GUNUNG SINDORO: tiket dan 5 jalur - WisataHits
wisatahits

GUNUNG SINDORO: tiket dan 5 jalur

GUNUNG SINDORO: tiket dan 5 jalur

Harga tiket masuk Gunung Sindoro : Rp 25.000-Rp. 250.000 Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi : Area Mt., Damarkasiyan, Kertek, Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia, -.

Bagi yang berkecimpung dalam kegiatan mendaki gunung, istilah “Three S’s” mungkin terdengar asing di telinga. Ketiganya merupakan inisial dari beberapa gunung tertinggi di Jawa Tengah. salah satunya adalah Gunung Sindoro berlokasi di daerah Temanggung dan Wonosobo.

Gunung Sindoro sering disebut sebagai kembaran dari Gunung Sumbing. Keduanya terlihat mirip dari jauh. Gunung Sindoro sendiri memiliki ketinggian 3.153 mdpl. Lanskap alam terbuka menjadi ciri sekaligus tantangan pendakian.

Tiket Masuk Pendakian Gunung Sindoro

Pendaki harus membayar biaya pendaftaran dan saksi sebelum memulai perjalanan. Jika membawa kendaraan, dikenakan biaya parkir. Lalu ada juga layanan ojek dari Base Camp ke Pos 1 untuk mempersingkat perjalanan.

Biaya Pendakian Gunung Sindoro
Tiket Masuk Turis Domestik Rp 25.000
Tiket masuk wisata internasional Rp 250.000

Baca: GUNUNG PRAU Wonosobo: Tiket Masuk dan 5 Jalur Pendakian

Jam buka

Gunung Sindoro buka setiap hari selama 24 jam. Namun, ada jam buka tertentu untuk memulai pendakian. Pendaftaran juga hanya dibuka dari pagi hingga sore hari.

Jam operasional
Server rekaman 07.00 – 22.00 WIB

Tantangan Gunung Sindoro

kawah puncak Sindoro yang terus mengeluarkan gas belerangGunung Sindoro memiliki kawah yang masih mengeluarkan gas belerang. Pendaki tidak diperbolehkan berada di sekitar kawah terlalu lama dan kunjungan maksimal ke kawah hanya sampai pukul 11.00 – Foto: Google Maps / Haggai Be’er

Gunung Sindoro merupakan salah satu gunung api aktif di Jawa Tengah. Ketinggian maksimumnya mencapai 3.153 meter di atas permukaan laut. Gunung ini berada di perbatasan Kabupaten Temanggung dan Wonosobo. Di sebelah tenggara, terdapat Gunung Sumbing yang bentuknya mirip.

Gunung ini sering menjadi tujuan pendakian bagi banyak wisatawan. Selain pemandangannya yang indah, banyak tantangan alam yang disajikan di sini. Salah satunya adalah jalur menanjak dan jalur “naga”. Pemandangan alam yang terlihat dari gunung ini juga dijamin memikat mata.

Apalagi Gunung Sindoro juga sangat bersahabat bagi para pendaki amatir maupun berpengalaman. Ada beberapa pilihan jalur pendakian. Jalur Kledung paling ramai karena ramah untuk para amatir. Rute lainnya yakni Sigedang, Bansari, Ndoro Arum dan Alang Alang Sewu yang baru dibuka untuk umum.

Baca: GUNUNG SUMBING: Tiket Masuk dan 4 Jalur Pendakian

Jalur Kledung

Gunung Sumbing, Merapi dan MerbabuPanorama tiga gunung yang terlihat dari puncak Gunung Sindoro: Sumbing, Merapi dan Merbabu – Foto: Google Maps/Vinchel Budihardjo

Jalan menuju Kledung memiliki nama lain yaitu jalan menuju Grasindo atau base camp. Pendakian jalan ini tidak pernah sepi pengunjung. Jalurnya didominasi oleh lahan terbuka dan menghadap ke Gunung Sumbing. Jadi pendaki bisa menikmati pemandangan sepuasnya di sepanjang jalan.

Estimasi waktu pendakian di jalur Kledung biasanya memakan waktu sekitar 7 jam. Namun jika banyak berhenti, pendaki bisa mencapai puncak dalam waktu sekitar 9 jam. Dari base camp, ada empat tiang yang harus dilintasi sebelum mencapai puncak. Ada bumi perkemahan dari pos 3 sampai pos 4.

Sebelum memulai pendakian, perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu barang-barang yang ada di base camp. Jangan khawatir karena fasilitas Basecamp Grasindo sudah penuh dipesan. Para agen tidak segan-segan membantu para pendaki, khususnya dengan menerapkan aturan yang ketat. Jika ketahuan meninggalkan sampah, pendaki harus membayar denda berupa bibit tanaman lho.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas TOUR POSONG Wonosobo

Jalur Sigedang

sejumlah pendaki berusaha melewati jalur menanjak yang dipenuhi bebatuanPendakian Gunung Sindoro dikenal banyak lahan terbuka dan medan menanjak terjal berbatu – Foto: Google Maps/M Josephine Wijiastuti

Lalu ada jalan Sigedang yang dimulai dari base camp desa Sigedang, kecamatan Kejajar, kabupaten Wonosobo. Pendaki yang mengambil rute ini mencapai puncak dari utara gunung. Jalur ini terdiri dari empat stasiun. Pendaki di jalur ini hanya bisa mendaki hingga pos 3.

Pendaki berpengalaman bisa memilih jalur ini. Awal perjalanan akan menemukan kebun teh dan hutan. Setelah itu, medan terus menanjak dengan berbagai kondisi. Ada lapangan terbuka dan lapangan batu yang akan dikeringkan.

Baca: Tiket Masuk Dataran Tinggi Dieng dan Kawasan Wisata

Jalur Bansari

Pendakian di Jalur Bansari memakan waktu 7-8 jam. Base camp terletak di Desa Bansari, Kecamatan Parakan, Kabupaten Wonosobo. Setelah pintu masuk atau pos hantu, setidaknya ada enam pos ke atas.

Ciri khas jalur ini adalah kawasan hutan yang sangat dominan. Jangan lupakan tanjakan terjal yang akan menyapa Anda dari pos 2. Pendaki berpengalaman yang ingin menghindari terik matahari bisa mencoba jalur Bansari. Sangat disarankan untuk mendaki di musim panas agar jalurnya tidak licin.

Baca: Tiket Masuk WONOLAND Wonosobo dan Ragam Wahananya

Jalur Ndoro Arum

Berjalanlah di jalur naga yang sulitBerbagai tantangan menanti Anda di sepanjang jalur pendakian, seperti Dragon Trail di jalur Ndoro Arum – Foto: Google Maps/Yulianto Lutfi

Jalur Ndoro Arum sangat cocok, terutama bagi mereka yang menyukai jalur ekstrim. Base camp berada di Dusun Banaran, Desa Kayugiyang, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Sedangkan untuk menuju ke sana, pengunjung bisa menggunakan jasa antar jemput menuju terminal Mendolo Wonosobo.

Jalan Ndoro Arum memiliki empat pos yang menanjak. Di awal perjalanan, medan yang landai dan hutan pinus akan memanjakan para pendaki. Sementara itu, Jalur Naga merupakan titik paling menarik dari jalur ini. Karena jalur ini merupakan jalan sempit dengan jurang di kedua sisinya.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Seru SIKUNIR HILL Dieng

Jalur Alang Alang Sewu

Road Base Camp Alang-Alang Sewu terletak di Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo. Seperti namanya, jalur ini berbeda karena tanah alang-alang. Jalur tersebut terdiri dari empat pos sebelum menuju ke atas.

Menuju Pos 1, pendaki akan melewati kawasan perkampungan dan perkebunan tembakau. Tanahnya tak luput dari kemiringan yang cukup terjal. Pos 3 menjadi favorit karena hamparan alang-alang. Di sini, pemandangan matahari terbit dan terbenam bisa terlihat dengan jelas.

Baca: GUNUNG KEMBANG: Tiket Masuk dan Jalur Pendakian

Fasilitas Base Camp Gunung Sindoro

Setiap base camp Gunung Sindoro memiliki fasilitas penunjang. Area parkir, toilet, mushola dan warung tersedia hampir di semua base camp. Tersedia juga layanan antar jemput dari terminal terdekat ke lokasi base camp. Perlu diingat bahwa tidak semua jalur memiliki titik air.

Baca: 9 Destinasi Wisata Terbaik di Wonosobo

Lokasi dan akses ke Gunung Sindoro

Gunung Sindoro terletak di perbatasan Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo di Jawa Tengah. Base camp tersebar di beberapa titik. Setiap base camp dapat diakses dengan angkutan umum (bus) atau ojek.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button