Nikmati keindahan Taman Sungai Mudal - WisataHits
Yogyakarta

Nikmati keindahan Taman Sungai Mudal

JAKARTA – Tidak salah jika Kulon Progo mendapat julukan “The Jewel of Java” atau Permata Pulau Jawa, karena kawasan ini didominasi oleh Perbukitan Menoreh yang puncaknya menawarkan panorama dari ketinggian. Hal ini mengukuhkan status Kulon Progo sebagai batu zamrud di Pulau Jawa merek Jewel of Java telah diluncurkan sejak 2011.

Kulon Progo tidak hanya sebatas perbukitan atau pegunungan dengan panorama yang mempesona, namun juga memiliki wisata alam lain yang tak kalah menarik, diantaranya adalah Taman Sungai Mudal.

Dilaporkan oleh Tanah air Indonesia, Mudal River Park merupakan objek wisata alam terbuka yang menawarkan pesona kolam pemandian yang berasal dari mata air alami. Sumbernya muncul dari sebuah goa, sehingga keberadaan Taman Sungai Mudal seakan “memecah” kesan hantu sebuah goa.

Selain itu, fasilitas penunjang yang ada di destinasi tersebut membuat para wisatawan semakin betah berada di sana. Berada di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Taman Sungai Mudal menjadi salah satu destinasi wisata unggulan saat liburan.

Jika menilik sejarahnya, Mudal River Park mendapatkan momentum pertama kali sekitar tahun 2011 dari program pembersihan selokan yang dijalankan oleh masyarakat setempat. Niat awal hanya sebatas upaya masyarakat untuk membersihkan saluran mata air yang berasal dari goa, karena airnya jernih dan masyarakat selalu memanfaatkannya untuk kebutuhan sehari-hari.

Masyarakat akhirnya menyadari potensi besar dan pesona alam dusun Banyunganti. Sejak saat itu, pekerjaan dimulai untuk menjadikan kawasan itu sebagai objek wisata, termasuk membangun kolam dari mata air. Selain itu, fasilitas penunjang lainnya pun ditata. Di ujungnya ada pemandangan taman yang sangat bagus dengan cekungan air yang terlihat eksotis.

Bukan hanya kolam

Kalau ditanya mengapa istilah “Mudal” digunakan untuk menamai tempat wisata ini, maka nama “Mudal” sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti “keluar”. Salah satu kegunaan “mudal” adalah keadaan air yang selalu melimpah, tidak pernah surut, dan jernih sehingga dapat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.

Atraksi yang ditawarkan berupa kolam renang atau pemandian. Air di kolam pemandian ini jernih dan didominasi warna hijau tosca. Wisatawan yang datang ke sini akan sulit menahan keinginan untuk tidak berenang di kolam tersebut, apalagi saat cuaca sedang cerah.

Kolam ini juga dirancang dengan baik. Ada dua kolam untuk dewasa dan anak-anak. Fasilitas tambahan seperti cincin apung juga tersedia di kolam pemandian Taman Sungai Mudal.

Tidak hanya kolam renang, terdapat juga taman yang menjadi daya tarik utama di Taman Sungai Mudal. Banyak yang menyebut taman ini sebagai taman surga turun temurun di tanah Kulon Progo. Taman mengelilingi area kolam yang dihiasi dengan bunga-bunga indah, jalur pendakian terorganisir, dan beberapa gazebo untuk relaksasi. Fasilitas pendukung di kawasan taman ini merupakan bagian dari keindahan taman.

Menambah kemeriahan wisata di Taman Sungai Mudal adalah ragam wahana yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. bagaimana Flying Fox, perkemahan dan tempat berburu foto. Lokasinya juga dekat dengan air terjun Kembang Soka dan Kedung Pedut. Selain itu, Taman Sungai Mudal juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang dapat diakses oleh semua wisatawan, seperti tempat parkir, toilet, kantin, paviliun dan fasilitas pendukung lainnya untuk berenang.

Untuk menuju ke lokasi Taman Sungai Mudal, jalan dari kota Yogyakarta ke tempat wisata ini berjarak sekitar 32 kilometer dengan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan. Koneksi jalannya bagus dan bisa dilalui dengan sepeda motor atau mobil.

Mudal River Park buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Wisatawan yang berkunjung ke Taman Sungai Mudal dikenakan HTM sebesar Rp 10.000 per orang, harga tersebut belum termasuk wisatawan yang ingin menggunakan wahana yang ditawarkan di Taman Sungai Mudal.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button