Curug Ngelay, air terjun unik dengan panorama luar biasa di Kuningan - WisataHits
wisatahits

Curug Ngelay, air terjun unik dengan panorama luar biasa di Kuningan

Curug Ngelay, air terjun unik dengan panorama luar biasa di Kuningan

Curug Ngelay adalah air terjun di Kuningan dengan ketinggian sekitar 100 meter. Air terjun ini memiliki dua aliran yang tidak terlalu besar dan pemandangan alam yang indah.

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Selamabe, Bagawat, Kec. Seljambe, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Kabupaten Kuningan menawarkan beberapa wisata air terjun yang menarik untuk dikunjungi. Sebagian besar air terjun masih sepi pengunjung, sehingga suasananya lebih syahdu. Jika wisatawan ingin menikmati suasana syahdu salah satu Air Terjun Kuningan, Air Terjun Ngelay wajib dikunjungi.

Air terjun ini tidak begitu ramai bahkan saat liburan. Penyebab kondisi tersebut bukan karena air terjun tersebut tidak menarik untuk dikunjungi. Namun, penyebabnya adalah tempat itu masih tersembunyi. Selain itu, medan untuk menuju kawasan wisata ini juga tidak mudah untuk dilalui.

Penduduk setempat menamai air terjun ini dengan nama “ngelay” (tetesan) karena air yang mengalir di air terjun ini memiliki aliran air yang kecil. Oleh karena itu, wisatawan sebaiknya datang ke sini saat musim hujan. Pada musim ini, air terjun tersebut memiliki debit air yang lebih tinggi dibandingkan pada musim kemarau. Dengan demikian, pemandangannya lebih megah.

Daya tarik yang ditawarkan oleh air terjun Ngelay

Daya tarik air terjun NgelayKredit gambar: Google Maps Fernanda Alif

Curug Ngelay bisa dibilang sebagai salah satu hidden gem pariwisata Kuningan. Air terjun ini memiliki beberapa daya tarik yang belum banyak diketahui orang. Selama ini, wisatawan yang sering berkunjung ke air terjun cantik ini adalah anak-anak muda pecinta alam. Daya tarik apa yang mereka temukan di sini?

✦ Air terjun yang unik dan indah

Curug Ngelay sedikit berbeda dengan curug lainnya. Aliran air yang mengalir di sini tidak sebesar aliran air di kebanyakan air terjun Kuningan. Namun air terjun ini tetap layak untuk dikunjungi karena keunikan dan keindahannya. Wisata air terjun ini terdiri dari air terjun yang jaraknya tidak terlalu jauh.

Kedua air terjun ini bersumber dari tebing setinggi sekitar 100 meter dan sangat luas. Meski tebing tempat mengalirnya memanjang hingga beberapa meter, mulut air terjun cukup sempit. Selain tinggi dan lebar, tebing ini juga memiliki bentuk yang agak unik, sedikit menurun. Jadi, air terjun ini juga bertingkat.

Keistimewaan lain dari air terjun Ngelay adalah kolam alaminya yang tidak terlalu besar dan relatif dangkal. Di beberapa bagian, kolam ini terlihat seperti genangan air, terutama di musim kemarau. Kolam tersebut berisi air yang bersih dan jernih dari air terjun. Sehingga, air di kolam ini cukup menyegarkan bagi wisatawan yang ingin bermain air di sini.

✦ Menantang Trekking

Air Terjun Ngelay yang berada di tengah hutan dan medan jalan yang sulit membuat perjalanan menuju ke sana terasa berat. Untuk menuju desa tempat air terjun ini berada, wisatawan harus menaiki kendaraan roda dua melalui jalan menanjak dan menurun.

Sesampainya di tempat parkir, mereka harus berjalan kaki beberapa ratus meter untuk sampai ke air terjun unik ini. Perjalanan ini cukup melelahkan bagi sebagian wisatawan. Namun, pemandangan di kanan kiri jalan berupa kebun warga, sawah dan hutan membuat perjalanan semakin menyenangkan.

✦ Suasana Alam yang Tenang dan Teduh

Daya tarik lain dari air terjun cantik ini adalah suasana alamnya yang tenang dan rindang. Luasnya air terjun yang berada di tengah hutan membuatnya terlindung dari kebisingan kota. Selain itu, tumbuhan yang hijau di sini membuat panorama air terjun semakin asri dan rindang. Sehingga air terjun ini cocok bagi wisatawan yang mencari ketenangan dan keteduhan.

✦ Udara segar dan bersih

Selain suasananya yang tenang dan rindang, air terjun unik ini juga menawarkan udara yang segar dan bersih. Udara yang kaya oksigen ini dapat membuat tubuh terasa segar dan berenergi. Dengan berlama-lama di air terjun, wisatawan bisa menghirup udara bersih dan segar sebanyak-banyaknya dan mendapatkan keuntungan darinya.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamatnya Curug Ngelay KuninganKredit Gambar: Google Maps Nani Suryani

Lokasi Air Terjun Ngelay berada di Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat tepatnya di Desa Begawat. Air terjun cantik ini berjarak sekitar 65 kilometer dari pusat kota Kuningan. Wisatawan yang ingin berlibur ke air terjun sebaiknya datang ke sini hanya dengan sepeda motor, karena sebagian akses ke lokasi hanya bisa dilakukan dengan sepeda motor.

Jika wisatawan memulai perjalanannya dari Alun-alun Kuningan, sebaiknya arahkan kendaraannya ke arah timur menuju Jl. Aria Kamuning di Jl. Veteran. Setelah itu lanjut ke Jl. Nanggeleng – Cirahayu dan arahkan motor ke Jl. Cipasung. Ikuti petunjuk arah Gmaps ke Jl. Raya Sejambe dan Jl. Tegal Gede di Begawat.

Begitu sampai di tempat parkir motor, mintalah izin kepada penjaga untuk memarkirkan motor dan membayar HTM. Setelah memarkir motor, ikuti jalan menuju air terjun cantik ini. Pada tur ini, ingatlah untuk memakai sepatu gunung atau sandal yang tidak licin. Selain itu, jangan lupa siapkan perbekalan karena air terjun ini jauh dari warung.

Air terjun Ngelay buka 24 jam sehari. Namun mengingat medan jalan yang agak sulit, perjalanan menuju atau dari air terjun unik ini sebaiknya dilakukan sebelum senja. Saat ingin berwisata ke sini, wisatawan hanya perlu menyiapkan uang sekitar Rp 5.000 untuk memarkir kendaraan dan memasuki kawasan air terjun.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas air terjun Ngelay KuninganKredit gambar: Google Maps Irlandia KT

Wisatawan yang berkunjung ke Curug Ngelay dapat melakukan berbagai aktivitas seru dan membuat liburannya semakin berkesan. Air terjun yang indah ini cukup banyak dikunjungi turis karena aliran airnya rendah dan beberapa tebing bisa dilompati atau didaki. Kegiatan wisata apa saja yang bisa dilakukan disini?

1. Ambil gambar

Aktivitas utama yang bisa dilakukan di air terjun unik ini adalah berfoto. Memotret Air Terjun Ngelay adalah suatu keharusan dan menjadi ajang pembuktian bahwa wisatawan mampu melintasi medan yang sulit untuk mencapai air terjun ini. Di sini, wisatawan bisa berpose dengan berbagai latar belakang, seperti air terjun, tebing, dan kolam air terjun.

2. Bermain air di air terjun Ngelay

Kegiatan lain yang bisa dilakukan di air terjun cantik ini adalah bermain air. Banyak wisatawan yang mau bersusah payah mendaki tebing setinggi sekitar 2 meter agar bisa merasakan air terjun yang mengalir secara langsung. Jika malas memanjat tebing, wisatawan bisa bermain air di kolam air terjun.

3. Bersantai menikmati keindahan alam

Setelah menyusuri jalan setapak menuju air terjun yang indah, wisatawan mungkin akan merasa lelah. Sambil bersantai, mereka bisa bersantai sambil duduk dan bersantai sambil menikmati keindahan alam. Agar kegiatan ini semakin nyaman dan menyenangkan, wisatawan bisa membawa tikar dan bekal piknik saat datang ke sini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Pemasangan air terjun Ngelay KuninganKredit gambar: Google Maps Irlandia KT

Curug Ngelay memiliki fasilitas yang sangat mendasar karena hanya warga setempat yang mengelolanya. Pemerintah belum mengambil langkah untuk mengembangkan wisata ini.

Fasilitas yang tersedia di sini adalah toilet dan area parkir. Toilet ini letaknya cukup dekat dengan air terjun, sedangkan tempat parkirnya agak jauh dari air terjun dan tidak luas.

Kuningan memiliki air terjun yang indah dan masih sangat alami. Nama air terjunnya adalah Curug Ngelay. Air terjun ini mengalir dari tebing yang sangat tinggi dan cukup lebar. Meski terbingnya lebar, mulut air terjun ini cukup sempit sehingga aliran airnya tidak deras, terutama di musim kemarau. Namun saat musim hujan, debit air terjun ini cukup besar.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button