Ada KAJJ cepat, KA wisata mulai nambah kapasitas KA - WisataHits
Jawa Barat

Ada KAJJ cepat, KA wisata mulai nambah kapasitas KA

BANDUNG, Jakarta.Suaramerdeka.com – PT KA Wisata (Persero) mulai meningkatkan kapasitas armadanya, setelah memiliki KA reguler dengan kecepatan di atas 100 km/jam.

Peningkatan kualitas kereta api diharapkan dapat meningkatkan jumlah pemudik yang ingin menikmati sensasi transportasi wisata. Pandemi Covid-19 juga semakin parah.

“Ada lima KA yang kita upgrade ke F agar KA bisa digandeng dengan KA ekspres,” kata Juru Bicara PT KA Wisata Ilud Siregar, Kamis (10/6/2022).

Kelima KA tersebut di antaranya KA Kopel dengan KA Bima untuk jalur Jakarta-Surabaya, Mutiara Selatan untuk jalur Bandung-Surabaya, dan Argo Parahyangan untuk jalur Bandung-Jakarta.

Baca Juga: Butuh Setahun Sebelum PT KAI Rilis Kereta Berikutnya Dengan Waktu Perjalanan Lebih Cepat

Huruf F mengacu pada rambu kereta api yang mengatur spesifikasinya pada saat beroperasi termasuk batas kecepatan yang diizinkan. Dengan tanda kereta F, kereta bisa digas hingga 120 km/jam.

Sebagian besar armada kereta wisata masih memiliki tanda kereta E, batas kecepatan pada saat pengundian harus maksimal 100 km/jam. Oleh karena itu, tidak bisa disandingkan dengan KA yang lebih tinggi dari induknya, yakni PT KAI.

Kelima kereta tersebut akan mencakup tiga unit kelas Prioritas yang dijual secara eceran, kemudian Bali dan Toraja untuk melayani rombongan. “Ini program tahun ini, kita adaptasikan sedikit demi sedikit,” jelasnya.

Baca Juga: Siap-Siap, PT KAI Akan Tawarkan Kereta Panorama

Source: jakarta.suaramerdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button