air terjun nangka - WisataHits
wisatahits

air terjun nangka

air terjun nangka

Liburan di air terjun nangka bisa menjadi penghiburan setelah menjalani rutinitas sehari-hari yang padat. Di akhir pekan, pastikan untuk menyempatkan diri ke air terjun di Bogor ini agar pikiran Anda segar kembali dan bersemangat menyambut hari.

Buat kamu yang mau liburan air terjun nangkaartikel ini akan membahas sedikit tentang Curug Nangka.

Hal-hal tersebut antara lain objek wisata Curug Nangka, alamatnya, jam buka, harga tiket, fasilitas dan wahana yang tersedia di tempat wisata di kaki Gunung Salak ini.

Oleh karena itu, mari kita baca pelan-pelan sampai akhir.

curug-nangka-bukit

air terjun nangka

Kota Bogor dikenal sebagai kota yang memiliki suhu udara sejuk dengan berbagai obyek wisata yang selalu menarik untuk dikunjungi.

Di antara sekian banyak tempat wisata yang ada, air terjun atau air terjun salah satunya bisa dijumpai menghiasi daftar tempat wisata di kota Bogor.

Masih ada sekitar dua puluh air terjun di kota berjuluk kota hujan ini. Dan salah satunya yang menarik perhatian adalah Curug Nangka yang bahkan diunggulkan sebagai salah satu tempat wisata favorit di kota bogor.

air terjun-nangka-bogor

Atraksi Air Terjun Nangka

Curug Nangka menawarkan pesona perpaduan segarnya keindahan alam kota Bogor dengan keindahan objek air terjunnya lagi tantangan rute yang harus dilalui pengunjung untuk sampai di lokasi.

Beratnya tanah yang harus ditaklukkan untuk mencapai kawasan air terjun, seolah menjadi harga mahal yang harus dibayar pengunjung sebelum menikmati eksotisme air terjun yang tiada tara.

Sesampainya di lokasi air terjun, wisatawan akan disambut oleh panorama alam yang indah yang mengelilingi area sekitar air terjun.

Di sekeliling Anda dapat melihat rerimbunan pohon pinus yang tertata rapi secara alami sehingga memberikan kesan indah yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata.

air terjun-jaque-gunung-salak

Namun, daya tarik utamanya tentu tetap objek air terjun yang tingginya sekitar 25 meter dengan debit air yang cukup besar.

Air yang mengalir di Curug Nangka tidak pernah kering meski di musim kemarau.

Selain jernih, airnya juga bersih, sehingga akan sangat aman bagi siapa saja untuk melakukan aktivitas berenang atau bermain air di kolam alami di bawah air terjun.

Kisah Mistis Air Terjun Nangka

Dibalik keindahan Curug Nangka dengan segala pesonanya, ternyata air terjun ini menyimpan misteri yang membuat sebagian orang juga mengenalnya sebagai tempat angker.

Selain dianggap sebagai tempat pertapaan para penyihir kuno seperti Raden Surya Kencana, air terjun ini juga menjadi rumah bagi batu yang bentuknya mirip anjing.

Batu ini dianggap oleh sebagian orang sebagai perwujudan bapak Sangkuriang yang kisahnya begitu melegenda di tanah Sunda hingga kini.

Kemudian ada juga mitos atau kepercayaan yang benar atau tidak, namun sebagian orang masih mempercayainya.

curug-nangka-hantu

Mitosnya adalah siapa pun yang mendaki ke lokasi air terjun ini tanpa terjatuh di tengah perjalanan, maka itu pertanda bahwa dia telah diterima oleh penjaga air terjun dan merupakan pecinta alam sejati.

Namun jika sebaliknya, berarti curug wali tidak menerimanya dan itu pertanda buruk bagi orang tersebut.

Ada juga cerita yang menyebutkan bahwa penamaan air terjun ini dengan nama Curug Nangka didasarkan pada banyaknya pohon nangka yang tumbuh di sekitar air terjun.

Namun anehnya dan masih menjadi misteri, saat ini tidak ada satupun pohon nangka tersebut ditemukan di lokasi air terjun ini.

Aktivitas menarik di Curug Nangka

Liburan di Curug Nangka akan lebih berkesan dan bermakna jika diisi dengan aktivitas daripada hanya duduk-duduk dan melihat objek air terjun.

Berbagai kegiatan dapat dilakukan, beberapa di antaranya adalah:

1. Mendaki

cascade-nangka-trekking

Aktivitas pertama yang akan dilakukan setiap pengunjung yang datang ke Curug Nangka adalah trekking.

Jalur atau lintasan dari gerbang menuju kawasan air terjun cukup sulit karena berkelok-kelok dan menanjak yang mengharuskan siapa pun untuk mempersiapkan tenaga dan fisik untuk menaklukkan trek hingga sekitar 700 meter.

Mungkin bagi sebagian pengunjung akan sangat melelahkan, namun bagi sebagian lainnya terutama yang menyukai trekking, perjalanan dari pintu masuk menuju lokasi air terjun sudah pasti merupakan perjalanan yang menyenangkan.

Trekking untuk menuju lokasi air terjun seperti ini juga akan anda lakukan jika berkunjung nanti Air Terjun Cilembre yang juga terletak di Bogor, tepatnya di sekitar kawasan Puncak.

2. Berenang

Perjalanan yang melelahkan untuk mencapai lokasi air terjun bisa dihilangkan dengan berenang langsung di kolam alami air terjun.

Dengan air yang jernih dan bersih, rasa lelah dan peluh akan tergantikan dengan kesegaran yang tiada tara.

3. Berburu Foto

spot-foto-curug-nangka

Tempat untuk berburu foto terindah tentunya di sekitar area air terjun. Anda bisa berpose di depan air terjun yang terlihat gagah dengan dindingnya yang menjulang tinggi.

Jika tidak, tempat Foto terbaik Curug Nangka berada di area Hutang Pinus. Di sini sudah disediakan beberapa bangku sebagai tempat duduk atau tempat berpose di depan kamera.

Dengan latar belakang ratusan pohon pinus yang tertata sempurna, foto Anda pasti akan terlihat lebih bagus dan menarik.

4. Perkemahan

camping-area-curug-nangka

tambahan tersedia tempat untuk berburu foto, di kawasan wisata Curug Nangka juga tersedia area berkemah luas dan nyaman.

Untuk kamu yang sayang berkemahAnda bisa bermalam di kawasan ini dengan membayar pajak sebesar Rp 5000 saja.

5. Bersantai di lokasi air terjun

misteri-curug-jaque

Tak heran jika Curug Nangka dianggap sebagai salah satu tempat wisata favorit di Bogor. Mirip dengan Curug Luhur, panorama alam dan keindahan Curug Nangka begitu mempesona dan sangat sayang untuk dilewatkan.

Sambil melihat gemericik air dan aktivitas orang-orang di bawah, Anda bisa duduk santai menikmati cuaca ditemani secangkir kopi atau teh dan beberapa bungkus makanan ringan.

Alamat Air Terjun Nangka

Curug Nangka terletak di kaki Gunung Salak, tepatnya di ketinggian sekitar 750 meter di atas permukaan laut. Alamat lengkapnya ada di Tamansari, Sukajadi, Bogor, Jawa Barat.

Jalan menuju Curug Nangka dengan sepeda motor atau mobil dan bus cukup mudah untuk dilalui. Jalan menuju lokasi air terjun ini juga sudah beraspal dan lebar, lebarnya kurang lebih cukup untuk 2 mobil.

Jam Buka Air Terjun Nangka

Kawasan wisata Curug Nangka dibuka untuk umum dari pagi hingga sore hari. Jam buka air terjun ini mulai dari pukul 06:30 hingga 19:00 WIB setiap hari, hari kerja dan hari libur.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Nangka

harga-tiket-di-curug-jaque

Ada dua gerbang atau pintu masuk yang menuju ke Curug Nangka. Keduanya memiliki tarif atau harga tiket yang berbeda.

Entah kenapa, yang pasti kalau masuk lewat pintu pertama harus bayar tiket masuk Rp 7.500, sedangkan kalau masuk lewat pintu kedua harga tiketnya naik Rp. 15.000.

Sedangkan untuk turis asing, pengelola membebankan harga tiket yang cukup mahal. Bagi bule yang ingin berwisata ke sini, untuk masuk harus membayar tiket dengan harga Rp 150.000 per orang.

Baca juga: Resor dan wisata terbaik di Giri Tirta Kahuripan

Fasilitas Umum di Curug Nangka

Pengelolaan objek wisata Curug Nangka adalahmemanipulasi langsung oleh Pemerintah Kota Bogor. Oleh karena itu, fasilitas umum di tempat ini tentunya cukup lengkap.

curug-nangka-hostel

Fasilitas umum yang akan Anda temukan di tempat wisata Curug Nangka antara lain:

  • Tempat parkir
  • pos jaga
  • Sudut pandang
  • tempat kerja
  • Kamar Mandi Lebih Banyak WC
  • Tempat beribadah
  • Pusat Informasi
  • bangku malas
  • Tempat sampah
  • warung makan
  • Akomodasi

Untuk hostelnya sendiri, di lokasi ini tersedia beberapa berkemah glamor Di mana glamping dengan fasilitas seperti listrik, toilet duduk, shower dan sarapan gratis.

Selain itu, bagi yang ingin menginap di hostel yang lebih mewah, di sekitar pintu masuk juga terdapat beberapa villa dan fasilitas yang bisa disesuaikan dengan harga sewa.

Terakhir untuk tempat makan, di sekitar kawasan wisata ini telah didirikan beberapa stand yang menjual makanan ringan dan minuman serta berbagai menu kuliner khas Sunda.

jalan-ke-curug-jaque

Baca Juga : Air Terjun Sentul Bidadari Bogor

Berlibur di Perbukitan Curug Nangka adalah pilihan yang tepat untuk mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan di lokasi air terjun ini, tentunya akan memberikan suasana yang berbeda dan semangat baru untuk menapaki kehidupan dan kesibukan hari-hari ke depan.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button