12 Harta Karun Tersembunyi di Banyuwangi Cocok Untuk Liburan Akhir Tahun Halaman all - WisataHits
Jawa Barat

12 Harta Karun Tersembunyi di Banyuwangi Cocok Untuk Liburan Akhir Tahun Halaman all

KOMPAS.com – Ide liburan akhir tahun bisa diisi dengan berkunjung harta karun atau wisata indah yang masih tersembunyi.

Salah satu kota di Indonesia yang menawarkan berbagai wisata harta karun adalah Banyuwangi. Kota di ujung pulau Jawa ini memiliki banyak peluang wisata kelas dunia.

Baca Juga: 28 Tempat Wisata di Banyuwangi Paling Populer yang Wajib Dikunjungi

Tempat Bernama Matahari terbit dari Jawa memiliki keindahan alam yang luar biasa. Sekarang,anda bisa mengunjungi wisata tersembunyi di banyuwangi selain Kawah Ijen yang sangat terkenal di kalangan wisatawan.

Harta Karun Tersembunyi di Banyuwangi

Ini rekomendasinya harta karun di Banyuwangi yang dirangkum cocok untuk liburan akhir tahun Kompas.com.

Baca juga: 50 Wisata Pantai di Jawa Timur, dari Pacitan hingga Banyuwangi

1. Waduk Bayulmati

Waduk Bajulmati di BanyuwangiShutterstock/Waduk Roby Kurniawan Bajulmati di Banyuwangi

Waduk Bajulmati sering disebut sebagai Raja Ampat, Papua Barat. Pasalnya, di tepian waduk, wisatawan bisa menjumpai kawasan perbukitan hijau.

Mengutip Tribun Berita Wiki, Lokasi waduk ini berada di perbatasan antara Banyuwangi dan Situbondo.

Waduk seluas 92 hektar ini berada di antara Gunung Baluran dan Pegunungan Ijen. Sumber air utama adalah Sungai Bajulmati.

Baca Juga: 10 Wisata Pantai di Banyuwangi, Ada Tempat Melihat Matahari Terbenam Merah

2. Pantai Pulau Merah

Wisatawan sudah mulai mengunjungi wisata pantai Pulau Merah setelah ditutup akibat Covid-19KOMPAS.COM/BAGUS SUPRIADI Wisatawan sudah mulai mengunjungi Wisata Pantai Pulau Merah setelah ditutup akibat Covid-19

Daya tarik Pantai Pulau Merah adalah panorama sunset berwarna merah. Corak merah tersebut berasal dari matahari terbenam di belakang Pulau Merah yang berjarak sekitar 50-100 meter dari bibir pantai.

Pulau Merah memiliki pemandangan tanah merah bata. Sebagai informasi tambahan: Bulan Desember hingga Januari merupakan waktu terbaik bagi wisatawan untuk melihat sunset berwarna merah di Pantai Pulau Merah.

Selain itu, wisatawan bisa berselancar dan berkemah di daerah yang disediakan oleh manajemen.

Baca Juga: Panduan Wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi, Ada Tips Melihat Sunset

3. Truk wisata Kalibaru-Mrawan

Truk wisata yang diluncurkan PT Kereta Api Indonesia melewati Terowongan Mravan di perbatasan Jember-Banyuwangi, Minggu (20/03/2016).KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Truk wisata yang diluncurkan PT Kereta Api Indonesia melewati Terowongan Mrawan di perbatasan Jember-Banyuwangi, Minggu (20/3/2016).

Harta Karun Tersembunyi Yang satu ini menawarkan pengalaman unik naik kereta wisata atau truk wisata sambil membelah Gunung Gumitir.

Dalam perjalanan, wisatawan melewati perkebunan kopi di ketinggian 400 meter di Gunung Gumitir.

Mengutip situs tersebut KAI, truk wisata ini melewati terowongan kereta api Mrawan. Dengan panjang 690 meter, Terowongan Mrawan merupakan terowongan aktif terpanjang kedua di Indonesia

Keunikan terowongan ini terletak pada arsitekturnya yang tetap mempertahankan gaya kolonial. Wisatawan bisa berhenti sejenak untuk berfoto di terowongan yang menghubungkan Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi ini.

Baca Juga: Pantai Grajangan Banyuwangi, Punya Ombak Sempurna untuk Peselancar

4. Bukit Mondoleko

Bukit Mondoleko menawarkan wisata hutan pinus yang terbentang luas seperti dikutip dari Banyuwangi Tourism.

Dari atas bukit, wisatawan bisa melihat hamparan sawah di kejauhan. Situs ini terletak di Desa Sragi, Kabupaten Songgon, Banyuwangi.

Bukit ini juga dikelilingi pemandangan Gunung Suket, Gunung Kendil, Gunung Meranti dan Gunung Raung yang menambah pesona tersendiri.

Ada gardu pandang, tempat tidur gantung, bangku yang terbuat dari kayu gelondongan, dan ayunan yang bisa digunakan wisatawan untuk menikmati pemandangan.

5. Pulau Tabuhan

Pulau Tabuan. Pulau Tabuan.

Pulau Tabuhan merupakan pulau kecil di Selat Bali. Namun secara administratif, Pulau Tabuhan termasuk wilayah Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi.

Mengutip Kompas.com (22.7.2019) pulau seluas lima hektar ini tidak berpenghuni. Dalam perjalanan menuju Pulau Tabuhan, wisatawan disuguhi gradasi warna Selat Bali.

Mendekati Pulau Tabuhan, wisatawan bisa melihat dengan jelas hamparan terumbu karang dan pantai berpasir putih di sepanjang Pulau Tabuhan.

Baca Juga: Itinerary 2 Hari di Banyuwangi, Kawah Ijen hingga Pulau Tabuhan

6. Air Terjun Pemimpin

Kabupaten Banyuwangi memiliki harta karun air terjun yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Air Terjun Lider. Destinasi wisata ini terletak di kaki Gunung Raung, tepatnya di Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi.

Untuk menuju lokasi air terjun setinggi 60 meter ini, wisatawan harus melalui medan yang cukup sulit. Situs ini berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut.

Disebut Air Terjun Lider karena lokasi air terjun ini berada di kawasan hutan lindung, Lot 74, Blok Lider. Obyek wisata ini terletak di lereng Gunung Raung, sehingga pemandangannya masih asri dan alami.

Baca Juga: Menikmati Pulau Tabuhan, Keindahan Alam di Selat Bali

Pantai Teluk Hijau di Banyuwangi DOK.  Shutterstock/krisbiantoandyShutterstock/krisbiantoandy Pantai Teluk Hijau di DOC Banyuwangi. Shutterstock/krisbiantoandy

7. Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau di Taman Nasional Meru Betiri BanyuwangiDermaga. Pantai Teluk Hijau di Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi

Selain Taman Nasional (TN) Baluran yang terkenal, Banyuwangi juga memiliki Taman Nasional (TN) Meru Betiri.

Ada deretan harta karun di Taman Nasional Meru Betiri, salah satunya adalah Pantai Teluk Hijau.

Pantai ini sering disebut sebagai surga tersembunyi karena masih alami dan akses menuju tempat tersebut cukup sulit. Pantai Green Bay juga sering disebut-sebut Green Bay karena air lautnya berwarna hijau, yang berasal dari alga.

Keunikan Pantai Teluk Hijau adalah pemandangan pasir putihnya yang sangat kontras dengan air lautnya yang berwarna hijau.

Baca Juga: Pantai Teluk Hijau Banyuwangi, Surga Tersembunyi dengan Air Laut Hijau

8. Pantai Sukamade

Penyu hijau di pantai Sukamade, Taman Nasional Meru Betiri, Banyuwangi Dermaga. /website/ Penyu hijau di Pantai Sukamade, Taman Nasional Meru Betiri, Banyuwangi

Selain Pantai Teluk Hijau memiliki Taman Nasional Betiri harta karun Pantai menarik lainnya adalah Pantai Sukamade.

Mengutip Kompas.com (27/5/2022), Pantai Sukamade merupakan tempat perlindungan penyu. Ada empat jenis penyu yang sering mendarat di pantai Sukamade untuk bertelur, yaitu penyu hijau, penyu lekang, penyu belimbing, dan penyu sisik.

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Sukamade berkesempatan melihat penyu bertelur di malam hari.

Baca Juga: Pantai Sukamade Banyuwangi, Kamu Bisa Melihat Penyu Bertelur di Malam Hari

9. Pantai Plengkung

Peselancar Indonesia Rio Waida saat mengikuti World Surf League Championship (WLSC) Tour 2022 di Pantai Plengkung (G-Land) Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (28/5/2022).Kominfo Surfer ombak Indonesia Rio Waida pada World Surf League Championship (WLSC) Tour 2022 di Pantai Plengkung (G-Land) Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (28/5/2022).

Tak banyak yang tahu bahwa Banyuwangi memiliki surga peselancar yakni Pantai Plengkung atau dikenal dengan G-Land seperti dikutip dari Kompas.com (02/08/2020).

Terselip di tengah-tengah Taman Nasional Alas Purwo. Memang, pantai ini dipenuhi ombak liar tempat berselancar yang terbaik di Asia Tenggara dan salah satu dari tujuh ombak terbaik di dunia yang mengarah langsung ke Samudera Hindia.

Karena ketinggian ombak di Pantai Plengkung bisa mencapai 8 meter. Kegiatan selancar biasanya dilakukan pada bulan Maret hingga Oktober setiap tahunnya.

Baca Juga: Pantai Plengkung, Surga Pecinta Surfing di Banyuwangi

10. Segara Anakan

Mangrove Bedul, BanyuwangiDermaga. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mangrove Bedul, Banyuwangi

Segara Anakan berarti laut kecil karena memiliki luas 18,8 kilometer persegi dan lebar 400 meter.

Situs Segara Anakan dikelilingi oleh hutan mangrove Ekowisata Bedul. Daerah ini sering disebut sebagai Amazon Indonesia.

Pasalnya, Segara Anakan terhubung dengan kawasan hutan mangrove yang sangat luas, bahkan terbesar di Pulau Jawa. Lokasinya berada di Taman Nasional Alas Purwo, dekat Pantai Plengkung.

Wisatawan dapat menyewa perahu untuk mengelilingi kawasan hutan mangrove menuju Segara Anakan.

Baca Juga: Guide Bangsring Underwater Banyuwangi Masuk Hanya Rp 5.000

11. Air Terjun Jari Mengaum

Air terjun ini dinamakan Jari Telunjuk Raung karena aliran sungainya lurus seperti telunjuk dan berada di kaki Gunung Raung.

Untuk menuju tempat air terjun, wisatawan harus melewati hutan dan persawahan yang luas. Namun, lelahnya perjalanan akan terbayar dengan segarnya air terjun.

Ada kolam di bawah air terjun yang bisa digunakan untuk berenang. Air Terjun Telunjuk Raung terletak di Dusun Sumberasih, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi.

Baca Juga: Itinerary Satu Hari di Alas Purwo Banyuwangi Selain Kesan Mistis

12. Air Terjun Arum Kembar

Air Terjun Arum Kembar di BanyuwangiShutterstock/Air Terjun Kembar Mohammad Ridwan Arum di Banyuwangi

Air Terjun Kembar Arum cukup unik karena terletak di tengah sawah. Harta Karun Tersembunyi Terletak di Desa Sumberarum, Songgon, Banyuwangi.

Menariknya, sungai yang mengalir melalui Air Terjun Kembar Arum ini masih satu sumber dengan Air Terjun Telunjuk Raung.

Air sungai yang membelah sawah tersebut jatuh ke jurang dan membentuk air terjun. Ada tebing di tengah sawah tempat air terjun itu berada.

Baca Juga: Jadwal dan Harga Tiket KA Blambangan Ekspres Semarang-Banyuwangi PP

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button