Pesona Keindahan Pantai Balekambang, Dengan Keindahan Pulau Malang - WisataHits
Jawa Timur

Pesona Keindahan Pantai Balekambang, Dengan Keindahan Pulau Malang

Pantai Balekambang sering disebut sebagai Tanah Lot Jawa Timur. Terletak di Malang, pantai ini memiliki pasir putih yang indah dan air laut yang jernih. Pantai ini telah diresmikan sebagai objek wisata di Kabupaten Malang sejak tahun 1983 oleh Eddy Slamet selaku Bupati Malang saat itu.

Wisata laut ini menyuguhkan panorama pantai yang eksotis. Pantai ini memiliki nilai lebih karena bentang alam dan topografinya yang mirip dengan Tanah Lot di Bali. Suasana sejuk dan semilir angin yang segar membuat Anda ingin berlama-lama.

Baca juga: Destinasi wisata Bukit Paralayang dengan pemandangan di atas awan yang menakjubkan

Selain pantai, terdapat wisata religi, wisata budaya dan lain sebagainya di kawasan objek wisata ini. Wisatawan akan dibuat takjub dengan berbagai keindahan alam yang ada di objek wisata ini. Apalagi fasilitas di sini juga cukup menunjang kebutuhan para wisatawan.

Atraksi Pantai Balekambang

Pantai Balekambang

Pesona surga laut di Malang ini memang tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya. Hamparan laut biru yang terbentang luas dan indah akan menyambut wisatawan yang datang. Ada sebuah pura di salah satu pulau karang. Pantai dan lingkungannya yang tertata rapi menjadi daya tarik bagi wisatawan. Suasana sejuk dan udara segar memenuhi tempat wisata ini.

1. Pantai Eksotis

Pantai ini memiliki banyak sekali hal yang menarik dan akan memanjakan mata para wisatawan. Pantai yang bersih dan terawat ini memiliki pasir putih dan dihiasi bebatuan. Deretan pepohonan menambah keindahan objek wisata ini. Pada waktu-waktu tertentu, wisatawan dapat menyaksikan perpaduan keindahan alam melalui pertemuan laut dan matahari saat matahari terbit dan terbenam.

2. Mengunjungi pulau di sekitar pantai

Hal lain yang dapat dinikmati wisatawan di objek wisata ini adalah mengunjungi tiga pulau menakjubkan yang berdiri di atas bebatuan yang mengelilingi pantai Balekambang. Ketiga pulau tersebut adalah Pulau Anoman, Pulau Ismoyo dan Pulau Wisanggeni. Wisatawan dapat mengunjungi pulau-pulau secara individual untuk menjelajahi dan menikmati pesona masing-masing pulau. Pulau-pulau tersebut mudah diakses, wisatawan hanya perlu menyeberangi jembatan beton yang menghubungkan pantai dengan pulau.

3. Pura Amartati Jati

Di antara tiga pulau di sekitar Pantai Balekambang, ada pulau yang terkenal yaitu Pulau Ismoyo. Di pulau Ismoyo terdapat sebuah pura yang masih aktif digunakan oleh umat Hindu. Pura tersebut bernama Pura Amarta Jati.

Biasanya pura ini digunakan untuk acara pemujaan umat Hindu pada hari raya Nyepi. Karena pura adalah tempat suci agama Hindu, wisatawan harus mengikuti aturan yang berlaku di sana. Khususnya wanita yang sedang haid dilarang memasuki pura.

Alamat pantai Balekambang, lokasi, rute dan biaya masuk

Pantai Balekambang

Wisata pantai ini terletak di Jawa Timur, lebih tepatnya Dusun Sumber Jambe di Kabupaten Bantur, Malang, Jawa Timur. Kawasan wisata ini buka setiap hari. Area ini dapat diakses 24/7 selama jam operasional.

Objek wisata dapat dicapai dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika Anda berangkat dari Malang, Anda bisa mencapai pantai ini dalam waktu 2 jam dengan jarak tempuh sekitar 60 km.

Jika menggunakan angkutan umum, rutenya cukup sulit. Rute yang harus dilalui wisatawan dimulai dengan angkutan umum dari terminal Arjosari Malang menuju terminal Gadang.

Kemudian wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Pangelaran atau Gondanglegi dengan menggunakan transportasi menuju Bantur. Selain itu, wisatawan dapat menggunakan ojek untuk menuju tempat wisata tersebut.

Untuk menikmati keindahan alam Pantai Balekambang, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000. Harga tiketnya tentu sangat murah. Apalagi dibandingkan dengan keindahan pantai yang ditawarkan lokal.

Fasilitas di Pantai Balekambang Malang

Fasilitas umum menjadi faktor penting dalam kenyamanan pengunjung. Untuk itu pengelola tempat wisata telah menyediakan fasilitas tersebut untuk kenyamanan para pengunjung.

Fasilitas di kawasan wisata ini cukup lengkap. Fasilitas yang tersedia antara lain shelter, toilet, mushola, warung makan dan stand minuman. Ada juga fasilitas penunjang lainnya, antara lain toko oleh-oleh dan persewaan tikar.

Pantai Balekambang sering disebut sebagai Tanah Lot Jawa Timur. Tak heran karena keindahannya mampu memukau wisatawan yang datang. Jadi, ketika waktu liburan tiba, pantai ini menjadi spot utama para traveler.

Source: intrik.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button