10 Makanan Indonesia Yang Wajib Kamu Coba - WisataHits
wisatahits

10 Makanan Indonesia Yang Wajib Kamu Coba

Indonesia memiliki beragam masakan khas Indonesia yang sangat enak dan menggoda lidah untuk mencicipinya. Ada banyak makanan tradisional dan warisan ikonik dari berbagai pulau di Indonesia, yang harus Anda coba. daftar makanan khas indonesia di bawah ini akan menggambarkan berbagai masakan dari berbagai daerah di Indonesia.

Kumpulan makanan khas daerah di Indonesia berikut ini akan membantu Anda sebagai titik awal petualangan kuliner Anda. Jika Anda pernah jalan-jalan ke Indonesia dan menemukan hidangan favorit Anda di satu destinasi, mudah bagi Anda untuk tersandung ke satu destinasi dan mencari destinasi lainnya. Apa saja makanan khas daerah di Indonesia?

Daftar 10 makanan khas Indonesia

1. SATE Masakan Indonesia

sate indonesia

Sate adalah tusuk sate daging yang dimasak di atas arang. Sate sate bisa dibuat dengan ayam, kambing, kambing, atau kelinci dan biasanya disajikan dengan sambal kacang yang pedas. Namun, daging biasanya direndam dalam bumbu sebelum dimasak.

Hidangan lezat ini bisa Anda temukan di mana saja karena berbagai daerah di Indonesia hampir menawarkan tempat makan yang menjual sate. Anda pasti akan senang dengan Saus Kacang Madura ini setelah gigitan pertama Anda. Sate paling enak dimakan dengan lontong.

2. Masakan Indonesia BAKSO BEAT

bakso indonesia

Salah satu street food terbaik di Indonesia adalah bakso. Bakso adalah makanan yang begitu lembut dan kenyal, dibuat dengan daging ayam atau sapi atau bahkan kombinasi keduanya. Anda biasanya akan disajikan bakso dengan mie telur, bihun, telur rebus, tahu, cabai dan bawang goreng.

Siram kecap manis untuk lebih menikmati hidangan favorit yang lezat ini. Bahkan ketika mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama berkunjung ke Indonesia, dia mengaku bahwa bakso adalah salah satu makanan favoritnya di Indonesia!

3. GADO-GADO Masakan Indonesia

Makanan Khas Indonesia Gado Gado

Gado-gado adalah sejenis salad sayuran khas Indonesia yang terbuat dari sayuran seperti kol, wortel, kangkung, bayam, dan pare yang semua sayurannya telah direbus. Setelah itu, sayuran disajikan dengan tahu dan tempe goreng, lalu lontong atau ketupat.

Hidangan ini kemudian ditaburi dengan saus kacang manis dan pedas. Gado-gado juga hadir dalam berbagai variasi, tergantung dari pilihan sayuran yang digunakan.

4. Masakan Indonesia GUDEG

Masakan khas Indonesia Gudeg

Gudeg adalah hidangan masakan Indonesia yang membutuhkan sedikit kesabaran. Makanan khas Yogyakarta ini sedikit manis, karena menggunakan nangka manis sebagai bahan utamanya.

Baca juga: Tempat makan murah di jogja

Buah ini direbus dalam campuran santan, gula aren dan bumbu khas Yogyakarta selama beberapa jam hingga menghasilkan masakan yang sangat moist. Gudeg adalah pilihan tepat bagi Anda yang vegetarian.

Baca lebih banyak: Masakan khas Jogja

Gudeg akan disajikan dengan ayam goreng atau kulit sapi untuk sedikit tambahan protein. Hidangan ini juga sangat enak disajikan dengan nasi dan telur rebus. Gudeg paling enak adalah Gudeg Widjilan di Jl. Wijilan No.167, Panembahan, Keraton, Kota Yogyakarta.

5. Sop Buntut Indonesia

Sop buntut makanan khas indonesia

Sop buntut adalah salah satu sop daging yang enak. masakan Indonesia itu terutama ditemukan di Jawa Barat dan terdiri dari irisan buntut goreng atau panggang dalam saus bening.

Hidangan ini biasanya dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, merica, pala dan cengkeh. Selain buntut, sop buntut ini juga terdiri dari sayuran lezat yang bisa ditambahkan seperti kentang rebus, wortel, tomat, seledri, daun bawang dan bawang merah. Untuk rasa yang benar-benar segar, peras sedikit jeruk nipis atau lemon di atas sup buntut.

6. Rendang masakan Indonesia

Rendang Daging Sapi Indonesia

Jika Anda penggemar kari, Anda akan menyukai semangkuk rendang daging sapi. Masakan Indonesia ini lebih mirip kari daging sapi, tapi tanpa kuah. Rendang terbuat dari daging sapi yang dimasak perlahan dalam santan dan saus bumbu selama beberapa jam.

Rendang daging sapi bukanlah sesuatu yang akan Anda temukan di mana saja, karena dibutuhkan kesabaran dan keterampilan untuk membuat rendang daging sapi yang lezat. Anda bisa menemukan rendang yang enak di daerah Padang Sumatera Barat dan biasanya disajikan dengan nasi.

7. Masakan Indonesia PEMPEK

Rendang Daging Sapi Indonesia

Pempek adalah makanan khas Palembang. Nama pempek konon berasal dari seorang Tionghoa yang pertama kali menghidangkan makanan di Palembang, Sumatera Selatan. Pempek adalah makanan yang terbuat dari ikan dan tepung tapioka.

Makanan enak dan murah Ini tersedia dalam berbagai rasa, bentuk dan ukuran. Varian paling populer disebut kapal selam, isiannya termasuk telur di tengah. Taburi pempek Anda dengan bubuk udang dan celupkan ke dalam saus pempek. Kuah pempek sendiri terbuat dari cuka, cabai dan gula.

8. Masakan Indonesia KERAK TELOR

Makanan Khas Indonesia Kerak Telor

Kerak telor adalah makanan khas Betawi. Betawi adalah suku bangsa yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya. Nah, mencari kerak telur sendiri sangat mudah karena jika Anda berada di Jakarta, Anda akan sering menemukannya di kawasan Kota Tua dan Monas.

dapur tradisional itu adalah sejenis nasi goreng yang dimasak di atas arang dan dibuat dengan ketan dan telur. Hidangan seperti telur dadar ini biasanya diisi dengan bawang goreng dan kelapa parut. Kerak telor Anda bisa dipanggang dengan telur ayam atau telur bebek. Pilih bebek untuk rasa yang lebih atipikal, lebih berminyak, dan lebih enak.

Anda harus mengunjungi Pasar Baru Jakarta untuk mencoba beberapa masakan Betawi, Jawa, dan bahkan Aceh yang paling enak! Menikmati wisata kuliner di Jakarta adalah salah satu hal yang wajib dilakukan di Jakarta.

9. SOTO Masakan Indonesia

Soto makanan khas indonesia

Soto adalah sejenis sup daging tradisional yang dibuat dengan kaldu dan bumbu yang bervariasi di seluruh nusantara. Soto bisa diisi dengan ayam, kambing atau sapi dan disajikan dengan kol, wortel, dan bihun.

Perlu diingat bahwa soto ini biasanya ditaburi bawang merah yang renyah dan bawang putih goreng, kecap dan air jeruk nipis untuk menyempurnakan sajian sup ini. Jika Anda adalah orang yang suka pedas, akan lebih nikmat jika Anda menambahkan banyak sambal di atas kuah kuningnya.

10. NASI RAWON makanan Indonesia

Nasi Rawon Makanan Indonesia

Nasi rawon adalah hidangan daging sapi rebus dari Jawa Timur. Rawon memiliki rasa pedas dan warna hitam pekat karena penggunaan kacang tanah. Rawon adalah makanan khas Jawa Timur yang kaya akan rempah-rempah. Hidangan ini paling enak disantap dengan semangkuk nasi dan kerupuk.

Rawon sendiri terbuat dari daging sapi yang direbus lama dengan kacang untuk memberikan rasa pedas dan warna hitam pekat.

Setelah rawon ditambahkan bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit dan cabai merah agar enak dan pedas. Varian yang paling terkenal bernama Rawon Setan dan bisa kamu temukan di Surabaya, tepatnya di Jl. Embong Malang No.78/I, Genteng, Surabaya.

Nyatanya, kelezatan masakan nusantara tidak bisa digambarkan dalam 10 makanan khas indonesia pada. Masih banyak lagi masakan Indonesia yang enak yang bisa Anda jelajahi.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button