Bupati Blora Jalin Sinergi dengan Raja Mangkunegara X untuk Majukan Budaya - Halo Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

Bupati Blora Jalin Sinergi dengan Raja Mangkunegara X untuk Majukan Budaya – Halo Semarang

HALO SURAKARTA – Pura Mangkunegaran dan Pemerintah Kabupaten Blora sepakat bekerja sama untuk memajukan budaya tradisional kedua daerah. Melalui kerja sama ini, Pemerintah Kabupaten Blora dan Pura Mangkunegara dapat menggelar acara budaya bersama.

Pernyataan kerjasama itu disampaikan Bupati Blora Arief Rohman pada Selasa (13/9/2022) usai kunjungan Puro Mangkunegaran ke kota Surakarta.

“Dia tertarik dengan Blora, yang sebelumnya merupakan bagian dari wilayah kami, tetapi ternyata masuk ke Mangkunegaran juga. Sebelumnya kami telah mengajukan buku tentang potensi Blora dan menyampaikan berbagai potensi seni budaya mulai dari Barongan, Tayub, Sedulur Sikep Samin, Wayang Kulit dan lain-lain,” kata bupati saat dipublikasikan blorakab.go.id.

Arief Rohman mengatakan Raja Mangkunegara X, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo juga mendukung pengembangan budaya ini.

“Ternyata Kangjeng Gusti Mangkunegara X mendukung perkembangan budaya ini. Mungkin kita akan bekerja sama untuk konsep acara budaya atau bagaimana konsepnya akan dibahas lebih lanjut. Insyaallah jika ada kesempatan, Desember mendatang kami akan undang ke Blora untuk rangkaian HUT nya mendalami budaya bersama-sama,” ujar Bupati.

Sesampainya di Pura Mangkunegaran didampingi istri Ainia Shalichah, Bupati Blora langsung disambut oleh Raja Mangkunegara X, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.

Mereka bertiga dan rombongan kemudian berdiskusi terbatas di kediaman Puro Mangkunegaran.

Diskusi berlangsung sekitar 30 menit dengan hangat dan santai sambil menikmati teh hangat dan kue-kue yang disajikan oleh abdi dalem Mangkunegaran.

Bahkan Bupati dan istrinya menerima Samir Puro Mangkunegaran berwarna hijau dan kuning, yang dikenakan langsung oleh Raja Mangkunegara X. Bupati juga diundang untuk berfoto bersama raja di kantornya.

“Alhamdulillah bisa bertemu dengan Kanjeng Mangkunegara X, Bhre Sudjiwo. Karakter raja muda yang cerdas, pandai, visioner dan antusias melakukan inovasi-inovasi pelestarian budaya,” ujar Bupati.

Sementara itu, Kanjeng GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo mengungkapkan kegembiraannya atas kunjungan Bupati Blora.

“Terima kasih Pak Bupati atas kunjungannya. Omong-omong, saya belum pernah ke Blora. Insya Allah saya akan berkunjung kembali ke Blora. Jika saya punya waktu untuk pergi ke Thailand saya pasti akan mencoba pergi ke Blora yang lebih dekat. Kami menunggu undangan Bupati,” kata Kanjeng GPH Bhre Sudjiwo.

Menurutnya, yang membuat setiap daerah berbeda dan menarik adalah budayanya.

Sehingga mendorong setiap daerah untuk aktif melestarikan kekayaan budayanya sebagai daya tarik wisata yang dapat memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi kotamadya, termasuk Blora.

“Saya setuju dengan bupati untuk melestarikan budaya lokal. Mangkunegaran bersedia mendukung kerjasama dan sinergi. Anda pasti tahu Blora dengan kekhasannya, begitu juga dengan Mangkunegaran. Bersama-sama kita jaga budaya nenek moyang kita,” sambungnya.

Usai diskusi bersama, Kanjeng GPH Bhre Sudjiwo pun sempat mengantar bupati masuk ke pelataran Puro Mangkunegaran. Turut hadir Asisten Tata Usaha Sekda Blora, Camat Kota Blora dan sejumlah warga Mangkunegaran asal Blora. (HS-08).

Source: halosemarang.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button