Bagus sekali! Scoot Airline mengoperasikan penerbangan umrah dari Balikpapan ke Jeddah - WisataHits
Jawa Timur

Bagus sekali! Scoot Airline mengoperasikan penerbangan umrah dari Balikpapan ke Jeddah

Bagus sekali!  Scoot Airline mengoperasikan penerbangan umrah dari Balikpapan ke Jeddah

Penumpang umrah mendapatkan bonus bagasi 5kg karena membawa air Zamzam.

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN — Maskapai penerbangan murah (pengangkut berbiaya rendah) Singapore Scoot Airline menawarkan perjalanan umrah dan terbang dari Balikpapan, Kalimantan Timur, melalui jalur darat di ujung Semenanjung Malaya menuju Tanah Suci.

“Dari Balikpapan ke Singapura naik pesawat Airbus 320, lalu ke Jeddah naik Boeing 787 Dreamliner,” kata Jemmy Lauwdi Balikpapan, general manager Singapore Airlines Group (SAG) Indonesia, Rabu (18/1/2023).

Scoot Airline adalah bagian dari SAG. Jemmy mengiklankan bahwa setiap penumpang mendapat jatah bagasi 30 kg ditambah 10 kg tas jinjing, jadi total 40 kg. Ditambah lagi 5kg dalam perjalanan pulang membawa air Zamzam.

“Pada penerbangan Singapura-Jeddah dan Jeddah-Singapura, penumpang diberikan selimut untuk dibawa pulang,” kata Jemmy.

Bagasi hingga 30 kg sering digunakan sebagai barang untuk penjualan maskapai penerbangan. Khususnya yang melayani tujuan wisata, baik wisata spiritual seperti perjalanan umrah maupun wisata minat khusus seperti perjalanan trekking ke Nepal atau mendaki Gunung Kilimanjaro di Tanzania. Rwanda Airline, serta Emirates Airline yang mengoperasikan rute ini, menawarkan fasilitas yang sama.

Scoot Airline saat ini sedang berekspansi ke Indonesia, termasuk Balikpapan. Sebagian alasannya, Kota Minyak kini juga menjadi penyangga IKN (ibukota nusantara), ibu kota baru Republik Indonesia.

Rencananya Scoot akan terbang ke Singapura dari Balikpapan setiap hari Senin pukul 09.00-11.35, Rabu pukul 11.15-13.50 dan Jumat sore, mulai minggu terakhir bulan Januari ini. Singapura dan Balikpapan menggunakan zona waktu +8 Greenwich Meridien Time (GMT), meskipun Singapura secara geografis berada di +7 GMT. Di pesawat, awak kabin akan menyebutkan bahwa tidak ada perbedaan waktu antara Balikpapan dan Singapura.

Sebelumnya, Silk Air sudah terbang langsung ke Singapura dari Bandara Internasional Sepinggan. Jadwalnya dua kali seminggu pada hari Jumat dan Senin. Ground handling seperti penjualan tiket dan lain-lain ditangani dari kantor kecil di Hotel Grand Senyiur di Jalan Aji Raden Syarif (ARS) Muhammad. Silk Air adalah penerbangan utama bagi ekspatriat minyak dan gas untuk mengurangi jarak dan waktu untuk kembali ke negara mereka di Eropa.

“Sekarang Silk Air sudah tidak beroperasi lagi per 2020, ganti dengan Scoot Airline,” lanjut Jemmy.

Silk Air juga milik SAG. Kantor Silk-Air di Grand Senyiur juga akan beroperasi tidak lama sebelum tahun 2020.

Menurut Jemmy, pihaknya meyakini ada peluang pasar di Kaltim dan sekitarnya. Untuk penerbangan perdana Scoot dari Balikpapan ke Singapura pada 27 Januari, lebih dari separuh kursi di Airbus 320 telah terisi. Dari 180 tempat yang tersedia, 100 sudah dipesan. “Tiket mulai Rp 1 juta,” kata Jemmy, berpromosi lagi.

Balikpapan merupakan kota kesembilan di Indonesia yang dimeriahkan Scoot dalam kompetisi terbangnya. Sebelumnya adalah Jakarta, Surabaya, Denpasar-Bali, Yogyakarta, Lombok, Makassar, dan Manado. Dari Jakarta, Scoot terbang 17 kali seminggu, Surabaya 7 kali, dari Bali yang merupakan tujuan wisata utama, 21 kali. Ada tiga penerbangan per minggu untuk rute Manado-Singapura. Ada dua penerbangan mingguan ke Singapura untuk Yogya, Lombok dan Pekanbaru.

Sumber: ANTARA

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button