjun yang akan semakin menarik untuk dilihat. Belum lagi tebing yang mengelilinginya akan menambah daya tarik alami tempat tersebut.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Tiket Masuk Air Terjun PangantenKredit gambar: Google Maps Diana Umak

Alamat Curug Cimahi Panganten bisa dilihat di Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Biasanya untuk bisa mengunjungi tempat ini membutuhkan waktu sekitar satu jam jika dimulai dari kota Bandung.

Rute menuju ke tempat ini sangat berkelok-kelok, sehingga bisa memicu adrenalin. Salah satu alternatif jalur yang paling mudah menuju air terjun ini adalah jalur dari Lembang ke Parongpong. Jalannya sendiri satu arah dengan jalan menuku di dusun bambu bandung.

Nantinya melalui jalur ini, Anda tinggal menyusuri jalan tersebut hingga tiba di Universitas Advent Bandung. Kemudian dari arah universitas, Anda tinggal melanjutkan perjalanan hingga akhirnya tiba di lokasi air terjun ini.

Untuk harga tiket masuk Curug Panganten sendiri cukup terjangkau. Anda cukup membayar Rp 5.000 saja. Selain tiket masuk, Anda juga harus membayar parkir sepeda motor yang dikenakan biaya Rp 3.000, dan untuk parkir biasanya hanya Rp 5.000.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Air Terjun Panganten

Aktivitas Seru di Air Terjun PangantenKredit gambar: Facebook Idhonk

Selain menikmati keindahan air terjun, banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan di sini. Berbagai aktivitas yang dapat Anda lakukan adalah:

1. Berburu Foto

Keindahan alam yang dihadirkan di tempat ini tentu akan sayang jika tidak diabadikan. Oleh karena itu, Anda bisa berburu foto di sini. Anda bisa memilih untuk berfoto di pos pengamatan yang memiliki keindahan berbagai pepohonan hijau.

Selain itu, Anda juga bisa berfoto di beberapa lokasi lainnya. Seperti di depan air terjun atau di dekat kolam renang alami. Tentunya berbagai keindahan yang tercipta akan membuat Anda betah berada di Curug Panganten.

2. Berinteraksi dengan beberapa hewan liar yang ada

Seperti yang sudah disebutkan di tempat wisata yang tersedia, Anda sudah bisa berinteraksi dengan satwa liar. Tentu saja, Anda bisa berinteraksi dengan monyet-monyet di sana. Dilarang memberi mereka makan.

3. menindaklanjuti Hutan

Untuk mencapai tempat wisata ini, Anda harus berjalan kaki sekitar 200 meter. Jalur yang akan dilalui nantinya ternyata diapit oleh hutan bambu. Harap dicatat bahwa tidak ada instruksi yang jelas. Anda dapat melakukan menindaklanjuti hutan di sini baik-baik saja, hanya saja Anda benar-benar harus berhati-hati.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Fasilitas Curug Makanan CimahiKredit Gambar: Instagram Marone Solihin

Fasilitas yang ada di Curug Panganten sebenarnya kurang lengkap dan kurang memadai. Fasilitas yang tersedia terbatas pada area parkir, stand dan gazebo. Tidak ada mushola, toilet, dan ruang ganti di sini, jadi masih terbaik kedua. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda berangkat pada pagi hari dan kembali pada sore hari.

Ini adalah hal-hal tentang Curug makanan Cimahi. Keberadaan sepasang air terjun di sini menjadi daya tarik tersendiri yang selalu menjadi tujuan. Belum lagi berbagai situs yang akan memuaskan Anda selama berkunjung ke sini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button