Air Terjun Nangka, Wisata air terjun yang sejuk dan indah di Bogor - WisataHits
Jawa Barat

Air Terjun Nangka, Wisata air terjun yang sejuk dan indah di Bogor

menjawab – Anda tinggal di Jabodetabek dan ingin menyegarkan ke wisata alam? Anda tidak perlu jauh-jauh ke Bandung atau Malang karena Bogor memiliki wisata alam bernama Curug Nangka.

Curug Nangka merupakan air terjun alami yang berada di kaki Gunung Salak. Sebab, air terjun ini masih masuk dalam wilayah Taman Nasional Halimun Salak.

Air Terjun Nangka berada di ketinggian 750 meter di atas permukaan laut. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing dan hutan pinus, sehingga udara di sekitarnya sangat segar dan sejuk, tepatnya sekitar 20-22ºC!

Selain Curug Nangka, Taman Nasional Halimun Salak memiliki dua air terjun lainnya yaitu Curug Kawung dan Curug Daun. Ketiga air terjun ini berasal dari sumber air yang sama.

Posisi Curug Nangka berada paling bawah karena curug ini paling mudah dijangkau pengunjung.

Ini karena Curug Kaung berada di atas sedangkan Curug Daun berada di tengah. Curug Daun tingginya hanya dua meter sedangkan Curug Kawung dan Curug Nangka tingginya sekitar 20-25 meter.

img_title

Air Terjun Nangka. (Foto: NYC Kellogg)

Curug Nangka telah menjadi objek wisata yang populer bagi masyarakat terutama yang tinggal di ibu kota. Meski berdekatan, getarannya masih sangat segar dan alami.

Selain sebagai tempat wisata, Curug Nangka ternyata menjadi tempat ziarah.

Air terjun ini memiliki ruang meditasi yang pernah digunakan oleh beberapa sesepuh, salah satunya Raden Surya Kencana.

Sebelum menjelaskan lebih jauh, ANTV Klik telah mengulas Tempat Wisata Curug Nangka untuk Anda baca sebelum berkunjung. Ini artikelnya.

Aktivitas di Curug Nangka

img_title

Air Terjun Nangka. (Foto: WisataHits)

1. Mendaki

Jika ingin ke Curug Nangka, pengunjung harus melalui perjalanan yang cukup sulit.

Dari pintu gerbang, pengunjung harus berjalan kaki sejauh 700 meter untuk mencapai Curug Nangka. Karena letaknya yang cukup tinggi, jalurnya berkelok-kelok dan menanjak.

Pengunjung tidak perlu terlalu khawatir, karena ada jalan setapak di sepanjang jalan ini. Agar perjalanan lebih nyaman, pengunjung disarankan memakai sepatu.

Selama perjalanan menuju Curug Nangka tidak ada rasa bosan. Pengunjung disuguhi keindahan alam, mulai dari pohon pinus, persawahan hingga pegunungan dengan udara yang begitu sejuk.

Kadang-kadang, beberapa monyet akan muncul dan bergelantungan di pepohonan. Namun, bukan berarti pengunjung bisa berinteraksi dengan mereka karena monyet-monyet ini masih liar.

Semakin dekat air terjun, pengunjung harus berjalan di atas bebatuan. Pengunjung akan menyusuri sungai sepanjang 50 meter.

Sebuah perjalanan yang seru dan cukup menantang bukan?

2. Alami keindahan air terjun

img_title

Air Terjun Nangka. (Foto Pesisir.net)

Tentunya tujuan utama pengunjung disini adalah untuk merasakan keindahan air terjun.

Usai trekking, pengunjung disuguhi pemandangan air terjun setinggi 20-25 meter. Air terjun ini diapit oleh tebing dan pohon pinus yang mempercantik pemandangan alam ini.

Kedalaman kolam alami di air terjun ini hanya setinggi lutut orang dewasa, sehingga anak-anak juga bisa bermain di sini dengan aman. Namun, jangan sampai terlewatkan ya, ANTV lovers.

Selain itu, saat mendekati air terjun, pengunjung akan merasakan hantaman tetesan air yang jatuh dari atas sehingga terasa segar.

3. Berenang di air terjun

img_title

Air Terjun Nangka. (Foto JejakPiknik.com)

Destinasi lain di Curug Nangka? Pastikan untuk berenang!

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kolam alami di Curug Nangka ini hanya untuk orang dewasa setinggi lutut. Pengunjung bisa bermain air, berendam atau berenang di kolam ini.

Sensasi berenang di air terjun tentu sangat berbeda dengan di kolam renang. Permukaan kolam alami ini berupa bebatuan dan airnya langsung berasal dari mata air alami.

Tidak hanya itu, sambil bermain dan berenang pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar. Menyenangkan, bukan?

4. Tur foto

img_title

Air Terjun Nangka. (Foto: Sikidang)

Apa artinya bepergian ke alam tanpa mengambil foto?

Air terjun tentu saja menjadi objek foto yang populer bagi pengunjung, apalagi pemandangan tebing dan pepohonan di sekitarnya semakin mempercantik backdrop foto nantinya.

Selain air terjun, hutan pinus menjadi objek foto populer lainnya di Taman Nasional Halimun Salak. Pengelola juga menyediakan kursi kayu bagi pengunjung untuk berfoto atau beristirahat.

Memotret dengan latar belakang hutan pinus tentu akan terlihat indah. Selain itu, pohon-pohon tersebut berjajar dengan rapi dan rapi.

5. Berkemah

img_title

Air Terjun Nangka. (Foto: Taman Nasional Gunung Halimun Salak)

Di mana ada hutan, pasti ada tempat berkemah.

Tempat wisata di Air Terjun Nangka ini sendiri menawarkan dua jenis berkemah kepada pengunjung, yaitu berkemah dan glamour camping (glamping).

Perkemahan ada di sebelah kanan dekat sungai. Pengunjung yang ingin berkemah membayar biaya yang sangat terjangkau yaitu Rp 5.000 per hari.

Terakhir, ada glamour camping. Seperti namanya, pengunjung yang ingin merasakan pengalaman glamping disediakan fasilitas yang cukup lengkap seperti shower, toilet duduk, listrik, dan sarapan pagi.

Tentunya selain berkemah, pengunjung juga bisa menginap di vila dan hotel di sekitar Curug Nangka.

Biaya masuk ke Air Terjun Nangka

img_title

Air Terjun Nangka. (Foto: WisataHits)

Tarif masuk Curug Nangka bervariasi tergantung hari kedatangan dan status pengunjung.

Tarif masuk (HTM) untuk wisatawan lokal adalah Rp 22.000 pada hari kerja dan Rp 32.000 pada akhir pekan.

HTM untuk wisatawan mancanegara adalah Rp 350.000 pada hari kerja dan Rp 450.000 pada akhir pekan.

HTM untuk rombongan pelajar jauh lebih murah baik untuk turis domestik maupun mancanegara.

HTM untuk rombongan mahasiswa dalam negeri adalah Rp 20.000 pada hari kerja dan Rp 22.000 pada akhir pekan.

Kemudian HTM untuk rombongan mahasiswa asing adalah Rp 105.000 pada hari biasa sedangkan pada akhir pekan menjadi Rp 305.000.

Harga tiket masuk ini belum termasuk biaya parkir kendaraan bermotor yaitu Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Waktu buka dan lokasi Air Terjun Nangka

img_title

Air Terjun Nangka. (Foto: Bogor Indah)

Curug Nangka buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Air Terjun Nangka terletak di Desa Sukajadi, Kecamatan Ciapus, Bogor, Jawa Barat. Dari pusat kota Bogor Anda perlu berkendara sekitar satu jam.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button