Rangkaian acara Canden Fest No 1 di Bantul ada karnaval budaya dan pasar malam - WisataHits
Yogyakarta

Rangkaian acara Canden Fest No 1 di Bantul ada karnaval budaya dan pasar malam

BacaJogja – Kalurahan Canden, Kapanewon Jetis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta merayakan hari jadinya yang ke-76. Untuk memeriahkannya dengan mengadakan Canden Fest #1 tahun 2022 dengan tema Gumregah Gumbira Nyawiji Mbangun Deso.

Rangkaian acara berlangsung selama satu bulan. Diawali Minggu, 6 November 2022 dengan karnaval dan upacara budaya. Rangkaian acara Canden Fest #1 adalah sebagai berikut:

Karnaval dan Upacara Budaya ke-1 pada 6 November 2022
2. Pasar Malam 13.-27. November 2022
Pementasan Seni Padukuhan ke-3 dari tanggal 20 hingga 27 November 2022
4. Stan Padukuhan dari 20 hingga 27 November 2022
5. Doa dan Donasi pada 25 November 2022
6. Bakti Kethoprak pada 26 November 2022
7. Jalan-jalan santai pada 27 November 2022

Baca Juga: Seniman Campursari Cak Diqin Semarakkan Pasar Rakyat Jogja Gumregah

Kepala WTP Desa Canden Beja mengatakan, acara ini mengusung tema Gumregah, Gumbiro, Nyawiji Mbangun Deso. Tema ini adalah semangat komunitas Canden untuk memiliki semangat bahagia dan bersama-sama membangun Desa Canden

Acara ini akan menampilkan berbagai potensi manfaat Canden dari 15 dusun dan akan melibatkan masyarakat yang sekarang dikenal sebagai Desa Wisata, Desa Prima, Desa Pengusaha dan Desa Budaya.

Baca juga: Daftar 12 Event Jogja Akhir Pekan Ini, Dari Konser Hingga Pasar Malam

Dana Pengelolaan menggunakan APBKal dan Dana Keistimewaan. Karnaval budaya akan menampilkan pasukan tentara dan gunung yang dibuat oleh 15 Pudukuhan. Gunungan juga diperebutkan oleh masyarakat.

Kepala Desa Canden WTP Beja mengatakan pada acara Canden Fest #1, ada acara pasar malam yang ditunggu-tunggu masyarakat yang berlangsung selama 14 hari. Setiap malam menampilkan potensi seni Padukuhan. “Pentas seni ini menjadi kebanggaan masyarakat dalam melestarikan dan mengembangkan seni serta menghibur masyarakat,” ujarnya.

Baca juga: Gebyar Bantul Creative Expo 2022, Warganet: Banyak Sampahnya

Selama jalan-jalan dan misa, senam sehat serta santunan kepada anak yatim juga akan dilengkapi dengan acara minum jamu tradisional produk Gendhong dari Desa Wisata Sehat Dusun Dryan dengan jamu hingga 5.000 gelas untuk para peserta. []

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button