Kunjungan langsung Menparekraf Sandiaga Uno ke program ADWI terbukti mampu meningkatkan perekonomian masyarakat hingga 30% - WisataHits
Jawa Timur

Kunjungan langsung Menparekraf Sandiaga Uno ke program ADWI terbukti mampu meningkatkan perekonomian masyarakat hingga 30%

Suara.com – Kopi arabika hasil panen petani di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, didistribusikan ke seluruh dunia. Pada tahun 2021, CCI (Coffee Cupping International) Belanda telah menyetujui untuk mengimpor kopi asli Bondowoso sebagai bahan baku produksi mereka.

Kegiatan ekspor petani Bondowoso didukung oleh Astra. Astra merupakan mitra strategis yang ditunjuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) untuk mengembangkan desa wisata di Bondowoso.

Menteri Mas Sandiaga Uno dalam sambutannya mengakui capaian Jawa Timur pada umumnya dan Kabupaten Bondowoso pada khususnya dalam mengembangkan desa wisata.

“Dari total 3.500 yang mengikuti Indonesia Tourism Village Award, Desa Wisata Tirta Agung Sukosari Kidul, Kecamatan Sumberingin, Kabupaten Bondowoso, 50 desa wisata terbaik lolos. Kami di Kemenparekraf mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Astra sebagai mitra kami. Jawa Timur merupakan pengirim desa wisata terbanyak. Ini adalah desa wisata keempat dari total 50, artinya Jawa Timur menyumbang hampir 10 persen pariwisata terbaik Indonesia. Kami berharap ini akan mendorong perekonomian. Begitu banyak manfaat desa wisata ini bagi kesejahteraan warga, terbukanya peluang usaha dan kesempatan kerja. Untuk menciptakan 1,1 juta lapangan kerja tahun ini dan 4,4 juta pada 2024,” kata Sandi.

Baca Juga: PPP Ungkap Nama Sandiaga Uno Diusulkan Banyak Kader di Daerah sebagai Capres 2024

Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat mengapresiasi kehadiran PM Bondowoso khususnya di desa wisata Tirta Agung. Ia juga berharap dengan kehadiran Mas Menteri dapat mendukung pendirian theme park destinasi wisata Kawah Wurung yang dikenal dengan Bukit Teletubbies.

“Kami akan membangun wahana di sana untuk permainan anak-anak,” kata Irwan.

Mengenai perlakuan terhadap desa wisata, Sandi mengatakan kepada tim media bahwa pihaknya bekerja sama dengan mitra strategis untuk memberikan pembinaan.

“Tidak bisa berhenti. Berkelanjutan. Kami pantau evaluasi program Anugerah Desa Wisata 2021 tahun lalu, peningkatan kunjungannya 30 persen,” kata Sandi.

Dalam kesempatan itu, Sandi juga menyampaikan target kunjungan wisman sebesar 1,8 hingga 3,6 juta.

Baca Juga: Sandiaga Rilis Puluhan Kompetisi Dance Music Siswa SMP di Turki: Bangga Generasi Muda Mempromosikan Budaya Indonesia

“Target wisatawan domestik 550 juta pergerakan. Dan semakin banyak yang bergerak menuju destinasi berkualitas tinggi dan berkelanjutan seperti desa liburan ini,” kata Sandi optimis.

Source: www.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button