Aeng Tong-tong, Desa Empu, Desa Pembuat Keris - WisataHits
Jawa Timur

Aeng Tong-tong, Desa Empu, Desa Pembuat Keris

EINFALL24.COM– Desa Wisata Aeng Tong-tong di Kabupaten Sumenep menjadi satu dari empat desa wisata asal Provinsi Jawa Timur yang berhasil masuk dalam 50 Besar Desa Wisata Anugerah 2022 (ADWI).

Dipilihnya Desa Wisata Aeng Tong-tong dalam kategori “Desa Wisata Terbaik” ADWI 2022 bukan tanpa alasan. Desa Wisata Aeng Tong-tong dikenal dengan keunikan budaya dan kearifan lokal yang tidak dimiliki daerah lain, yaitu sebagai desa penghasil keris dengan empu terbanyak!

Tempat wisata di desa wisata Aeng Tong-tong

Baca juga: Berbagi Cerita Kesetaraan Gender dari Mulut Delegasi GNEJ

Mungkin Anda masih sedikit asing dengan salah satu desa wisata terbaik di Jawa Timur ini. Terletak di dataran tinggi dan sebagian besar di dataran rendah, Desa Wisata Aeng Tong-tong dikelilingi oleh berbagai sumber daya alam yang melimpah seperti sawah, ladang tembakau, sawah, perkebunan kelapa, perbukitan dan banyak lagi.

Namun, daya tarik utama desa wisata ini bukanlah kekayaan alamnya yang kaya. Desa Wisata Aeng Tong-tong merupakan desa wisata yang dikenal sebagai penghasil Keris.

Aktivitas masyarakat desa Aeng Tong-tong membuat keris tidak terlepas dari warisan nenek moyang yang dulunya adalah empu pembuat keris.

Baca Juga: Inilah Karakter Gubernur Baru DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Sejumlah Jabatan yang Dijabatnya

Hingga kini, aktivitas pembuatan keris di desa Aeng Tong-tong masih tetap dipertahankan, bahkan sudah menjadi mata pencaharian sebagian besar masyarakat desa wisata tersebut.

Source: www.insiden24.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button