Pantai Balekambang, Wisata Pantai dengan Pesona Pulau dan Pura di Malang - WisataHits
wisatahits

Pantai Balekambang, Wisata Pantai dengan Pesona Pulau dan Pura di Malang

Pantai Balekambang merupakan salah satu tempat wisata bahari yang unik dan eksotis di Malang. Pantai yang memiliki pesona keindahan yang begitu menakjubkan, terutama hamparan pasir halus, pulau-pulau dan candi-candinya.

Harga tiket: Rp20.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Balaikambang, Srigonco, Kec. Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Pantai Balekambang sering disebut sebagai Tanah Lot Jawa Timur. Pantai yang terletak di Malang ini memiliki pasir putih yang indah dan air laut yang jernih. Pantai ini diresmikan sejak tahun 1983 oleh Eddy Slamet selaku Bupati Malang saat itu sebagai tempat wisata kabupaten Malang.

Wisata bahari ini menyuguhkan panorama pantai yang eksotis. Pantai ini memiliki nilai lebih karena bentang alam dan topografinya yang mirip dengan Tanah Lot di Bali. Suasana sejuk dan semilir angin yang sejuk membuat siapa saja yang datang berlama-lama di sini ingin betah.

Selain pantai, di kawasan objek wisata ini terdapat wisata religi, wisata budaya, dll. Wisatawan akan dibuat takjub dengan berbagai jenis keindahan alam yang ada di objek wisata ini. Apalagi fasilitas di sini juga memadai untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

Atraksi Pantai Balekambang

Aktivitas Pantai BalekambangKredit gambar: Google Maps Dhini Kusumawardani

Pesona surga bahari di Malang ini tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya. Hamparan laut biru yang membentang luas dan indah akan menyambut para wisatawan yang datang. Ada sebuah pura di salah satu pulau karang. Pantai dan lingkungannya yang terawat baik menarik wisatawan. Suasana sejuk dan udara segar memenuhi tempat wisata ini.

1. Pantai Eksotis

Pantai ini memiliki berbagai macam hal yang menarik dan akan memanjakan mata para wisatawan. Pantai yang bersih dan rapi ini memiliki pasir putih dan dihiasi bebatuan. Deretan pepohonan menambah keindahan objek wisata ini. Pada waktu-waktu tertentu, wisatawan dapat menyaksikan perpaduan keindahan alam pertemuan laut dan matahari saat matahari terbit dan terbenam.

2. Mengunjungi pulau di sekitar pantai

Hal lain yang dapat dinikmati wisatawan di objek wisata ini adalah mengunjungi tiga pulau indah yang berdiri di atas bebatuan di sekitar pantai Balekambang. Ketiga pulau tersebut adalah Pulau Anoman, Pulau Ismoyo dan Pulau Wisanggeni. Wisatawan dapat mengunjungi pulau-pulau satu per satu untuk menjelajahi dan menikmati pesona masing-masing pulau. Pulau-pulau tersebut mudah diakses, wisatawan hanya perlu menyeberangi jembatan beton yang menghubungkan pantai dengan pulau.

3. Pura Amartati Jati

Di antara tiga pulau di sekitar Pantai Balekambang, ada pulau yang terkenal, yaitu Pulau Ismoyo. Di pulau Ismoyo terdapat sebuah pura yang masih aktif digunakan oleh umat Hindu. Pura tersebut bernama Pura Amarta Jati.

Biasanya pada hari raya Nyepi, pura ini digunakan untuk acara peribadatan umat Hindu. Karena pura merupakan tempat suci dalam agama Hindu, maka wisatawan diwajibkan untuk mengikuti aturan yang berlaku di sana. Khusus bagi wanita yang sedang haid, dilarang memasuki pura.

Alamat, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Balekambang

Harga Tiket Pantai BalekambangKredit gambar: Twitter menara batu

Wisata pantai ini terletak di Jawa Timur tepatnya di Dusun Sumber Jambe di Kabupaten Bantur, Malang, Jawa Timur. Kawasan wisata ini buka setiap hari. Selama jam buka, area ini dapat diakses 24 jam sehari.

Tempat-tempat wisata tersebut dapat diakses dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika Anda memulai dari Malang, pantai ini dapat ditempuh dalam waktu 2 jam dengan jarak tempuh sekitar 60 km.

Jika Anda menggunakan transportasi umum, perjalanannya cukup sulit. Rute yang akan ditempuh wisatawan adalah dari Terminal Arjosari Malang menuju Terminal Gadang menggunakan angkutan umum.

Kemudian, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Pangelaran atau Gondanglegi dengan menggunakan transportasi menuju Bantur. Selain itu, wisatawan dapat menggunakan ojek untuk menuju kawasan objek wisata.

Untuk dapat menikmati keindahan alam yang ditawarkan oleh pantai Balekambang, Anda perlu menyiapkan tiket masuk sebesar Rp 20.000. Harga tiketnya tentu sangat terjangkau. Apalagi dibandingkan dengan keindahan pantai yang ditawarkan saat berada di lokasi.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Balekambang

Aktivitas di Pantai BalekambangKredit gambar: Twitter Saya

1. Perkemahan

Di objek wisata ini diperbolehkan untuk berkemah. Wisatawan tidak akan dikenakan biaya tambahan untuk berkemah karena pantai ini tidak menyediakan jasa sewa untuk keperluan berkemah, sehingga wisatawan harus mempersiapkannya sendiri.

Wisatawan yang datang bisa menikmati panorama alam yang luas sambil bersantai di perkemahan. Bisa mengadakan pesta alam sederhana dengan membuat api unggun sambil makan dan diiringi musik dan suara ombak.

Sangat keren jika dilakukan bersama-sama. Selain itu, wisatawan harus berhati-hati untuk tidak terlalu dekat dengan pantai untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti tenda yang hanyut oleh ombak.

2. Bersantai dan berjemur

Wisatawan juga bisa duduk atau berjemur di tepi pantai. Waktu terbaik untuk berjemur adalah di pagi hari saat matahari tidak terlalu terik. Atau bisa juga pada sore hari saat matahari mulai terbenam.

Deburan ombak memberikan ketenangan untuk bersantai wisatawan. Kios-kios di sekitar kawasan ini menawarkan jasa sewa tikar yang bisa dijadikan tikar. Jadi wisatawan tidak perlu khawatir.

3. Berenang dan rekreasi di pantai

Salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi pantai ini adalah berenang. Selain berenang, masih banyak hal menarik lainnya yang berhubungan dengan air, seperti bermain permainan air. Wisatawan bisa leluasa bersantai di tempat ini.

Wisatawan harus menghormati batas yang ditetapkan oleh agen dan harus berhati-hati dengan ombak. Petugas selalu berada di pantai untuk memantau aktivitas wisatawan berenang atau bermain.

4. Mengunjungi Pura Amarti Jati

Hal yang menarik untuk dilakukan di pantai Balekambang adalah mengunjungi Pura Amarti Jati. Bentuknya yang sangat mirip dengan pura Tanah Lot membuat tempat ini sayang untuk dilewatkan.

Untuk sampai ke pura, Anda harus menyeberangi jembatan yang menghubungkan pantai dengan pulau Ismoyo. Anda juga bisa mengabadikan momen saat menyeberangi jembatan di atas laut, namun sangat penting untuk diketahui bahwa wisatawan yang sedang haid dilarang memasuki area pura ini.

5. Mainkan flying fox

Di Pantai Balekambang terdapat wahana yang cukup menantang untuk memacu adrenalin. Wahananya adalah rubah terbang. Game ini sudah ada di pantai ini sejak tahun 2012. Namun, kamu hanya bisa menikmati game ini pada hari-hari tertentu. Karena itu hanya bekerja pada hari Sabtu dan Minggu.

rubah terbang Melintasi tepian daratan hingga ke ujung laut, tak heran jika permainan ini menjadi favorit karena pemandangan indah pantai yang indah ini terlihat jelas saat menaiki flying fox ini.

6. Memancing

Jika Anda suka memancing, pantai ini juga merupakan tempat yang tepat untuk memancing. Pantai berbatu tentu menyimpan banyak biota laut seperti ikan-ikan yang hidup di sana.

Untuk itu, jika Anda ingin merasakan sensasi memancing ikan di sini, Anda perlu menyiapkan alat pancing dari rumah. Anda bisa membawa pulang hasil memancing atau mengolahnya di pantai.

7. Berburu Kuliner di Zona Pantai

Setelah seharian beraktivitas di tempat wisata ini, berburu kuliner menjadi pilihan yang tepat untuk menghilangkan rasa lapar sambil beristirahat. Di area pantai banyak terdapat kafe dan warung yang menjual makanan dengan harga terjangkau.

Untuk harga satu porsi, mulai dari Rp 10.000,- hingga Rp 25.000,-. Menariknya, Anda diperbolehkan makan di pinggir pantai. Namun, Anda tetap wajib menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

8. Bermain di sungai kecil

Bagi anak kecil yang ingin bermain aman di kawasan pantai ini, terdapat sungai kecil yang bisa digunakan. Selain itu, layanan sewa ban juga ditawarkan di sini.

9. Berburu Suvenir

Kurang kalau jalan-jalan tapi tidak pulang membawa oleh-oleh. Untuk itu pihak pengelola telah menyediakan lokasi kios oleh-oleh di sekitar pantai ini. Toko ini menawarkan berbagai jenis suvenir mulai dari pakaian, topi, dll. Harga yang ditawarkan relatif terjangkau.

Wisatawan dapat membeli oleh-oleh untuk diri sendiri atau dibagikan sebagai oleh-oleh. Wisatawan yang tidak membawa baju ganti karena basah bisa membelinya di toko-toko tersebut.

Penginapan murah dekat pantai Balekambang

Akomodasi di Pantai BalekambangKredit gambar: Google Maps Ambyar

1. Hosting Wibisono II

Asrama Wibisono II adalah sebuah hostel yang terletak 0,24 km dari Pantai Balekambang. Hostel ini tepatnya berada di Bantur. Hostel ini menawarkan pelayanan yang baik dan harga yang bagus. Hostel ini memiliki berbagai fasilitas. Layanan hotel yang tersedia meliputi meja depan 24 jam dan keamanan 24 jam.

2. Fira Homestay

Fira Homestay adalah sebuah hostel yang terletak 0,61 km dari pantai. Hostel ini tepatnya berada di Bantur. Hostel ini memiliki berbagai fasilitas. Layanan hotel yang tersedia meliputi meja depan 24 jam dan keamanan 24 jam.

3. Homestay Dhilpratis

Homestay Homestay Dhilpratis adalah sebuah resor 0,69 km dari pantai eksotis ini. Homestay Homestay Dhilpratis memberikan pelayanan yang baik dengan harga yang terjangkau. Hostel ini cukup mudah diakses karena dekat dengan fasilitas umum. F

4. Kamar Ekonomi di Istana Laut 1

Kamar Ekonomi di Istana Laut 1 adalah sebuah hostel yang terletak 8,38 km dari Pantai Balekambang. Hostel ini terletak di Donomulyo. Hostel ini memiliki berbagai fasilitas. Layanan hotel yang tersedia meliputi bagian penerima tamu 24-jam. Tersedia fasilitas ruang kantor. Aksesibilitas meliputi parkir untuk penyandang cacat dan jalan untuk penyandang cacat.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Balekambang Malang

Fasilitas Pantai BelekambangKredit gambar: Google Maps Paramitalaras

Fasilitas umum menjadi faktor penting bagi kenyamanan pengunjung. Untuk itu, Pengelola Tempat Wisata telah menyediakan fasilitas tersebut untuk kenyamanan pengunjung.

Fasilitas yang disediakan di kawasan wisata ini cukup lengkap. Fasilitas yang tersedia antara lain penginapan, toilet, mushola, warung makan dan warung minum. Selain itu, terdapat fasilitas pendukung lainnya antara lain toko oleh-oleh dan persewaan tikar.

Pantai Balekambang sering disebut sebagai Tanah Lot Jawa Timur. Tak heran keindahannya mampu membius para wisatawan yang datang. Jadi, ketika waktu liburan tiba, pantai ini menjadi tempat utama para pelancong.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button