Aroma kopi Flores menarik perhatian delegasi KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo - WisataHits
wisatahits

Aroma kopi Flores menarik perhatian delegasi KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo

Aroma kopi Flores menarik perhatian delegasi KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo

Piknikdong.com – Delegasi dan Panitia Pelaksana KTT ASEAN ke-42 2023 dari berbagai negara menyerbu sejumlah objek wisata termasuk pusat penjualan souvenir di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kota Wisata Super Premium yang terletak di ujung barat Flores ini lebih semarak.

Aroma kopi Flores menarik perhatian delegasi KTT ASEAN ke-42 2023Aroma Kopi Flores Pikat Delegasi KTT ASEAN ke-42 2023, foto: Kemenparekraf

Tak terkecuali tiga titik yang menjadi tempat pameran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang layak dikunjungi menurut rekomendasi panitia, seperti Gua Batu Cermin, Lapangan Waikusambi, dan Waterfront.

Demikian disampaikan Kepala Sub Bidang Festival dan UMKM Desa Tuan Rumah Bank NTT Reinhard Djo saat dikonfirmasi, Kamis (11/5/2023).

Sejumlah tamu mulai berdatangan ke ketiga lokasi tersebut dan melihat dari dekat berbagai oleh-oleh dan olahan makanan yang disiapkan. Salah satunya adalah Kopi Flores.

“Puluhan tamu mancanegara benar-benar menikmati kenikmatan Kopi Flores di deretan warung UMKM di Gua Batu Cermin,”

kata Reinhard.

Menurut Reinhard, para tamu terpikat dengan aroma dan cita rasa kopi yang sangat kental yang disajikan.

“Banyak tamu yang mengunjungi lokasi festival budaya Side Event KTT ASEAN 2023 dan mencicipi berbagai makanan ringan serta makanan yang dibuat dari produk lokal,”

kata Reinhard.

KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat. Salah satu dampak ekonomi dirasakan bagi para penggiat kopi asli NTT, khususnya kopi dari daratan Flores.

Dari pantauan di lapangan, para delegasi KTT ASEAN tampak menikmati kopi asli NTT baik di acara sampingan maupun acara utama, yang disuguhkan langsung oleh para pengusaha kopi lokal NTT di lokasi.

Perlu diketahui bahwa kopi NTT tersebar luas di beberapa wilayah daratan Flores, Sumba, Timor, Alor dan lain-lain.

Tercatat sekitar 13 kabupaten merupakan daerah penghasil kopi yang kualitas dan kuantitasnya terus dikembangkan oleh pemerintah bekerja sama dengan berbagai komunitas penggiat kopi NTT.

Ketua Dekopi NTT (Dewan Kopi Indonesia) Bony Romas mengatakan, beberapa varian kopi NTT yang cukup terkenal dan tua adalah kopi Arabika Bajawa, Arabika Manggarai, Robusta Manggarai, Yellow Caturra Manggarai, Red Bourbon Manggarai, Juria Mangarai.

“Yellow Catura Bajawa banyak diminati oleh penikmat kopi baik lokal maupun internasional karena dianggap salah satu yang terbaik dan berasal dari Bajawa, Kabupaten Ngada.”

dia berkata.

Begitu pula dengan spesies Juria Manggarai yang berasal dari desa Colol, Kabupaten Manggarai.

Pria ini adalah kafe tua yang enak dan telah dipelihara secara tradisional oleh masyarakat setempat.

(InfoPublik Eko Budiono/TR/Elvira)

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button