Tiket dan Aktivitas CURUG SERIBU - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas CURUG SERIBU

Tiket dan Aktivitas CURUG SERIBU

Harga tiket masuk Air Terjun Seribu : Rp 10.000. Jam buka: 08:00 – 16:00. Nomor telepon: -. Alamat: Gunung Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810.

Air Terjun Seribu salah satu air terjun terbesar di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Dengan ketinggian air terjun sekitar 100 meter, merupakan air terjun tertinggi di Bogor. Air terjun ini memiliki pemandangan yang menakjubkan dengan pohon-pohon tinggi memenuhi sekitarnya.

Air terjun ini berada di ketinggian antara 750 hingga 1.050 meter di atas permukaan laut. Dinamakan Curug Seribu karena dinding batu air terjun ini dikelilingi banyak air terjun kecil. Sumber airnya berasal dari Gunung Salak dan mengalir ke arah Sungai Cikuluwung.

Harga tiket masuk Air Terjun Mille

Air terjun ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Oleh karena itu pengunjung harus membayar tiket TNGHS kemudian Air Terjun Seribu.

Harga tiket masuk Air Terjun Mille
Tiket masuk Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk CURUG NANGKA Bogor, Kegiatan dan Itinerary

Jam buka

Kawasan wisata air terjun ini beroperasi setiap hari, hari kerja, dan akhir pekan. Dengan jam buka dari pagi hingga sore hari. Sedangkan untuk kawasan Gunung Salak Endah beroperasi 24 jam sehari.

Waktu operasional
Senin minggu 08.00 – 16.00

Ragam aktivitas wisata di Seribu Air Terjun

Beberapa hipotesis muncul mengenai nama air terjun ini. Pendapat yang paling umum adalah bahwa daerah ini memiliki banyak air terjun kecil lainnya.

Namun pendapat lain mengatakan bahwa nama “seribu” diambil dari suatu tempat sekitar 1000 meter dari pintu masuk. Atau karena wisatawan harus menuruni sekitar 1.000 anak tangga untuk mencapai tempat ini.

Baca: Tiket Masuk Air Terjun Pangeran Bogor dan Kegiatan Wisata

lintas alam

Jalur pendakian menuju air terjun menyajikan panorama hutanJalur pendakian ke Air Terjun Seribu Bogor menawarkan panorama hutan. Foto: Instagram/retno4691

Curug Seribu terletak di lembah yang dalam, di antara dua lereng. Untuk menuju ke sana, wisatawan harus berjalan kaki sejauh tiga kilometer dari tempat parkir menyusuri lembah. Perjalanan sekitar 60 menit menuju lokasi air terjun cukup sulit.

Meski jalurnya terjal, panorama hutan di sekitar jalurnya sungguh luar biasa indahnya. Jalurnya berupa jalan setapak yang masih bagus di awal hingga jalan berbatu yang terjal. Di tengah perjalanan, wisatawan akan menjumpai beberapa mata air yang sejuk dan sangat jernih yang bisa langsung diminum.

Baca: Tiket Masuk dan Pesona Curug Ngumpet Bogor

Sering terlihat sekelompok monyet hutan bergelantungan di sepanjang jalan. Suara serangga dan burung juga menambah suasana. Begitu jalan berbatu semakin terjal, Anda akan mendengar gemuruh air terjun.

Menikmati pemandangan air terjun

Curug Seribu dengan ketinggian 100 meter merupakan air terjun tertinggi di BogorAir terjun dengan ketinggian sekitar 100 meter ini merupakan air terjun tertinggi di Bogor. Foto: Instagram/quadcopter_cibinong

Sesampainya di air terjun, wisatawan akan melihat air terjun dari ketinggian 100 meter. Air Terjun Seribu begitu besar dan dikelilingi oleh lembah yang sangat terjal. Suara arus meraung di sungai di bawah.

Dengan jarak yang tidak terlalu dekat, wisatawan sudah dapat merasakan hembusan angin. Angin membawa percikan air terjun dan membuat tempat itu sangat lembab.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Curug Leuwi Hejo

Air terjun ini berada di tengah-tengah lingkaran pepohonan yang besar, sehingga terkesan tersembunyi. Rimbunnya pepohonan di kanan, kiri dan atas kawasan memberikan nuansa mistis. Rimbunnya juga membuat suasana di sekitar air terjun sangat rindang dan dingin.

Berenang dan permainan air

Pengunjung bermain air di Air Terjun SeribuPengunjung bermain air dan merasakan kesejukan di sekitar Kawasan Wisata Air Terjun Seribu. Foto: Google Maps/Harry Muurling

Aliran air air terjun Mille berasal dari Gunung Salak. Itu sebabnya airnya sangat dingin. Namun airnya juga memiliki kesejukan yang membuat wisatawan siap berbasah-basahan.

Wisatawan tidak disarankan berenang langsung di bawah air terjun. Air terjun ini memiliki arus yang sangat deras. Kegiatan seperti berenang atau bermain air dapat dilakukan agak jauh dari debit air terjun.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Air Terjun Bidadari

Pengelola telah memasang penanda sebagai peringatan batas area untuk kegiatan rekreasi. Tali panjang direntangkan untuk menandakan bahwa wisatawan tidak boleh melewati batas.

Mengambil gambar

Nikmati keindahan air terjun yang begitu segar dan dingin tanpa melanggar batas peringatanBerfoto dengan latar belakang keindahan Curg Seribu Bogor yang begitu segar dan dingin tanpa melanggar batas peringatan. Foto: Instagram/bogorkotagreen

Selama perjalanan menuju air terjun, terdapat banyak tempat menarik bagi wisatawan untuk berfoto. Pemandangan indah dimulai dari pohon pinus di kanan kiri jalan di awal jalan. Semakin dekat ke air terjun, foto menarik berikutnya di latar belakang adalah panorama hutan dan perbukitan.

Sesampainya di air terjun, wisatawan bisa berfoto dengan latar aliran air yang deras dikelilingi pepohonan. Banyak pengunjung melakukan pose sedramatis mungkin dengan suasana mistis Air Terjun Seribu. Air terjun ini sangat indah dan terlihat seperti jatuh dari langit karena ketinggiannya.

Wisatawan juga bisa berfoto di bagian sungai yang dangkal. Bebatuan di sekitar air terjun memiliki bentuk yang unik sehingga cocok dijadikan latar selfie. Setiap sudutnya menampilkan suasana air terjun yang sangat alami yang seolah tak tersentuh.

Meredakan

Di objek wisata Curug Seribu, tersedia beberapa fasilitas untuk wisatawan. Antara lain MCK, tempat berlindungdan tempat makan.

Demi keamanan, juga dibangun pos jaga di sekitar air terjun. Fungsinya sebagai tempat untuk memantau debit aliran air.

Tersedia tempat parkir dengan kapasitas beberapa lusin sepeda motor. Sekitar 100 meter dari tempat parkir terdapat deretan penjual makanan dan minuman.

Lokasi Air Terjun Seribu

Wisata air terjun ini bertempat di kawasan wisata Gunung Salak Endah, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810. Atau sekitar 1,5 jam perjalanan dari kota Bogor.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button