Pulau Langkadea, pesona pulau tak berpenghuni yang menakjubkan di Pangkep - WisataHits
wisatahits

Pulau Langkadea, pesona pulau tak berpenghuni yang menakjubkan di Pangkep

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Mattiro Sompe, Kec. Liukang Tupabiring, Kab. Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan; Kasus: Cek lokasi

Pulau Langkadea merupakan salah satu destinasi wisata dengan panorama alam dan kekayaan laut yang indah di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Uniknya, destinasi wisata ini memiliki keindahan alam yang selalu terjaga dengan suasana asri. Memang, destinasi wisata ini tidak memiliki penduduk tetap yang mendiami wilayahnya.

Luas pulau ini sekitar empat kali luas lapangan besar dan merupakan salah satu dari 120 pulau yang ada di kawasan tersebut. Pulau ini juga menyuguhkan keindahan alam bagi para wisatawan, baik dari segi laut maupun darat. Hal ini tentunya dapat menarik minat pengunjung lokal maupun mancanegara.

Warna putih khas pasir putih berpadu dengan birunya laut menghasilkan panorama yang luar biasa. Apalagi jika area ini diterangi matahari yang menyilaukan. Pulau Langkadea yang berada di tengah lautan, terasa seperti matahari terbit dan terbenam dengan sendirinya.

Atraksi Pulau Langkadea

Atraksi Pulau LangkaKredit gambar: Google Maps Abdul Rofiq

1. Panorama yang indah

Daya tarik pertama yang dimilikinya adalah keindahan alamnya yang sangat mempesona. Selain itu, destinasi ini juga memiliki air laut yang sangat jernih dengan pasir putih halus yang membuatnya semakin menarik.

Wisatawan biasanya sengaja datang ke tempat wisata ini hanya untuk menikmati pemandangan sunrise atau sunset yang menghiasi kawasan tersebut. Udara di sekitar pantai juga sangat sejuk, yang membuat Anda semakin betah tinggal di pulau ini.

Untuk menikmati keindahan Pulau Langkadea, wisatawan biasanya berbaring di hammock yang dipasang di dahan pohon. Karena keindahan alamnya, masyarakat setempat sering menyebutnya sebagai Mustika Citra Step Island.

2. Destinasi tanpa penghuni

Meskipun pulau ini terkenal tidak berpenghuni, namun terdapat banyak peninggalan seperti beberapa bangunan modern. Bahkan, banyak bangunan yang masih layak digunakan untuk wisata. Namun, kepergian mantan warga tersebut masih belum diketahui masyarakat setempat. Ada dua cerita yang menjadi akar penyebab ditinggalkannya pulau ini.

Dari cerita pertama, konon di Langkadea hiduplah sebuah keluarga. Namun, masalah muncul ketika kepala keluarganya meninggal. Sedemikian rupa sehingga pulau ini menjadi perebutan kekuasaan oleh anak-anak keluarga yang akhirnya ditinggalkan.

Sedangkan menurut cerita kedua, asal mula Pulau Langkadea adalah daerah dengan sistem pemerintahan. Namun, ada perebutan kekuasaan dalam politik yang dilancarkan ketika bupati mengundurkan diri dari jabatannya. Kemudian pulau ini ditinggalkan oleh semua penduduk yang sebelumnya mendiami daerah tersebut.

Perlu diketahui bahwa kedua cerita tersebut tidak mempengaruhi daya tarik pulau yang memiliki berbagai keindahan ini. Semakin banyak wisatawan yang datang ke pulau ini untuk melihat secara langsung panorama alam yang mempesona.

3. Kekayaan bawah laut

Liburan ke destinasi wisata seperti pulau-pulau yang memiliki pantai ini pasti memiliki keindahan bawah laut yang pasti.Di alam bawah laut sendiri terdapat ratusan jenis hewan yang bisa menumbuhkan karang.

Anda bisa menikmati keindahan laut dengan berbagai aktivitas, baik itu berenang maupun snorkeling. Namun, bagi Anda yang takut menyelam, Anda bisa mengarungi lautan dengan menyewa perahu yang tersedia.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau LangkadeaKredit Gambar: Instagram Opentripmakassar

Destinasi wisata cantik ini terletak di Pangkajene, sebuah kawasan Kepulauan Pangkep, di provinsi Sulawesi Selatan. Bagi anda yang berasal dari luar pulau Sulawesi, anda harus terlebih dahulu menggunakan transportasi udara menuju tempat wisata ini. Anda bisa terbang ke Bandara Sultan Hasanuddin di Kota Makassar.

Rute menuju Pulau Langkadea menggunakan dua jenis kapal dengan waktu keberangkatan yang sama menuju Pulau Bontosua. Kedua kapal tersebut berada di pelabuhan Paotere, di kota Makassar. Perahu biasanya ada sejak pagi, tetapi baru berangkat pukul 11:30 sore. Anda perlu membawa rombongan minimal lima orang untuk bisa menaikinya.

Anda bisa meminta bantuan nelayan untuk mengarahkan perahu yang mereka bawa ke pulau tujuan. Memang, perahu biasanya hanya menuju ke Pulau Bontosua. Anda akan menempuh perjalanan laut dengan waktu tempuh sekitar dua jam. Anda akan melihat berbagai pemandangan alam yang indah di sekitar laut selama perjalanan.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya perjalanan ke Pulau LangkadeaKredit gambar: Google Maps Anwar EmienD

Pulau Langkadea ini tidak memungut biaya masuk bagi wisatawan yang berkunjung ke berbagai destinasi. Anda bisa leluasa menikmati semua keindahan kawasan pulau ini tanpa dipungut biaya apapun. Namun, Anda hanya perlu membayar transportasi, makan, dan akomodasi selama masa liburan yang ditentukan.

Untuk jam bukanya sendiri, destinasi wisata ini buka 24 jam dengan bebas. Hal ini memudahkan Anda untuk sampai ke tempat wisata ini kapan saja. Untuk biaya perjalanan yang diselenggarakan sendiri dapat disesuaikan dengan jenis akomodasi dan jenis liburan yang akan diambil. Jika Anda menginap di hostel mewah, biayanya hingga jutaan rupiah.

Namun, jika Anda lebih suka mendirikan tenda, biaya liburan akan relatif murah. Juga, ketika Anda berada dalam kelompok, Anda membawa makanan yang cukup hanya untuk membayar transportasi. Anda tidak perlu makan di warung atau restoran lain yang membutuhkan biaya tambahan.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Langkadea

Kegiatan menarik di Pulau LangkadeaKredit gambar: Twitter petualang indonesia

1. Snorkeling

Bagi Anda yang menyukai kegiatan snorkeling, Anda harus mencoba pergi ke Pulau Langkadea. Anda akan menyelam untuk menikmati kekayaan alam bawah laut yang mempesona. Anda bisa mengabadikan keindahan alamnya dengan berfoto atau membuat video sambil snorkeling. Kegiatan ini juga merupakan kunjungan edukasi yang bermanfaat.

2. Berenang

Berlibur di destinasi wisata alam seperti ini, tentunya fokus utamanya adalah berenang. Anda bisa berenang bersama teman-teman dan merasakan sensasi air laut yang bersih dan segar sambil menikmati keindahan alamnya. Kegiatan seperti ini akan membuat liburan Anda menjadi pengalaman yang berkesan dan tak terlupakan.

3. Ambil gambar

Aktivitas di Pulau LangkadeaKredit Gambar: Instagram Dani

Berfoto atau selfie merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan saat berlibur kemanapun bagi anak muda masa kini. Anda bisa berfoto dengan berbagai latar belakang alam yang terdapat di Pulau Langkadea. Background cantik yang bisa digunakan antara lain suasana sunset atau pemandangan laut dan pulau-pulau yang terlihat estetis.

4. Perkemahan

Karena pulau cantik ini tidak berpenghuni, berkemah menjadi solusi untuk menikmati suasana nokturnal pulau ini. Saat berkemah, Anda bisa melakukan aktivitas memancing di malam hari. Ikan yang ditangkap juga bisa dibakar dan dimakan bersama teman-teman. Namun, pastikan Anda berkemah selama musim panas.

Akomodasi murah terdekat

Akomodasi di dekat Pulau LangkadeaKredit gambar: Google Maps favehotel Pantai Losari – Makassar

1. Hotel Favorit Losari

Hotel berdesain mewah dengan fasilitas lengkap merupakan hotel yang paling dekat dengan Pulau Langkadea. Anda dapat melakukan perjalanan dari pantai Losari ke tujuan Anda melalui jalur laut. Dengan harga sewa ratusan ribu, Anda mendapatkan fasilitas kamar tidur, AC, restoran dan kolam renang yang mewah.

2. Hotel Miko

Hotel yang terletak di dekat pelabuhan Paotere ini memiliki desain yang sederhana dengan fasilitas yang memadai. Ada dua tempat tidur, AC, televisi dan tersedianya restoran di dalamnya. Anda hanya perlu naik perahu dari hotel ini di dekat pelabuhan Paotere ke tempat tujuan wisata.

3. Grand Palace Hotel

Ini adalah hotel kedua yang memiliki jarak terdekat dengan pelabuhan Paotere. Hotel ini memiliki harga sewa yang relatif murah dengan fasilitas yang lengkap. Hotel ini juga dibangun dengan desain yang sederhana namun memiliki ruang yang cukup luas di setiap kamarnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di kawasan wisataKredit gambar: hukum ismar Google Maps

Fasilitas yang terdapat di Pulau Langkadea masih belum lengkap karena belum ada penduduk yang tinggal di kawasan tersebut. Namun, ada satu masjid yang masih kokoh dan layak untuk beribadah. Anda tidak perlu lagi khawatir mencari tempat ibadah selama liburan.

Di pulau ini juga terdapat toilet umum yang masih merupakan peninggalan para mantan penghuninya. Wisatawan juga menggunakan toilet ketika mereka membutuhkannya saat berlibur. Keberadaan toilet ini memudahkan Anda dalam mencari sumber air untuk berbagai aktivitas lainnya.

Selain itu, beberapa bangunan tua lainnya juga dapat digunakan untuk beristirahat, makan bersama atau sekedar duduk menikmati pemandangan. Anda dapat menggunakan bangunan cagar budaya ini sebagai fasilitas yang disediakan secara gratis.

Demikian informasi tentang Pulau Langkadea dengan berbagai keunggulan destinasi. Destinasi wisata yang indah ini wajib Anda kunjungi saat berada di wilayah Sulawesi Selatan. Anda dan wisatawan lainnya juga harus menjaga keindahan pulau ini dan menjadikannya sebagai destinasi favorit dengan menampilkannya di media sosial.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button