9 pilihan wisata indoor di Jogja yang asyik saat hujan - WisataHits
Yogyakarta

9 pilihan wisata indoor di Jogja yang asyik saat hujan

9 pilihan wisata indoor di Jogja yang asyik saat hujan

Jogja akhir-akhir ini sering hujan. Rasanya malas keluar rumah dan ingin tidur seharian. Namun hujan bukan berarti Anda tidak bisa berlibur. Ada banyak rekomendasi tempat wisata indoor di Jogja yang asyik untuk dijelajahi. Tak hanya museum, ada beberapa wisata berpemandu yang dijamin tidak akan membosankan. Yuk cek di bawah ini informasi seru seputar wisata Jogja saat musim hujan!

1. Keraton Yogyakarta

9 wisata indoor di Jogja yang tetap seru dikunjungi saat musim hujanhttps://www.kratonjogja.id/

Piknik di Jogja, jangan lupa ke keraton. Sebagai keraton resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, keraton ini terbuka untuk wisatawan.

Sejarah dan arsitektur bangunan Keraton sangat penting untuk menambah pengetahuan dan banyak tempat yang bisa dijadikan spot foto.

Alamat: Jalan Rotowijayan Blok Nomor 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta

jam operasi: Buka setiap hari mulai pukul 08.30 hingga 14.00 WIB, setiap hari Jumat hanya hingga pukul 12.00 WIB.

2. Parkir cerdas

9 wisata indoor di Jogja yang tetap seru dikunjungi saat musim hujanTempat wisata Taman Pintar di kota Yogyakarta. IDN Times/Tunggul Kumoro

Ingin mengajak anak atau keponakan bermain di luar rumah tapi takut hujan, coba kunjungi Taman Pintar. Meski ada beberapa wahana outdoor seperti perahu mini, namun permainan indoor juga tak kalah seru!

Misalnya, anak-anak dapat belajar dengan cara yang menyenangkan dan menyenangkan di planetarium dan gedung oval tanpa takut basah. Selain itu, Tamar Pintar juga memiliki kantin makanan. Jadi Anda bisa bermain dan ngemil di satu tempat!

Alamat: Jalan Panembahan Senopati Nomor 1-3, Ngupasan, Kapanewon Gondomanan, Kota Yogyakarta

jam operasi: Buka setiap hari, 08.30-16.00 WIB

Baca Juga: Liburan Sambil Belajar Budaya Jawa di Museum Ullen Sentalu

Baca Juga: 5 Kafe Dekat Keraton Yogyakarta, Tempat Kerja Nyaman

3. Taman sari

9 wisata indoor di Jogja yang tetap seru dikunjungi saat musim hujanIDN Times/Rexita Wardani

Anda juga bisa mampir ke Taman Sari di dekat Taman Pintar dan Kraton Jogja. Taman Sari adalah situs bekas pemandian dan taman Keraton Yogyakarta. Tiket masuk Taman Sari tidak mahal, hanya Rp 5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 15.000 untuk wisatawan mancanegara. Selain biaya masuk, wisatawan dikenakan biaya tambahan.

Di Taman Sari sebagian terbuka tetapi ada banyak pohon rindang untuk berteduh. Jika Anda ingin mempelajari sejarah Taman Sari, cara terbaik adalah menyewa pemandu wisata di Taman Pintar. Anda dijamin tidak akan rugi dengan menyusuri Taman Sari dan mendengarkan cerita para raja.

Alamat: Patehan, Kraton Kapanewon, Kota Yogyakarta

jam operasi: Buka setiap hari mulai pukul 09.00-15.00 WIB

4.Museum Affandi

9 wisata indoor di Jogja yang tetap seru dikunjungi saat musim hujanMuseum Affandi (instagram.com/karokarti)

Museum di Jogja tidak selalu tentang kejadian dan sejarah masa lampau, Museum Affandi bisa banget kamu kunjungi. Museum ini berisi sekitar 300 karya seni pelukis ulung Affandi dan potret dirinya yang terkenal. Tidak hanya lukisan, bangunan museum bermodel daun pisang juga menarik untuk dikunjungi.

Selain karya seni, sepeda dan mobil tua karya Affandi juga dipamerkan. Meski tiket masuknya tidak semurah museum lainnya, yakni Rp 25.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 50.000 untuk wisatawan mancanegara, pengalaman mengunjungi museum seni tidak terlupakan.

Alamat: Jalan Laksda Adisucipto Nomor 167, Papringan, Caturtunggal, Kapanewo Depok, Kabupaten Sleman

jam operasi: Buka Senin – Sabtu pukul 09.00-16.00 WIB

5. Museum Tentara Indonesia

9 wisata indoor di Jogja yang tetap seru dikunjungi saat musim hujanMuseum Tentara di Yogyakarta. (IDNTimes/Febriana Sinta)

Museum Pusat AD Dharma Wiratama TNI AD menjadi rekomendasi wisata indoor di Jogja. Dari depan, museum ini lebih terlihat seperti kantor TNI dengan halaman luas dan bangunan formal. Namun begitu masuk Anda akan menemukan berbagai koleksi yang berkaitan dengan TNI khususnya TNI Angkatan Darat.

Koleksinya cukup beragam, mulai dari senjata, tank, hingga seragam TNI kotak senjata terdiri dari peluru, amunisi dan bambu runcing asli yang digunakan oleh tentara. Jumlahnya tidak main-main, mencapai 900 buah. Seru!

Alamat: Jalan Jenderal Sudirman Nomor 75, Terban, Kapanewon Gondokusuman, Kota Yogyakarta

jam operasi: Buka setiap Selasa hingga Minggu, mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB

6. Benteng Vredeburg

9 wisata indoor di Jogja yang tetap seru dikunjungi saat musim hujanBenteng Vredeburg (instagram.com/museum.benteng.vredeburg)

Tidak jauh dari Malioboro terdapat Museum Benteng Vredeburg yang tak kalah seru untuk dikunjungi. Di tempat ini, wisatawan bisa mengenal sejarah Benteng Vredeburg ini. Masuk ke tempat ini juga murah, tiket hanya Rp 2.000 untuk wisatawan lokal muda dan Rp 3.000 untuk wisatawan lokal dewasa dan Rp 10.000 untuk wisatawan mancanegara.

Banyak koleksi yang bisa dilihat di Museum Benteng Vredeburg, antara lain diorama peristiwa, lukisan, model, miniatur dan lain-lain yang menggambarkan sejarah perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah.

Alamat: Jalan Margo Mulyo Nomor 6, Ngupasan, Kapanewom Gondomanan, Kota Yogyakarta

jam operasi: Bulka Selasa – Minggu pukul 08.00-15.00 WIB

Baca juga: Sejarah Museum Benteng Vredeburg di Jogja dan Sejarah Mistisnya

7. Diorama arsip Jogja

9 wisata indoor di Jogja yang tetap seru dikunjungi saat musim hujanDiorama Arsip Jogja (IDN Times/Dyar Ayu)

Mungkin belum banyak yang tahu tentang diorama arsip Jogja. Tempat ini menawarkan kesempatan untuk belajar sejarah dengan cara yang lebih menyenangkan, yaitu menggunakan teknologi Foxscreen, sehingga representasi masa Panembahan Senopati hingga Daerah Istimewa (DIY) mudah dipahami.

Untuk mengunjungi tempat ini anda harus mendaftar terlebih dahulu melalui website resmi Diorama Archives Jogja. Harga tiket masuk Rp 30.000 untuk umum dan Rp 20.000 untuk pelajar.

Alamat: Belakang Gedung Depot Arsip DPAD DIY, Jalan Wonocatur, Wonocatur, Banguntapan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul
jam operasi: Buka Selasa – Minggu pukul 09.00-16.00 WIB

8. Museum Ullen Sentalu

9 wisata indoor di Jogja yang tetap seru dikunjungi saat musim hujanPotret Museum Ullen Sentalu Yogyakarta (instagram.com/ullensentalu)

Di kawasan Kaliurang terdapat Museum Ullen Sentalu. Museum yang terletak di kawasan wisata ini memiliki suasana alam yang membuat udara tetap segar karena dikelilingi banyak pepohonan tinggi.

Ada berbagai koleksi menarik di Museum Ullen Sentalu seperti aneka batik dengan motif berbeda, balai gamelan, sejarah Keraton Solo dan Keraton Yogyakarta. Ada dua jenis wisata yang bisa Anda lakukan di sini, yaitu wisata Adiluhung Mataram dengan biaya Rp 50.000 per orang dan wisata Vorstenlanden dengan biaya Rp 100.000 per orang.

Alamat: Jalan Boyong KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman
jam operasi: Buka Selasa – Minggu buka dari 08.30-16.00 WIB

9. Museum Cokelat Monggo

9 wisata indoor di Jogja yang tetap seru dikunjungi saat musim hujanMuseum Cokelat Monggo (Google Maps/Pabrik Museum Cokelat Monggo)

Siapa yang suka cokelat? Pas banget, disini kamu bisa mengunjungi Museum Cokelat Monggo yang terletak di Bangunjiwo, Bantul. Di museum ini Anda tidak hanya bisa membeli coklat, tapi juga menikmati foto-foto yang bercerita tentang coklat dan melihat langsung proses pembuatan coklat.

Biaya masuk ke museum adalah Rp 15.000 per orang. Anda juga bisa menikmati jajanan es krim dengan berbagai rasa di kafe di sebelah museum.

Alamat: Jalan Tugu Gentong RT 03, Sribitan, Bangunjiwo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul
jam operasi: Buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 18.00 WIB

Cuaca mendung bukan alasan untuk bermalas-malasan di rumah, apalagi sekarang kamu tahu ada banyak tempat wisata indoor yang wajib dikunjungi di Jogja. Ayo rencanakan!

Baca juga: Jejak BJ Habibie di Taman Pintar Yogyakarta

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button