AIESEC di Yogyakarta Pelatihan Pengelolaan Sampah yang Bertanggung Jawab untuk Veteran UPN - WisataHits
Yogyakarta

AIESEC di Yogyakarta Pelatihan Pengelolaan Sampah yang Bertanggung Jawab untuk Veteran UPN

Harianjogja.com, JOGJA – Dalam upaya mengedukasi pengelolaan sampah, AIESEC menyelenggarakan kegiatan di UPN “Veteran” Yogyakarta bertajuk Local Project 4.0: Recycle Circle. Proyek lokal adalah kegiatan berbasis sukarelawan dengan visi untuk melatih dan meningkatkan keterampilan kepemimpinan pemuda Indonesia.

Kegiatan Proyek Lokal 4.0: Lingkaran Daur Ulang mendukung 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan nomor 12, yaitu tentang Konsumsi yang Bertanggung Jawab dan Produksi yang Bertanggung Jawab. Mengangkat tema Environesia, kegiatan ini dilaksanakan selama empat minggu.

“Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan para peserta dapat meningkatkan kesadaran tentang konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab serta mengaplikasikan ilmu yang didapat,” ujar Ilma Fajrina, President of the Local Project 4.0 Organizing Committee, baru-baru ini.

BACA JUGA: Wisuda UPN Veteran Yogyakarta Pertama Berlangsung Offline Pasca Pandemi

Edukasi ini dinilai penting, terutama mengingat kebiasaan konsumsi masyarakat yang menjadi salah satu faktor penyebab munculnya permasalahan lingkungan. Konsumsi yang tidak bertanggung jawab dan produksi yang tidak terkendali merupakan masalah yang sering ditemui di berbagai daerah.

Baik merugikan lingkungan maupun masyarakat yang tinggal di daerah tersebut. Contohnya adalah akumulasi limbah berbahaya. Untuk itu, suatu langkah harus diambil untuk kelangsungan dan keberlanjutan kehidupan di suatu daerah.

Kasus penumpukan sampah di TPST Piyungan Yogyakarta adalah contoh nyata. Masalah lingkungan yang bersumber dari konsumsi dan produksi yang tidak bertanggung jawab.

BACA JUGA: UPN Veteran Yogyakarta Bantu Digital Marketing Desa Wisata Kadisobo

Dalam Project lokal 4.0: Recycle Circle ini, narasumber berasal dari Dinas Lingkungan Hidup Yogyakarta, Zerowaste, Perampokan, Bank Sampah Bersinar dan lain-lain. Selain itu, proyek ini juga bekerja sama dengan Evoware, Hipwee, Ruaslab dan lain-lain.

Acara diawali dengan welcome party pada tanggal 20 Juni 2022 dengan tujuan untuk mengenalkan kegiatan dan mempererat silaturahmi antar peserta. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan berbagai sesi bermanfaat seperti webinar, focus group discussion (FGD), workshop dan kesempatan untuk mempresentasikan materi kepada siswa SMA. Hari terakhir diakhiri dengan farewell party dan pemberian penghargaan bagi peserta terbaik.

Source: jogjapolitan.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button