Air Terjun Kedung Pedut, Sesar Surga di Kulon Progo - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Kedung Pedut, Sesar Surga di Kulon Progo

Apakah Anda mencari air terjun yang mudah diakses di Jogja? Langsung saja ke air terjun Kedung Pedut. Selain banyak spot berenang, wisatawan juga bisa mencoba flying fox yang merupakan salah satu ikon populer dari tempat wisata ini.

Jam buka: 07.00-17.00 WIB
Harga tiket: Rp 5.000/orang
Kontak:
Alamat: Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674
Fasilitas umum: Masjid, Belvedere, Warung dan Flying Fox.
Akses jalan: Bagus
Toko: Ada
Peta daring: Tampilkan peta

Air Terjun Kedung PedutFoto (c) @sendohjogja

Liburan telah tiba saatnya mencari destinasi untuk dolan di berbagai tempat wisata menikmati waktu liburan agar tidak tersesat. Salah satu pilihan yang bisa dipilih adalah Yogyakarta, tempat ini memiliki jutaan pesona yang tiada habisnya.

Kulon Progo adalah wilayah yang menawarkan berbagai jenis wisata masa depan. Namun, daerah ini terlalu jauh dari Yogyakarta. Meski jauh, Kulon Progo menawarkan berbagai pemandangan menarik yang berjejer di antara perbukitan Menoreh.

Atraksi tersebut adalah Air Terjun Kedung Pedut. Penasaran dengan tempat ini. Mari kita lanjutkan penjelajahan kita tentang Kedung Pedut dibawah ini,

Air Terjun Kedung Pedut

Mengunjungi daerah ini seperti mimpi karena tempat ini seperti lukisan. Pemandangan air biru jernih dari Gunung Kelir. Dimana, tempat ini merupakan sebuah gunung kapur yang terletak di wilayah Kulo Progo dan juga Purworejo, Jawa Tengah.

Tempat wisata yang wajib dikunjungi bagi warga Kulon Progo ini baru dibuka pada tanggal 15 Februari 2015. Bagi warga sekitar Kedung Pedut, tempat ini disebut juga dengan taman air alami. Karena ada kolam renang alami yang bisa kita nikmati.

[artikel number=3 tag=”wisata-jogja,kulonprogo”]

Nah, sumber dari kolam yang terbentuk secara alami ini adalah dari air terjun deras Kedung Pedut. Salah satu daya tarik kawasan ini adalah adanya berbagai jenis kolam air yang menawan.

Nah, kolam ini memiliki warna yang berbeda-beda seperti hijau toska dan warna airnya yang sangat jernih. Nah, menikmati kawasan ini bisa dilihat dari atas gardu pandang. Pesona bebatuan biru dan karst akan memikat hati Anda.

Untuk menambah keindahan kawasan ini. pengelolaan, penambahan fasilitas jembatan. Nah, jembatan ini terbuat dari kayu solid. Biasanya di sini sahabat travel juga menggunakannya untuk selfie dan foto-foto saja.

Lalu ada juga kursi untuk sahabat traveling yang penat dan ingin istirahat. serta berbagai pancuran fotogenik bambu. Bayangan ini seperti berada di pedesaan dengan pemandangan yang luar biasa.

Berada di sini membutuhkan waktu lama. Karena berenang di kolam alami ini sangat menyenangkan. Tidak ada yang mengalahkan kesegaran air. Sehingga banyak rekan traveler yang rela berlama-lama.

Di bawah guyuran air dari kedung pedut, terdapat sebuah lubang yang memiliki kedalaman di sekitar dada orang dewasa. Tak jarang banyak sahabat traveling yang memanfaatkan cekungan ini untuk berenang atau melompat dari atas tebing. Menarik bukan?

Namun, banyak warga yang tidak merekomendasikan judi di sini. Sebab, kawasan ini cukup berbahaya dan bisa terjadi luapan air secara tiba-tiba. Jadi lebih baik untuk selfie di area ini dan aman.

Tempat ini memiliki 5 mata air yaitu Kedung Anyes, Kedung Lanang, Kedung Wedok, Kedung Merak dan Kedung Merang. Dimana, kelima kedung atau mata air tersebut memiliki kedalaman yang berbeda-beda. Dari 2 meter menjadi 5 meter.

Nah, menurut penelitian yang dilakukan para peneliti dimana, warna hijau toska di sini merupakan pantulan dari terik matahari. Matahari ini menerpa bebatuan pegunungan yang menorehkan

Nah, sumber utama air terjun ini adalah Sungai Mudal yang letaknya tidak jauh dari Kedung Pedut. Air dari Sungai Mudal juga menjadi sumber utama air untuk beberapa air terjun di kawasan Perbukitan Menoreh. Jangan lupa ulasan pengguna

LokasiAir Terjun Kedung Pedut

Lokasi Air Terjun Kedung Pedut berada di Dusun Bunga, Desa Jatimulya, Kecamatan Girimulya, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Titik titik adalah jalan pencobaan. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju tanggul.

Selanjutnya, mengendarai kendaraan ke atas bukit untuk sampai ke Goa Kiskendo. Setelah menempuh perjalanan sekitar 5 km dari goa ini, wisatawan belok kiri menuju tanda yang sudah ada di kawasan ini.

Jalan di kawasan ini naik turun. Namun, itu sangat halus. Dan cukup luas sehingga sesama traveller bisa sedikit bernafas lega saat mengunjungi kawasan ini. Setelah sampai di depan pintu masuk Kedung Pedut, Anda harus berjalan kaki selama 20 menit.

Perjalanan dari gerbang menuju titik lokasi memang sangat indah. Dengan berbagai pepohonan yang menjulang tinggi. Cobalah menghirup udara segar di area ini, oksigen ini akan menembus jauh ke dalam hati Anda.

Biaya masukAir Terjun Kedung Pedut

Untuk menikmati kawasan ini, Anda akan dikeluarkan sebesar 3 ribu rupiah. ditambah biaya parkir untuk mobil dikenakan tarif 5000 rupee. dan untuk kendaraan bermotor akan ditarik biaya sebesar 2.000 rupiah.

Bagi rekan-rekan traveler yang berkunjung ke kawasan ini, harap membuang sampah pada tempatnya. Demi menambah keindahan dan keindahan kawasan ini. Sebab, dengan adanya sampah, pemandangan akan kurang nyaman.

Galeri Foto Kedung Pedut

payudaraFoto (c) @dias.kurniawan

payudaraFoto (c) @faisalalauddin

payudaraFoto (c) @fibriantika21

payudaraFoto (c) @priyohers

payudaraFoto (c) @sendohjogja

payudaraFoto (c) @zkhrnb

Baca juga Kalibiru, Pelopor Wisata Bukit Indonesia

Air Terjun Kedung Pedut merupakan kawasan yang tidak boleh dilewatkan ketika rekan traveler berkunjung ke Kulon Progo. Rasakan kesegaran dan kesegaran alami kawasan ini. Jadi, kapan Anda ingin mengunjungi kawasan ini?

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button