Ciomas perlu menjadi pusat UMKM kelas nasional - WisataHits
Jawa Barat

Ciomas perlu menjadi pusat UMKM kelas nasional

Bogordaily.net – Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan, potensi UMKM di Kabupaten Ciomas sangat besar terutama di bidang sepatu, sepatu, sendal dan lain-lain. Hasil produksinya sangat bagus, untuk itu ke depan harus ada sentra UMKM di tingkat nasional, seperti yang sudah dilakukan UMKM di wilayah kabupaten Sukaraja.

Hal itu disampaikan Kamis, 15 Desember 2022, saat menyambut langsung warga Kabupaten Bogor melalui Bogor Keliling (Boling) atau Saba Desa di Kecamatan Ciomas, sekaligus meninjau langsung progres pembangunan di kecamatan tersebut.

“Nanti saya akan diskusikan dengan camat dan lurah bahwa ada sentra UMKM yang kelas supra daerah karena potensi UMKM sudah bagus,” kata Plt. Bupati Bogor.

Selain itu, kata Ivan Setiawan, potensi desa wisata juga cukup bagus, dimana terdapat bekas tambang batu pasir yang diserahkan oleh pemerintah provinsi kepada pemerintah Kabupaten Bogor di kawasan Kecamatan Ciomas, yang kini telah digarap. diserahkan oleh Kecamatan Ciomas dialihkan ke Bumdes.

“Potensi wisata bekas tambang pasir dikelola dengan sangat baik oleh Bumdes. Alhamdulillah baik kontur medan maupun sumber airnya bagus, jadi sangat bagus untuk wisata air. Kami juga telah menghubungkan dan mengajak beberapa pengusaha dari Kabupaten Bogor untuk mengoptimalkan CSR-nya dengan membantu perbaikan infrastruktur dan desa wisata di wilayah Kecamatan Ciomas agar menjadi lebih baik lagi,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Plt. Bupati Bogor juga meninjau langsung progres pembangunan ketiga desa tersebut, yakni Desa Kota Batu, Desa Parakan, Desa Pagelaran, dan Desa Padasuka.

Beberapa agenda kegiatan oleh Plt. Bupati Bogor Ivan Setiawan berkunjung ke Kabupaten Ciomas yaitu kunjungan langsung ke UMKM Sari Kurma di Desa Kota Batu, dialog dengan Kepala Desa/Lurah di Kecamatan Ciomas di Desa Kota Batu.

Kemudian meninjau langsung para pengrajin sepatu dan sandal di desa Parakan, membuka Agro Eduwisata Lembah Watu di desa Pagelaran, menanam bibit pohon dan diakhiri dengan melihat langsung UMKM Busana Dwika Lestari di desa Padasuka dan mengikuti festival rakyat kabupaten Ciomas.

Plt. Bupati Bogor Ivan Setiawan mengungkapkan, kegiatan bowling atau Saba Desa di wilayah Kecamatan Ciomas ini merupakan bowling terakhir di tahun 2022.

Melalui kegiatan bowling ini memberikan banyak manfaat bagi Pemerintah Kabupaten Bogor, selain dapat melihat potensi daerah serta melihat dan mempelajari permasalahan yang dihadapi masyarakat di daerah tersebut, salah satunya Kecamatan Ciomas.

“Alhamdulillah banyak keuntungan jika kita terjun langsung ke daerah. Hari ini adalah bowling terakhir di tahun 2022, saya didampingi oleh kepala daerah. Kabupaten Ciomas memiliki banyak potensi yaitu UMKM dan potensi desa wisata,” jelas Ivan Setiawan.***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button