Ada 3 titik kemacetan saat libur Nataru di Jombang, berikut jalur alternatifnya - WisataHits
Jawa Timur

Ada 3 titik kemacetan saat libur Nataru di Jombang, berikut jalur alternatifnya

jombang

Sejumlah titik rawan kemacetan atau hot spot diprediksi akan terjadi saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Jombang. Untuk mengantisipasi kemacetan, pihak kepolisian telah menyiapkan jalur alternatif yang dapat dilalui pengguna jalan saat melewati kota Santri.

Kabag Ops Polres Jombang Kompol Purwo Atmojo Nurmantyo mengatakan ada tiga titik rawan di Jombang. Pertama, Jalan Raya Tembelang-Ploso di Desa Sentul, Kecamatan Tembelang. Kemacetan di jalan arteri ini kerap disebabkan penumpukan kendaraan yang masuk melalui Jembatan Ploso baru.

Kedua, titik stagnasi juga diperkirakan terjadi di Jalan Raya Mojoagung. Tepatnya di Simpang 3 Gambiran. Kemacetan sering terjadi di tempat ini karena merupakan pertemuan aliran sungai dari Surabaya, Malang, dan Jombang.

“Ketiga, titik kemacetan akan terjadi di Jalan Raya Jatipelem. Karena ada proyek pembangunan jalan yang belum selesai dan harus dilalui. Kemungkinan jalan menyempit dan menyebabkan kemacetan,” ujarnya saat meninjau posko Operasi Semeru Lilin 2022 di Jalan KH Wahid Hasyim, Jombang, Jumat (23/12/2022).

Purwo memperkirakan puncak arus lalu lintas saat liburan tahun baru terjadi pada Sabtu malam (24/12/2022). Pengendara yang melintasi Jombang diminta mewaspadai 3 titik rawan kemacetan dengan memilih jalur alternatif yang telah disiapkan.

Misalnya melewati Jalan Tol Tembelang yang macet di Jembatan Ploso untuk kendaraan roda 4 yang datang dari Jombang menuju Lamongan. Dari arah sebaliknya, kemungkinan besar Anda akan mengambil jalan Ploso-Gedeg atau Ploso-Nganjuk.

Saat terjadi kemacetan di Jalan Raya Mojoagung, petugas mengarahkan arus lalu lintas ke Jalan Lingkar Mojoagung. “Kalau macet bisa terjadi di Jalan Raya Jatipelem Gudo, Expose ke Kediri dan sebaliknya,” terangnya.

Selain itu, Satlantas Polres Jombang telah mendirikan 5 posko keamanan, 6 posko pengawasan dan 1 posko pelayanan yang tersebar di beberapa wilayah kota pelajar. Semua posisi ditetapkan. Kabag Operasi dan Kapolres Jombang, AKP Rudi Purwanto, mengontrol langsung posko-posko tersebut.

“Pospam 5, Posyan 1 dan Pos Kontrol 6 sudah siap. Kami juga sudah menyiapkan pola lalu lintas dan memasang rambu-rambu agar pengguna jalan tidak tersesat,” jelas Rudi.

Dia mengimbau pengguna jalan untuk berkonsentrasi saat mengemudi dan menghormati pengguna jalan lainnya. “Jaga kesehatanmu, hati-hati. Jangan terlalu memaksakan diri, apalagi kalah di jalur cepat seperti jalan tol. Hati-hati di tempat wisata seperti Wonosalam karena banyak ngarai,” kata Rudi.

Simak Video “2,7 Juta Kendaraan Siap Mudik Nataru, Cara Jasa Marga Hindari Kemacetan”
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button