Tiket dan Atraksi MUSEUM GEOLOGI BANDUNG - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Atraksi MUSEUM GEOLOGI BANDUNG

Harga Tiket Masuk Museum Geologi Bandung: Rp 2.000 – Rp 10.000 Jam Buka: 09:00 WIB – 15:00 WIB Telp. : 022-7213822Alamat: Jl.Diponegoro No.57, Citarum,, Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40122

Museum Geologi Bandung tayang perdana pada 16 Mei 1928, yang bertepatan dengan peresmian IV Pacific Science. Bangunan museum direnovasi dan akhirnya dibuka kembali pada 23 Agustus 2000. Saat itu, museum berfungsi sebagai gedung perkantoran dengan unit laboratorium geologi dan fasilitas penyimpanan koleksi penelitian geologi.

Museum ini merupakan salah satu tujuan wisata populer di Bandung dan sering dikunjungi untuk study tour. Ini berisi segudang bahan geologi yang sangat berharga dan dilindungi pemerintah.

Museum ini berisi segala sesuatu yang berhubungan dengan ilmu geologi serta koleksi hasil penelitian geologi. Salah satunya adalah fosil Tyrannosaurus Rex Osborn, tengkorak manusia purba yang ditemukan di Indonesia dan artefak dari jaman dahulu.

Serta sejarah perkembangan makhluk hidup dari zaman primitif hingga zaman modern. Dan masih banyak materi lainnya yang dapat mengedukasi pengunjung tentang bidang geologi.

Baca: 49 Tempat Wisata Lengkap di Bandung

Harga Tiket Masuk Museum Geologi Bandung

Harga tiket Museum Geologi Bandung cukup terjangkau bagi pengunjung. Hanya menghabiskan beberapa ribu dolar dapat memberikan banyak pengalaman baru di museum ini.

Harga Tiket Masuk Museum Geologi Bandung
Tiket masuk umum Rp 3.000
Tiket masuk pelajar/mahasiswa Rp2.000
Tiket masuk turis internasional Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Bandung Traffic Park

Kondisi kunjungan Museum Geologi:

  • Para pengunjung dalam keadaan sehat dan telah divaksinasi.
  • Menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
  • Lakukan reservasi melalui telepon di 022-7213 822.
  • Pembayaran tunai untuk tiket.
  • Anak-anak berusia 12 tahun ke bawah harus didampingi oleh pendamping yang divaksinasi.

Jam Buka Museum Geologi Bandung

Jam buka
Selasa Rabu Kamis 09.00 – 15.00 WIB
Sabtu Minggu 09.00 – 14.00 WIB
Jumat & Hari Libur TEGAS

Pengunjung dapat mengunjungi Museum Geologi Bandung pada hari Selasa hingga Kamis mulai pukul 09:00 hingga 15:00 WIB. Museum tidak beroperasi pada hari Jumat dan hari libur nasional. Jadi, bagi pengunjung yang ingin berwisata ke sini, jadwal operasional museum harus diingat.

Aktivitas dan wahana di Museum Geologi Bandung

Museum Geologi BandungMuseum Geologi Bandung. gambar :

Berbagai kegiatan di museum yang dapat menambah pengetahuan antara lain:

Kunjungan pendidikan

Seperti namanya, Museum Geologi Bandung merupakan tempat yang sarat akan edukasi dengan harga yang cukup terjangkau. Di dalamnya, pengunjung akan menemukan berbagai koleksi museum serta informasi tentang setiap objek.

Pengunjung juga mendapatkan edukasi tentang nilai sejarah kehidupan manusia dan lingkungan alam. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi para pengunjung khususnya bagi siswa SD hingga SMA.

Museum ini menawarkan segudang pengetahuan tentang geologi sebagai hipotesis terjadinya bumi. Selain itu, ada juga tata surya, susunan tektonik regional, fosil manusia purba, pemetaan sumber daya mineral, dan lainnya.

Di ruangan lain juga terdapat informasi jenis bahaya geologi seperti tanah longsor atau letusan gunung berapi. Ada juga informasi mengenai penggunaan mineral dalam aktivitas sehari-hari.

Malam di Museum

Kegiatan ini pertama kali diadakan pada tahun 2015 dalam rangka memperingati Hari Tambang dan Energi. Acara Night at The Museum merupakan acara rutin setiap bulan yang waktunya akan diumumkan di media sosial Twitter @geomuzee.

Saat Anda menginjakkan kaki di museum, Anda akan mengingatkan pengunjung pada film “Night at The Museum” saat awal perjalanan disambut oleh kerangka dinosaurus. Ini adalah salah satu kegiatan yang paling menyenangkan untuk merasakan sensasi mengunjungi museum di malam hari.

Museum 3D

Ada sebuah ruangan di ujung barat gedung museum yang dipenuhi dengan gambar 3D prasejarah. Pengunjung bisa berfoto-foto yang hasilnya bisa langsung dicetak sebagai oleh-oleh.

Wisata ini terbilang unik karena pengunjung akan merasakan sensasi hidup di zaman prasejarah. Tentunya juga terus mengedukasi pengunjung tentang keberadaan zaman tersebut.

Baca: Saung Angklung Udjo Bandung: Tiket Masuk, Atraksi dan Pertunjukan 2018

Wisata kuliner

Pengunjung bisa mencicipi aneka kuliner di bazar makanan dengan aneka jajanan. Jajanan di sini tergolong jajanan setelah menjelajah malam di museum.

Pengunjung yang ingin mencoba aneka jajanan bisa mampir dulu di depan beberapa tenda yang berjejer. Makanan yang dibeli dapat dimakan di tempat atau dibawa pulang.

Penggalian fosil

Museum Geologi Bandung menyediakan wahana bagi anak-anak untuk menggali fosil sebagai penunjang pembelajaran. Bentuk arena ekskavasi berupa kolam pasir yang berisi berbagai replika fosil.

Kemudian anak-anak akan belajar membangun kembali tulang agar terlihat seperti binatang. Selain menyenangkan bagi anak-anak, kegiatan ini tentunya sangat mendidik untuk menambah pengetahuan mereka.

Taman batu

Wahana ini merupakan pelajaran praktis bagi pengunjung yang ingin mempelajari ilmu kebumian. Materi berupa ilustrasi sederhana yang mengajarkan bagaimana batuan terbentuk.

Ada puluhan batu yang dikelompokkan berdasarkan jenisnya dan diisi dengan nama dan tempat penemuan. Seperti Marmer Sukabumi, Batu Tulis Banten, Batu Kapur Klaten, dll.

Melalui bebatuan ini, pengunjung bisa belajar tentang proses pembentukan batu dan melihat contohnya. Seperti batuan sedimen dan metamorf yang terbentuk dari batuan beku yang mengalami proses pelapukan, pengendapan dan laminasi.

Setiap jenis batu dikumpulkan dari seluruh wilayah Indonesia untuk dipajang di taman. Sekarang batu-batu itu hampir hilang di tempat asalnya karena banyak yang menjualnya ke luar negeri.

Lihatlah fosil dinosaurus

Di aula utama, pengunjung akan disambut untuk pertama kalinya oleh fosil gajah purba, mammoth. Ada juga fosil T-Rex yang akan pengunjung temukan di ruang demonstrasi lantai 1. Setiap lantai memiliki tema yang berbeda-beda, misalnya lantai 1 bertema geologi Indonesia dan lantai 2 bertema kehidupan manusia.

Selain menyuguhkan pengalaman edukatif, di sini juga menawarkan sisi playful yang bisa dinikmati pengunjung.

Mengambil gambar

Pengunjung yang tidak ingin melewatkan pengalaman menarik di Museum Geologi Bandung pasti tertarik mengabadikannya melalui foto. Ada banyak spot foto menarik yang bisa dijadikan sebagai background sebuah foto.

Pengunjung bisa berfoto di Rock Gardens, Museum 3D atau tempat-tempat menarik lainnya untuk diabadikan. Namun, pengunjung harus tetap tenang saat mengambil foto agar tidak mengganggu pengunjung lain.

Fasilitas Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung memiliki fasilitas berupa auditorium untuk penyelenggaraan seminar, pemutaran film, ceramah dan sejenisnya. Ada juga ruang edukasi yang berfungsi sebagai tempat berdiskusi dengan kapasitas 40 orang.

Selain itu, terdapat toko souvenir yang menjual berbagai souvenir yang berhubungan dengan geologi seperti buku, kaos, gantungan kunci, berbagai aksesoris dan lain-lain. Ada juga fasilitas lain seperti masjid, poliklinik dan toilet yang disediakan untuk pengunjung.

Petunjuk transportasi umum ke Museum Geologi Bandung

Pengunjung Museum Geologi Bandung dapat memilih dua jalur alternatif, yaitu Gerbang Selatan dan Gerbang Utara. Untuk masuk melalui dua jalur tersebut, pengunjung dapat menggunakan angkutan berwarna hijau-hitam dengan nomor 05 jurusan Cicaheum-Ledeng. Kedua jalur ini juga ditempuh dengan angkutan 05 Cicaheum-Ledeng.

Alamat dan Kontak Museum Geologi Bandung

Lokasi Museum Geologi Bandung berada di Jalan Diponegoro No. 57, Bandung, Jawa Barat 40122. Kontak person yang dapat dihubungi untuk keperluan tertentu adalah 022-7213822. Atau Anda dapat menghubungi melalui email [email protected]. Pengunjung juga dapat mengikuti akun Twitter Museum Geologi Bandung di @geomuzee untuk mendapatkan update berbagai kejadian menarik.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button