Pantai Bahak, Pantai Indah yang Dikelilingi Hutan Mangrove yang Mempesona di Probolinggo - WisataHits
wisatahits

Pantai Bahak, Pantai Indah yang Dikelilingi Hutan Mangrove yang Mempesona di Probolinggo

Pantai Bahak, Pantai Indah yang Dikelilingi Hutan Mangrove yang Mempesona di Probolinggo

Pantai Bahak merupakan salah satu tempat wisata bahari yang terkenal di Probolinggo. Pantai ini memiliki pemandangan alam yang indah dan asri yang ditumbuhi hutan bakau.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Kura Dringu, Kec. Tonga, Kab. Probolinggo, Jawa Timur; Kasus: Verifikasi lokasi

Salah satu obyek wisata baru Probolinggo adalah Pantai Bahak. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan masih alami. Sayang sekali jika anda berkunjung ke daerah Probolinggo namun tidak sempat mengunjungi pantai yang indah ini.

Siapa sangka kawasan pesisir utara provinsi Jawa Timur ini memiliki pantai-pantai indah yang bisa dikelola dan dikembangkan menjadi potensi wisata. Banyak orang yang terlalu fokus pada keindahan Gunung Bromo yang salah satu jalur alternatifnya melewati Probolinggo. Namun, mereka tidak menyadari keberadaan menara pantai yang tak kalah indahnya.

Pantai indah ini berada tidak jauh dari pusat Kota Probolinggo dan terletak di ujung barat. suasana pantai ini sangat tenang. Dikelilingi pohon bakau, pantai ini terasa masih alami. Meski baru dikembangkan, pantai ini patut masuk dalam daftar destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Lihat penawaran hotel di Probolinggo

Atraksi yang ditawarkan oleh Pantai Bahak

Atraksi Pantai BahakFoto: Google Maps/Batara Endra J.

Beberapa tahun lalu, pantai ini tidak seindah sekarang karena belum dikembangkan. Yang ada hanya nelayan yang pulang dan pergi melaut. Pantai ini tidak berkembang sebelumnya karena terkendala oleh daerah sekitarnya yang cukup gersang. Namun, kini pantai ini telah tertata indah setelah dikembangkan oleh pemerintah setempat.

Wisata pantai ini terbilang cukup baik karena adanya penambahan fasilitas penunjang. Untuk menarik lebih banyak wisatawan, pemerintah daerah kini akan fokus pada rehabilitasi jalan. Dengan daya tarik pantai ini, diharapkan pantai ini semakin banyak dikunjungi.

✦ Kolam renang khusus untuk anak-anak

Salah satu daya tarik dari pantai ini adalah adanya kolam renang yang dibuat khusus untuk anak-anak, sehingga para orang tua tidak perlu khawatir jika anaknya ingin berenang di sekitar pantai. Kolam renangnya cukup jernih, ditambah dengan fasilitas MCK yang memadai. Untuk menggunakan kolam renang ini dikenakan biaya sebesar Rp 5.000.

✦ Wilayah pesisir yang dikelilingi oleh hutan bakau

Dulu, sebelum menjadi tujuan wisata, pantai ini tidak seindah sekarang. Daerah sekitarnya sangat panas dan gersang. Keadaan pantai ini mulai berubah ketika pemerintah kabupaten memberikan dana untuk penanaman mangrove, dengan bantuan nelayan setempat. Secara lembut, pantai ini memiliki wajah yang cantik dan elok.

Pemerintah sengaja menanam mangrove di kawasan Pantai Bahak agar tempatnya tidak gersang. Jika anda berkunjung ke pantai ini, anda akan merasakan suasana yang asri karena keberadaan hutan bakau ini. Dipadukan dengan pesona pantainya yang sangat indah membuat semua orang betah berada di pantai ini.

Pemandangan hutan bakau yang tertata apik menjadi daya tarik utama yang ditawarkan pantai ini. Keistimewaan yang tidak dapat ditemukan di pantai lain ini membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi. Sudah cukup banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke pantai ini untuk merasakan keindahan dan keindahan pantai yang disuguhkan.

Paket Arung Jeram Pekalen Probolinggo

✦ Ada gazebo untuk menikmati pantai dari dekat

Jika ingin berfoto dengan tempat-tempat menarik, Anda bisa menyusuri jembatan kayu yang tersedia di pinggir pantai untuk menuju gazebo. Keberadaan gazebo ini bisa dimanfaatkan wisatawan yang ingin menikmati pesona pantai dari dekat. Dari tempat ini Anda akan mendapatkan spot foto yang bagus.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai BahakFoto: Google Maps/Pantai Bahak Indah_Pbi

Pantai Bahak terletak di ujung barat kota Probolinggo. Alamatnya Desa Kura Dringu, Kec. Tonga, Kab. Probolinggo, Prov. Jawa Timur. Jika Anda menggunakan kendaraan roda dua, untuk menuju pantai ini, Anda bisa melalui jalan menuju Rumah Sakit Tongas. Kemudian, belok ke utara untuk mengambil jalan kecil sejauh 500 meter.

Namun akses menuju pantai indah ini belum didukung. Terdapat jalan sepanjang 2,5 km yang cukup sempit sehingga menyulitkan pengunjung yang datang dengan kendaraan roda empat. Apalagi jika kendaraan roda empat saling berpapasan, akan sangat sulit. Jalan ini termasuk dalam jalan desa yang lebarnya hanya 3 meter.

Tiket Pantai Tanjung Papuma Jember

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Dulu, masuk ke pantai ini tidak membutuhkan biaya sepeser pun. Namun setelah dikembangkan dan ditambahkan berbagai fasilitas penunjang, wisatawan yang datang dikenakan biaya masuk. Harganya sangat murah, Rp 5000 per orang. Sedangkan untuk parkir motor dikenakan biaya Rp 2.000 dan paha depan sendiri dikenakan biaya Rp 10.000.

Pantai Bahak termasuk salah satu destinasi murah untuk dikunjungi. Meski ditawarkan dengan harga yang murah, pemandangan yang ditawarkan pantai ini sangat indah. Cocok sebagai tempat liburan keluarga dan relaksasi. Ditambah dengan deburan ombak pantai yang membuat suasana menjadi lebih tenang.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Seru di Pantai BahakFoto: Google Maps/Jery Erwod Official

Untuk bisa menikmati pesona alam pantai utara Probolinggo, dibutuhkan biaya yang sangat murah. Wisatawan bisa menikmati sejuknya angin, sambil bersantai di pinggir pantai, hingga berfoto selfie dengan berbagai tempat menarik yang ada di sana. Ada banyak kegiatan yang membawa keseruan di dalamnya, antara lain:

1. Berfoto di sekitar pantai

Siapa yang tidak tergoda untuk memanfaatkan momen dengan mengunjungi tempat yang indah. Salah satunya adalah Pantai Bahak yang memiliki keindahan luar biasa. Banyak spot foto yang menarik, dipadukan dengan keindahan pohon pinus dan rindangnya hutan bakau, menjadi tempat yang tepat untuk mengabadikan momen.

2. Menikmati keindahan sunset di Pantai Bahak

Selain berfoto di pantai, masih banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan, seperti menyaksikan keindahannya matahari terbenam ditunggu-tunggu oleh wisatawan. Sambil menunggu momen matahari terbenam, Anda juga bisa mencari kerang di sekitar pantai. Pengunjung juga bisa bersantai sambil menunggu senja menyaksikan aktivitas para nelayan mencari ikan.

3. Bersantai di tepi pantai

Pemandangan pantai yang indah dan nuansa yang indah adalah tempat yang tepat untuk bersantai. Bagi yang tidak ingin banyak melakukan aktivitas pantai, cukup menggelar tikar dan duduk santai di sekitar pantai, tidak akan membosankan.

4. Manfaatkan wisata kuliner

Di pantai barat terdapat hutan udang cypress. Sedangkan di bagian timur terdapat beberapa tempat makan yang dijadikan wisata kuliner. Banyak kios pedagang menghadap ke pantai. Di tempat ini wisatawan bisa menikmati keindahan pantai sambil menikmati kuliner yang tersedia.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai BahakFoto: Google Maps/Way Wahyudi (Ary)

Pada tahun 2014, pantai Bahak Indah pertama kali diresmikan. Selanjutnya banyak kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan potensi wisata pantai ini. mulai dari membangun fasilitas pendukung hingga membuka warung makan di sekitar pantai. Hal ini sangat membantu dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Pantai ini perlahan berkembang sehingga memiliki sejumlah fasilitas yang bisa dinikmati wisatawan. Di pantai ini terdapat persewaan perahu. Selain itu, tersedia berbagai fasilitas antara lain tempat parkir yang luas, toilet, tempat ibadah, gazebo di sekitar pantai, warung makan, kolam renang anak dan berbagai spot foto yang menarik.

Pantai Bahak merupakan salah satu wisata baru di Probolinggo yang masih dalam tahap pengembangan. Untuk menuju pantai ini disarankan menggunakan kendaraan roda dua karena akses jalan yang cukup sempit. Namun keindahan pantai yang disuguhkan tidak dapat diragukan lagi meskipun merupakan destinasi wisata yang baru berkembang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button