Jalur KA Makassar-Parepare diyakini dapat mendongkrak perekonomian Sulawesi Selatan - WisataHits
Yogyakarta

Jalur KA Makassar-Parepare diyakini dapat mendongkrak perekonomian Sulawesi Selatan

Jalur KA Makassar-Parepare diyakini dapat mendongkrak perekonomian Sulawesi Selatan

Jalur KA Makassar-Parepare diyakini dapat mendongkrak perekonomian Sulawesi Selatan

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) optimistis keberadaan jalur KA Makassar-Parepare akan mendorong pertumbuhan ekonomi di…

Sabtu, 21 Januari 2023 23:00 WIB Kereta Api (KA) Makassar-Parepare, Sulawesi Selatan Share Bisnis A-A+.Liputan6.bisa dijadikan jalur alternatif saat jalan tol atau jalur pantura macet.

ANTARA/HO-Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Tentu saja peningkatan kecepatan ini akan terus meningkat seiring dengan penyempurnaan konstruksi jalur yang sedang kita lakukan hingga benar-benar beroperasi untuk masyarakat Jakarta (ANTARA) – Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) melihat keberadaan KA Makassar optimistis – Parepare dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) secara signifikan. Dalam kunjungannya ke proyek tersebut, Sabtu (21/1/2023), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, saat ini sedang dilakukan pengerjaan jalur kereta api Maros-Mandai dan masih dalam tahap pembangunan. Di beberapa tempat terjadi kendala terkait pembebasan lahan. Dirjen Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan Risal Vasal menjelaskan berbagai upaya telah dilakukan DJKA, di antaranya mendorong pemanfaatan gedung stasiun untuk mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) setempat. titik di mana tidak ada solusi untuk pembebasan lahan.” Mungkin k “Ke depan, stasiun-stasiun ini akan memiliki kafe, tempat nongkrong, dan kuliner lokal yang bersumber dari UMKM yang dikurasi,” kata Risal dalam keterangan tertulis yang dirilis di Jakarta, Sabtu telah diterima . Pekerjaan konstruksi akan dilanjutkan,” jelas Budi Karya dikutip dari siaran pers, Sabtu (21/1/2023). 110 km/jam Menurut dia, kondisi lintasan cukup baik dan merupakan tempat rekreasi yang terbentang dari Pelabuhan Ratu hingga pantai-pantai di Yogyakarta.

“Perbaikan konstruksi dan pemadatan struktur tanah dan pemberat pada jalur kereta api ini memungkinkan peningkatan kecepatan pada ruas-ruas tertentu,” kata Risal. “Itu mendukung percepatan penyelesaian sehingga kita bisa melanjutkan pekerjaan konstruksi,” kata Menhub Budi dalam keterangannya, Sabtu (21/01/2023) dalam meninjau progres proyek pembangunan KA Makassar-Parepare Ruas jalur yang sudah memiliki batas kecepatan hingga 100 km/jam antara lain ruas km 74, km 90 dan km 18 hingga km 44 di seksi B dan seksi F. Dengan peningkatan kecepatan tersebut, waktu tempuh KA Makassar-Parepare jalur Maros-Garongkong dapat ditekan dari semula 86 menit menjadi 68 menit. Karya mencatat animo masyarakat terhadap jarak tempuh kereta api adalah r sangat tinggi: “Tentunya seiring dengan penyempurnaan pembangunan lintasan yang sedang kita lakukan, peningkatan kecepatan ini akan semakin meningkat hingga nantinya benar-benar dioperasikan untuk melayani masyarakat,” ujar Risal. dilakukan pada Desember 2022. KA Terbatas Stasiun Garongkong-Maros Selain karena pembangunannya hampir selesai, ia juga menjelaskan pengoperasian KA kecepatan sedang hingga tinggi dimungkinkan dengan menggunakan jalur kereta api dengan Lepar. 1. Sejumlah objek wisata di sepanjang jalur merupakan salah satu daya tarik utama yang menarik orang untuk naik kereta api.

Lebar jalur KA Makassar-Parepare adalah 435 mm. Lebar jalur KA Makassar-Parepare berbeda dengan jalur KA Pulau Jawa dan Pulau Sumatera yang umumnya menggunakan lebar 1. Kemudian, Wisata Alam Hutan Mangrove Dewi Biringkassi dekat Stasiun Labakankang, Taman Tonasa, Danau Hijau Balocci dan Taman Purbakala Sumpang Bita dekat Stasiun Pangkajene, Kampoeng Karst Rammang-Rammang, Taman Purbakala Leang Leang dan Danau Toakala terdekat dari Stasiun Rammang-Rammang, Pantai Tak Bergelombang , Wisata Alam Mangambang, dan Air Terjun Bantimurung dekat Stasiun Maros yang menjadi salah satu daya tariknya. 067mm. “Dengan ukuran lebar ini, KA ini akan bisa melaju lebih cepat dan membawa muatan lebih banyak dibandingkan KA di Jawa,” ujarnya. Sekarang 60 km/jam bisa sampai 110 km/jam, nanti juga ada integrasi moda transportasi pendukung, jelasnya. ng untuk menghubungkan setiap stasiun dengan tujuan wisata terdekat, serta Danau Toakala dekat Stasiun Rammang Rammang, Pantai Tak Bergelombang, Wisata Alam Mangambang dan Air Terjun Bantimurung dekat Stasiun Maros.

Selain itu, banyak destinasi wisata alam unggulan di Sulsel di sepanjang jalur kereta api, Kementerian Perhubungan juga menyiapkan angkutan bus dengan program buy-the-service dari Stasiun Mandai hingga Bandara Sultan Hasanuddin sebagai moda terpadu. transportasi. Salah satunya, Taman Geopark Karst Rammang-Rammang yang dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 5 menit dari Stasiun KA Rammang-Rammang ini juga menegaskan bahwa aspek keselamatan dalam pembangunan perkeretaapian akan tetap menjadi prioritas seiring percepatan dan penyempurnaan pembangunan. Ia mengatakan KA Makassar-Parepare tidak hanya melayani penumpang, tetapi juga melayani distribusi logistik dengan mengangkut KA barang, antara lain di Pelabuhan Garongkong dan Kawasan Industri Semen Tonasa dan Bosowa. Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan hubungi Liputan Fact Check nomor 6 melalui WhatsApp. “Kami sudah lakukan agar tidak ada perlintasan sebidang di jalur ini untuk meminimalisir kemungkinan insiden terkait perjalanan kereta api,” ujarnya. Risal.

Lanjut membaca:
betweennews.com » {{judul halaman}}

Memuat berita…

Pesan tidak dapat dimuat.

Penyelesaian jalur kereta api Makassar-Parepare masih menghadapi kendala, kata menteri perhubungan dalam sebuah pernyataanPenyelesaian pembangunan jalur kereta api Makassar-Parepare (KA) masih terkendala pembebasan lahan, khususnya untuk jalur Maros-Mandai.

Proyek KA Makassar-Parepare terkendala pembebasan lahanMenteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta percepatan pengerjaan jalur kereta api Makassar-Parepare untuk ruas Maros-Mandai.

Dishub pantau jalur Pansela untuk arus mudik 2023, perbaiki lampu jalan dan rambu lalu lintas – Tribunnews.comJalur Pansela dapat dijadikan jalur alternatif saat jalan tol atau jalur Pantura mengalami kemacetan. Jalan layang Gebang Cirebon Timur saat gelap gulita di malam hari

KA Makassar-Parepare tembus 110 km/jam, Maros-Garongkong kini 68 menitKA Makassar-Parepare terus melaju kencang. Kini kecepatannya mencapai 110 km/jam.

Menhub Dorong Percepatan Penyelesaian Jalur KA Maros-MandaiMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong penyelesaian KA Maros-Mandai (KA) yang merupakan bagian dari pembangunan KA Makassar-Parepare di Sulawesi Selatan. Menteri…

Cobalah Jalur Pansela: Jalan berliku yang membelah hutanJalur Pansela merupakan jalur pulang utama di Pulau Jawa bersama dengan dua jalur lainnya yang melintasi utara Jawa dan jalur yang melintasi Jawa tengah. Bagaimana kondisi jalur Pansela? Judulnya pansela tapi isinya hanya pansela banten, klik ok syarat semua garis panel harus didiskusikan

{{judul halaman}}

Memuat berita…

Pesan tidak dapat dimuat.

{{judul halaman}}

Memuat berita…

Pesan tidak dapat dimuat.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button