Progres perkembangan IKN terkini di Nusantara, mulai dari lahan hingga perumahan bagi pekerja - WisataHits
Yogyakarta

Progres perkembangan IKN terkini di Nusantara, mulai dari lahan hingga perumahan bagi pekerja

YOGYAKARTA – Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara terus berlanjut. Kemajuan perkembangan IKN Nusantara akan terus dilaporkan.

Kemajuan perkembangan IKN Nusantara

Pembangunan mega proyek di Kaltim terkait IKN juga diawasi langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Baru-baru ini, Presiden Jakarta bertolak ke Kaltim untuk mengabarkan perkembangan perkembangan IKN hari ini, Selasa 25 Oktober.

Seperti diketahui, Pemerintah sedang membangun IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Ke depan, pemerintahan akan dikelola melalui IKN.

Saat ini, pembangunan infrastruktur IKN tahap 1 telah resmi dimulai, ditandai dengan penandatanganan kontrak kerja yang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 29 Agustus 2022.

Agenda Presiden di IKN Nusantara

Kunjungan Presiden Jokowi kali ini didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Rombongan Presiden berangkat menuju IKN melalui jalur laut dari Pelabuhan Semayang.

Dikutip dari kompasMenteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa kemajuan pengembangan IKN sedang dalam tahap Membersihkan atau pembukaan lahan. Selain itu, beberapa apartemen dibangun untuk para pekerja yang mengawasi proyek tersebut.

Rencananya akan dibangun 22 apartemen di IKN. Sementara itu, dua apartemen telah dibangun, sisanya akan dibangun secara bertahap.

Pembangunan Fisik di IKN

Kepala Otoritas Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono juga memastikan pembangunan fisik di IKN tetap berjalan, termasuk pembangunan infrastruktur dasar. Juga menjamin ketersediaan air baku melalui pembangunan Bendungan Sepaku Semoi.

“Karena air merupakan salah satu kebutuhan pokok kota Nusantara dan untuk air baku ini kita siapkan Bendungan Sepaku Semoi,” ujarnya dalam acara pre-market sounding Proyek Ibu Kota Negara di Djakarta Theater, Jakarta Pusat. pada 18 Oktober 2022, dikutip suara keluar tempo.

Terkait Bendungan Sepaku-Semoi, Kepala Satgas Pembangunan Bendungan Sepaku-Semoi Badan Daerah Aliran Sungai (BWS) Kalimantan IV Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah Zulaidi tentang kemajuan pekerjaannya melaporkan pembangunan .

Dia mengatakan progres pembangunan bendungan tersebut sudah mencapai 70 persen dan diharapkan selesai pada Desember 2022. Sebelumnya ada kendala pembebasan lahan untuk pembangunan bendungan, tapi targetnya Oktober 2022 semua sudah siap.

Pembangunan bendungan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan air bersih, tetapi juga untuk pengendalian banjir dan akan digunakan sebagai waduk pariwisata dan konversi DAS Tengin Baru di Kecamatan Sepaku.

Pengembangan nol IKN

Pembangunan Titik Nol Ibukota Negara (IKN) Nusantara saat ini sedang dilakukan sedemikian rupa sehingga ditutup sementara untuk umum. Pada hari biasa, tempat ini menjadi pusat atraksi bagi masyarakat sekitar.

Paviliun berhiaskan ornamen Kalimantan Timur juga dibangun di area Titik Nol IKN. Di sisi kanan pendopo, sekitar 100 meter, terdapat tulisan besar “Titik Nol Nusantara”. Titik ini dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat wisata.

Sementara itu, di sebelah kanan tulisan “Titik Nol Nusantara” terdapat plang yang mengarah ke beberapa kota besar di Indonesia, seperti Rote, Papua, Jakarta dan lain-lain.

Untuk menuju lokasi Titik Nol IKN, wisatawan harus menaiki puluhan anak tangga yang terpancar dari halaman depan pendopo.

Demikian informasi terkait progres perkembangan IKN Nusantara. Untuk informasi menarik lainnya, kunjungi VOI.ID.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button