10 Foto Curug Cinulang Sumedang: Harga Tiket Masuk, Atraksi, Aktivitas Seru - WisataHits
wisatahits

10 Foto Curug Cinulang Sumedang: Harga Tiket Masuk, Atraksi, Aktivitas Seru

10 Foto Curug Cinulang Sumedang: Harga Tiket Masuk, Atraksi, Aktivitas Seru

Air Terjun Cinulang – Wisata Air Terjun memang banyak sekali peminatnya, selain memiliki spot foto alam yang indah, air terjun menyuguhkan suasana yang sejuk dilengkapi dengan sumber mata air yang segar. Di beberapa tempat, air terjun memiliki namanya sendiri.

Misalnya di Malang dan sekitarnya, air terjun disebut Coban. Ada banyak Coban-Coban terkenal di Malang dan sekitarnya, seperti Coban Sewu, Coban Rondo, Coban Rais, Coban Pelangi, dll.

Di Jawa Barat, seperti di Bandung dan sekitarnya, air terjun ini disebut Curug. Disebut bagaimanapun air terjun tersebut masih memiliki keindahan alam yang menyejukkan mata. suara air yang jatuh dari atas menciptakan suara tersendiri yang menenangkan jiwa. Nah, Air Terjun Cinulang juga.

Foto via instagram.com @wisatakababupatenbandungFoto via instagram.com @wisatakababupatenbandung

informasi Umum

Alamat: Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang
Biaya masuk: Rp 15.000
Jam operasional: 08.00 – 17.00
Nomor telepon:
Sebuah peta: Peta Google

Air Terjun Cinulang merupakan air terjun yang berada di perbatasan antara Bandung dan Sumedang. Banyak orang menyebut Wisata Curug Cinulang Bandung atau Wisata Curug Cinulang Sumedang.

Secara spesifik, Curug Cinulang terletak di Kawasan Hutan Lindung Gunung Masigit Kareumbi, sekitar 38 Km dari Kota Bandung ke arah timur, tepatnya di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung.

Air Terjun Cinulang memiliki dua air terjun. Yang terbesar disebut air terjun “Utama” dengan aliran air yang begitu deras. Sedangkan yang lainnya memiliki aliran air yang tidak secepat air terjun utama.

Foto via instagram.com @atang_08Foto via instagram.com @atang_08

Ketinggian kedua air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 m. Selain memiliki pemandangan yang begitu indah, Curug Cinulang juga memiliki sejarah mistis.

Berbeda dengan lagu Curug Cinulang yang pernah dinyanyikan oleh artis legendaris Sunda bernama Darso yang liriknya mengatakan bahwa Curug Cinulang adalah tempat yang cocok untuk berhubungan intim.

Mitos yang beredar saat ini adalah jika ada pasangan yang hendak menikah datang ke Curug Cinulang maka hubungan mereka akan kandas, begitu pula sebaliknya jika yang datang masih lajang maka mereka akan mencari jodoh. Dan itu hanya mitos, jadi jangan khawatir guys.

Yang lebih unik lagi, di luar dugaan kita sudah bisa melihat uap air yang dihasilkan oleh Air Terjun Sumedang ini lho guys. Saking seringnya di Curug Cinulang kamu akan menemukan pelangi yang melintas, jika beruntung kamu pasti bisa melihat pelangi tersebut.

Oh ya, kalau berencana ke Curug Cinulang, jangan lupa bawa baju ganti ya, karena main air atau tidak badan akan selalu basah karena lembab dimana-mana.

Petunjuk arah menuju lokasi air terjun

Foto via instagram.com @milamaemunFoto via instagram.com @milamaemun

Jalan menuju Curug Cinulang bisa diakses melalui kota Bandung atau Sumedang guys. Namun diantara kedua rute tersebut, rute yang paling sering dan mudah dijangkau adalah rute dari kota bandung, selain lebih cepat, rute dari kota bandung juga lebih aman dilengkapi dengan petunjuk.

Sebagai perbandingan, untuk mengakses Curug Cinulang dari kota Bandung dapat diasumsikan memakan waktu 1,5 jam melalui tol Cileunyi yang kemudian melewati Nagrek dan kemudian Cicalengka. Jalan ini relatif ramai dengan penduduk, jadi kita tidak perlu khawatir.

Berbeda dengan jalan Bandung, jalan Sumedang harus melalui jalan Cadas Prince yang relatif sering macet, lalu ambil jalan Simpang Pamulihan dan menuju ke arah kecamatan Cimanggung. Dari kecamatan Cimanggung juga terdapat dua jalur untuk menuju Air Terjun Cinulang.

Bisa dari Nagrek seperti jalan Bandung tadi, atau jalan Tegalmanggung yang kondisi jalannya lebih sempit, menanjak dan banyak tikungan, juga di jalan ini tidak ada rambu-rambu persinyalan dan jarang penduduknya.

Curug Cinulang Sumedang melalui Harapan RakyatCurug Cinulang Sumedang melalui Harapan Rakyat

Biaya masuk

Bagi wisatawan yang ingin menikmati pesona keindahan air terjun akan dikenakan biaya masuk. Setelah membayar tiket masuk, wisatawan akan mendapatkan tiket sebagai bukti bahwa wisatawan telah membayar.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp 15.000

Selain tiket masuk, wisatawan perlu membayar biaya parkir, cukup merogoh kocek Rp2.000 untuk memarkir kendaraan.

Reda

Curug ini sudah cukup dikelola secara mandiri yang sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Wisatawan sudah bisa menikmati fasilitas umum seperti mushola, tempat parkir, warung makan dan toilet. Dan juga bagi wisatawan yang ingin bermalam di sekitar lokasi air terjun, maka bisa menuju ke villa atau hotel di sekitar air terjun.

Air terjun yang menawarkan pesona alam yang asri ini sangat nyaman untuk dijadikan sebagai tempat berlibur bersama keluarga tercinta.

Keindahan Air Terjun Sumedang Cinulang

Foto via instagram.com @rahdiatna_sandiFoto via instagram.com @rahdiatna_sandi

Saat pertama kali menginjakkan kaki di tempat wisata di Sumedang ini, kesan pertama yang didapat adalah udara segar dan kesan air terjun yang masih alami.

Anda akan merasakan cipratan air berupa cipratan yang akan mengenai wajah dan badan anda, pastinya anda akan merasa sangat sejuk, badan anda akan menjadi lebih sejuk.

Curug Cinulang ini menawarkan udara sejuk khas daerah pegunungan, dengan airnya yang dingin membuat kita betah bermain air disini.

Foto via instagram.com@info.seputar.bandungFoto via [email protected]

Air terjun ini sendiri berada di lereng gunung yang lebih tepatnya berada di kawasan Gunung Masigit Kareumbi yaitu Taman Bulu. Jadi, sumber air air terjun ini berasal langsung dari pegunungan.

Air terjun kembar ini mengalir sepanjang tahun, baik pada musim kemarau dan terutama pada musim hujan, namun tentunya ketika datang pada musim hujan, aliran air menjadi lebih penting.

Agar lebih seru lagi, wisatawan bisa mencoba sensasi terapi dengan mandi di bawah air terjun, Anda akan merasakan pijatan alami dari air yang jatuh dari ketinggian sekitar 50 meter.

Daya tarik

Air terjun ini memiliki 2 air terjun yang berdampingan melalui Google Maps @IMRONAir terjun ini memiliki 2 air terjun yang berdampingan melalui Google Maps @IMRON

Pesona air terjun alami ini menawarkan keindahan alam sekitar yang masih terjaga, hijaunya hutan membuat udara segar di sini semakin kaya dengan kandungan oksigen yang memenuhi paru-paru kita.

Daya pikat air terjun ini semakin mempesona karena kita akan disuguhkan langsung oleh dua air terjun yang berdampingan.

Dimana sebuah air terjun memiliki aliran air yang tinggi dan deras. Sedangkan air terjun lainnya memiliki aliran air yang lebih kecil.

Dinding di belakang air terjun memiliki dinding batu alam berwarna hitam. Juga dengan beberapa ruang hijau karena tanaman merambat dan lumut menutupinya.

Berenang di kolam alami

Berenang di kolam alami di bawah air terjun Cinulang via Google Maps @Muhammad YusufBerenang di kolam alami di bawah air terjun Cinulang via Google Maps @Muhammad Yusuf

Jika Anda berlibur ke Air Terjun Cinulang, jangan membawa pakaian ganti karena Anda tidak akan bisa menolak untuk melompat ke kolam yang sangat menyenangkan untuk dijadikan tempat berenang.

Dengan air yang sangat jernih dan sejuk membuat berenang di sini semakin seru. Di dasar kolam kita bisa melihat dengan jelas keberadaan bebatuan alam dengan bentuk yang tidak beraturan.

Pengunjung diperbolehkan untuk mandi di kolam alami ini, apalagi bagi anda yang bisa berenang dengan baik, anda bisa menjelajahi kolam ini lebih puas lagi.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan berendam di sini, berpose di antara bebatuan di kolam ini juga tidak kalah keren, dengan background air terjun tentunya.

Anda akan menyaksikan aliran air terjun yang akan mengalir melalui celah bebatuan menuju sungai. Jadi bagi wisatawan yang tidak bisa berenang, bisa bermain air sungai di bawahnya, sambil membasuh kaki di air tawar.

Menikmati air terjun di jembatan bambu

Spot foto di jembatan bambu tepat di depan air terjun via Google Maps Tuty HerawatySpot foto di jembatan bambu tepat di depan air terjun via Google Maps Tuty Herawaty

Jembatan bambu ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan air terjun dari dekat, dan juga merupakan spot Instagrammable yang perlu Anda abadikan.

Namun tentunya harus berhati-hati, jangan terlalu ramai di jembatan bambu ini. Jembatan di depan air terjun merupakan jalur untuk menuju kawasan air terjun.

Mendarat di jembatan ini bisa menjadi pilihan karena Anda tidak akan terciprat air terjun. Sehingga Anda dapat mengambil gambar sebanyak yang Anda inginkan tanpa terganggu dengan cipratan air yang dapat membasahi pakaian Anda.

Ada warung makan di sekitar air terjun

Foto via instagram.com @wisatakababupatenbandungFoto via instagram.com @wisatakababupatenbandung

Setelah seharian bermain air, tentunya kita akan merasa lelah dan lapar, maka dari itu warung makan yang ada di sekitar air terjun ini bisa membantu perut keroncongan Anda.

Warung makan berperan penting dalam menunjang tempat wisata agar ramai dikunjungi wisatawan, apalagi jika menawarkan harga yang murah.

Di warung makan ini wisatawan bisa membeli makanan atau pelepas dahaga, namun jika tidak ingin mengeluarkan uang lebih tentu harus membawa bekal dari rumah, nanti bisa menikmati sembako tersebut di sekitar air terjun.

Juga jangan lewatkan: 16 Tempat Makan di Sumedang

Keunikan Air Terjun Cinulang diabadikan dalam lagu

Foto via instagram.com @gilang__28Foto via instagram.com @gilang__28

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, karena keindahan air terjun Cinulang ini, salah satu artis ternama Indonesia mengabadikannya dalam bentuk lirik lagu.

Banyak artis yang menyanyikan lagu untuk aksi ini, mulai dari Iis Tanjung, Yana Kermit, hingga Yayan Jatnika yang memiliki suara memukau.

* * * * *

Demikian ulasan air terjun cinulang yang dapat kami sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi berlibur untuk Anda dan orang tersayang. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen liburan Anda kemudian membagikannya ke jejaring sosial Anda, agar objek wisata yang Anda kunjungi semakin terkenal.

Kunjungi juga: 10 Destinasi Wisata Alam di Sumedang yang Paling Banyak Dikunjungi

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button