Hanya ada 33 pantai di DIY yang memiliki posko pengawasan dan anggota SAR Linmas yang menjadi insentif bagi wisatawan. - WisataHits
Yogyakarta

Hanya ada 33 pantai di DIY yang memiliki posko pengawasan dan anggota SAR Linmas yang menjadi insentif bagi wisatawan.

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DIY mulai menyiagakan anggota Satlinmas SAR Special Rescue di 33 pantai jelang libur akhir tahun 2022.

Kendati demikian, masyarakat diminta tetap waspada dan mematuhi anjuran saat berlibur di pesisir selatan Yogyakarta.

Pasalnya, dari total lebih dari 100 pantai di selatan Yogyakarta, hanya 33 pantai yang memiliki posko pengawasan bersama petugas Satlinmas Rescue SAR Khusus.

Baca juga: Peringatan Cuaca BMKG Besok, Sabtu 19 November 2022: Daftar Daerah Potensi Hujan Lebat

Masyarakat yang berlibur di pantai diminta untuk melapor kepada petugas Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) jika pantai yang dikunjungi tidak memiliki Pos Pengamatan atau Petugas Satlinmas SAR Khusus Penyelamat.

“Kemarin satri datang dari Sukoharjo jam 5 pagi dan tidak melapor ke petugas. Juga masuk ke Pantai Seruni, tidak ada petugas Satlinmas SAR di sana, kami mendapat laporan kejadian itu dari masyarakat,” kata Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad, Jumat (18/11/2022).

Ia berharap masyarakat yang berkunjung ke pantai tersebut, terutama saat cuaca ekstrim seperti saat ini, mengikuti anjuran petugas yang ada di lokasi.

“Karena masih banyak pantai yang belum ada anggota Satlinmas Rescue SAR. Yang baru saja kami tugaskan adalah 33 pantai. Sekarang ada 100 pantai lagi di DIY,” kata Noviar.

Noviar tidak hanya mengimbau masyarakat untuk waspada, tetapi juga menegaskan seluruh infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) disiapkan untuk menyambut libur akhir tahun 2022.

“Kami sudah menyiapkan jet ski dan perahu jukung. Staf kami juga sudah dilatih, ada pelatihan SAR dan diving setiap tahunnya,” ujarnya.

Masyarakat diminta untuk mengidentifikasi ciri-ciri pantai tempat mereka ingin berlibur.

Noviar menjelaskan, papan informasi tingkat bahaya sudah dicetak di setiap pantai.

“Semuanya ada di sana. Jadi berhati-hatilah, misalnya di Pantai Parangtritis ombaknya agak tenang. Kalaupun arus di bawah kuat karena ada palung. Nah, orang tidak tahu itu,” jelasnya.

Baca juga: Anies Baswedan Bertemu Tim Kecil PKS, Nasdem dan Demokrat, Topik Apa yang Dibahas?

Kepala Linmas Satpol PP DIY Nur Hidayat menambahkan, saat ini 328 anggota Satlinmas SAR Special Rescue bertugas jaga di 7 wilayah.

Pihaknya mengapresiasi kerja keras para staf Satlinmas SAR Special Rescue yang telah bekerja keras tanpa pamrih.

“Kami memiliki 328 anggota, tentu saja mereka bekerja tanpa pamrih. Dan kemarin, saat ada korban laut di pantai Seruni, anggotanya cepat dan dalam waktu singkat korban meski sudah tidak bernyawa bisa ditemukan,” pungkasnya. (HD)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button