Liburan akhir tahun, baca tipsnya agar tidak tertipu biro perjalanan ilegal - WisataHits
Yogyakarta

Liburan akhir tahun, baca tipsnya agar tidak tertipu biro perjalanan ilegal

Rinaldi, Koordinator Bidang Pembinaan DPMPTSP Provinsi DKI di Jakarta, mengatakan masyarakat harus waspada terhadap biro perjalanan ilegal yang justru akan mengganggu liburan yang telah lama dinantikan. “Lima hari libur tapi mencari”Agen Perjalanan“Bisa sampai sebulan. Kemudian saya mencari selama sebulan tetapi malah menemukan yang palsu,” katanya.

Hal ini tentu sangat merugikan wisatawan. Bersama Asosiasi Biro Perjalanan Wisata Indonesia (Astindo), Rinaldi berbagi tips menghindari biro perjalanan ilegal

Tips menghindari agen perjalanan penipuan

Pertama, jangan mudah tergoda perjalanan terbuka murah. Kedua, cek legalitas biro perjalanan dan ketiga, cek harga biro perjalanan legal dan berizin lainnya.

“Misalnya harganya jauh, misalnya yang tinggi itu Darimana Rendah ini mencurigakan. Kita harus ‘Bandingkan apel-ke-apel‘” ujar Madeiline Sophie, PR Director Astindo DPP.

Keempat, berhati-hatilah saat melakukan transaksi dengan agen perjalanan. Kelima, perhatikan ulasan atau review oleh pengguna jasa biro perjalanan tersebut.

“Lalu ketika kita melakukan pembayaran, apakah kita membayar ke rekening perusahaan?ulasan‘hari ini kita bisa melihat’ulasan‘ di media sosial atau media lainnya,” kata Madeiline.

Keenam, tips yang bisa menjadi andalan Anda adalah memilih travel agent yang direkomendasikan oleh teman atau kerabat terpercaya. Tentunya dengan juga mengikuti langkah-langkah sebelumnya.

Madeiline menuturkan, menggunakan biro perjalanan saat liburan bisa membuat liburan lebih tenang dan tidak khawatir dengan berbagai hal yang muncul, namun syaratnya biro perjalanan yang dipilih adalah biro perjalanan yang berizin dan terdaftar di asosiasi biro perjalanan resmi. “Di seluruh Indonesia ada ya dan jika”Agen Perjalanan“Anggota Astindo harus legal,” ujarnya.

Baca juga: Apakah Anda ingin bepergian ke luar negeri dengan biro perjalanan? Simak dulu tips ini

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button