16 Wisata Dieng Wonosobo yang Indah dan Menakjubkan! - WisataHits
Yogyakarta

16 Wisata Dieng Wonosobo yang Indah dan Menakjubkan!

Wisata Dieng sudah lama populer karena memiliki alam yang indah dan asri. Setiap sudut wisata di Dieng Wonosobo berhasil memukau semua wisatawan yang mengunjunginya.

Dilihat dari laman Wikipedia, Dieng terletak di sebuah desa di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Dieng memiliki iklim tropis dengan dua musim, kemarau dan hujan.

Dapat dikatakan bahwa suhu udara di Dieng lebih dingin daripada di tempat lain di Indonesia karena molekul udara di daerah pegunungan biasanya lebih tipis daripada di dataran rendah, sehingga lebih cepat dingin.

Suhu Dieng juga terasa sangat dingin saat cuaca cerah, tidak ada awan apalagi hujan. Suhu di sini antara 12 dan 20 derajat Celcius pada siang hari dan antara 6 dan 10 derajat Celcius pada malam hari.

Pada pagi hari, suhu di Dieng bisa mencapai 0 derajat Celcius, sehingga sering terjadi embun beku yang sering disebut dengan bun upas. Penasaran Wisata Dieng 2022 Terbaru dan Menyukai Udara Dingin Indonesia? Simak ulasannya di bawah ini terlebih dahulu.

Rekomendasi Wisata Dieng Wonosobo yang Menakjubkan

Wisata Dieng telah lama menjadi tujuan wisatawan lokal dan dunia. Karena pesona alam yang luar biasa menghipnotis setiap orang yang datang kesini.

Dari berbagai sumber, simak wisata Dieng terbaru 2022, yuk!

1. Wisata danau berwarna

Sumber: Tour de Java

Wisata Dieng Telaga Varna merupakan salah satu ikon kebanggaan bagi masyarakat Dieng dan sekitarnya. Pasalnya, tempat wisata ini menawarkan keindahan yang tidak biasa dari luasnya air danau dan berubah warna saat terkena pantulan sinar matahari.

Keajaiban alam ini disebabkan oleh kandungan belerang yang tinggi di air danau. Wisata Dieng Telaga Warna terletak di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi oleh Gunung Prau yang perkasa.

Dilihat dari laman kompas travel, waktu terbaik mengunjungi wisata di Dieng Telaga Varna adalah pagi atau sore hari. Hindari datang pada sore hari atau saat hari sudah gelap karena kawasan ini akan diselimuti kabut tebal.

2. Si. Bukitkunik

Sumber: Portal Jogja

Berbeda dengan wisata Dieng Telaga Varna, Bukit Sikunir terkenal dengan golden sunrise-nya yang sangat indah dan menenangkan. Wisata Dieng Wonosobo ini menjadi tujuan wisata paling populer di kalangan traveler karena panorama golden sunrise-nya. Di ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut, Anda dapat menikmati pemandangan yang tenang ini di pagi hari.

Setelah wisatawan melihat keindahan matahari terbit, wisatawan juga disuguhi pemandangan delapan gunung dari puncak bukit Sikunir, antara lain: Gunung Sumbing, Gunung Slamet, Gunung Merapi, Gunung Sindoro, Gunung Prau dan Gunung Sumbing. Dibutuhkan pendaki sekitar 30-45 menit untuk sampai ke puncak bukit.

3. Danau Dringo

Sumber: Wisata Dieng

Jika ada Ranu Kumbolo di Gunung Semeru di Jawa Tengah, maka wisatawan akan bertemu dengan Danau Dringo di Dataran Tinggi Dieng yang berada di ketinggian 2.022 meter di atas permukaan laut. Disebut dringo karena ada banyak dringo atau tanaman di sekitar tempat ini Dlingu Dringo Acorus calamus yang sering digunakan sebagai obat pada zaman dahulu. Keindahan danau ini sangat mempesona, dikelilingi oleh panorama hutan yang lebat dan terlihat sangat indah.

Dalam perjalanan menuju tempat ini, wisatawan juga disuguhkan dengan hutan lindung, kebun teh, bukti, lembah dan lahan pertanian bagi warga sekitar. Di pinggir Danau Dringo juga sering ada tempat perkemahan wisata. Jangan lupa jaga kebersihannya ya!

4. Candi Arjuna

Sumber: Kompas

Wisata Dieng terbaru tahun 2022 kali ini adalah Candi Arjuna yang luasnya mencapai 1 hektar dan dikenal sebagai kompleks candi terbesar di Dataran Tinggi Dieng. Wisata di Dieng Wonosobo tidak hanya berupa perbukitan atau danau saja, di sini juga terdapat beberapa candi dalam satu kompleks, seperti Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa dan Candi Sembadra.

Ketika datang ke sini, wisatawan tidak hanya disuguhkan dengan wisata pura, namun tempat ini sangat indah karena dikelilingi perbukitan dan pohon cemara yang berjajar sangat rapi.

Kompleks Candi Arjuna dilengkapi dengan fasilitas penunjang untuk memudahkan wisatawan, seperti mushola, area parkir kendaraan, kamar mandi, restoran, dan tempat istirahat.

5. Gunung Prau

Sumber: Yogya I News

Gunung Prau boleh jadi wisata dieng terbaru 2022 bagi wisatawan yang belum pernah mengunjungi destinasi wisata yang satu ini. Gunung Prau memiliki ketinggian 2.590 meter di atas permukaan laut, sehingga membutuhkan waktu 3-4 jam untuk mendakinya untuk mencapai puncaknya.

Begitu sampai di puncak, rasa lelah langsung terbayar saat melihat pemandangan gunung-gunung berbeda yang terhampar rapi bersebelahan.

6. Danau Pengilon

Sumber: Wisata Dieng

Wisata Dieng Wonosobo selanjutnya adalah Telaga Pengilon yang letaknya tidak jauh dari Telaga Warna. Seperti namanya, Danau Pengilon memiliki air yang sangat jernih sehingga dapat digunakan untuk memantulkan permukaan air dari atas.

Mitosnya adalah bahwa siapa pun yang melihat ke cermin di sini dan melihat bayangan mereka di air dengan wajah cantik atau cantik kemungkinan besar memiliki hati yang baik dan murni.

Dilihat dari atas, Telaga Pengilon dan Telaga Varna tampak bersatu, meski ada sebuah negara kecil yang memisahkan keduanya, baru saat musim hujan tiba negara tersebut terlihat tak kasat mata.

7. Kawah Sikidang

Sumber: KMS Tour

Dataran Tinggi Dieng menawarkan banyak gunung yang masih asri dan alami, salah satunya akan menarik wisatawan, Wisata Dieng Wonosobo, Kawah Sikidang.

Lokasinya masih di sekitar gunung Prau. Kawah Sikidang merupakan salah satu kawah gunung berapi yang masih aktif, sehingga bau belerang sangat kuat di sini. Jika ingin berfoto atau mengunjungi tempat tersebut, jangan lupa untuk menggunakan masker, terutama untuk anak-anak. Menurut laporan, ada banyak spot foto menarik dan permainan seru di area ini. Jam buka tempat wisata ini mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 05.00 sore.

8. Savana Dieng

Sumber: Ticmpu

Lagi-lagi wisata Dieng Wonosobo memiliki banyak pesona alam yang tiada duanya, salah satunya Padang Savana Dieng yang terlihat luas dan sangat hijau. Menurut informasi yang ada, saat ini menjadi salah satu wisata Dieng yang paling banyak dikunjungi pada tahun 2022.

Di sini Anda dan keluarga akan disuguhkan padang rumput yang hijau, asri dan lebih anggun karena dikelilingi pegunungan. Lokasi Padang Savana Dieng terletak di Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Padang Savana Dieng juga menawarkan pengalaman berkemah yang tak terlupakan.

9. Kawah Candradimuka

Sumber: KSM Tour

Ada banyak wisata kawah di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Wajar saja, karena masih banyak kawah gunung berapi di sini yang masih aktif, namun itulah yang menjadi daya tarik wisatawan.

Dilansir dari Kompas Travel Page, Kawah Candradimuka muncul dari retakan di tanah dan menghasilkan gas sulfida yang sangat pekat dan berbau harum, namun masih relatif aman. Kawah ini bisa berubah warna, biru, abu-abu, bahkan putih.

Ada juga dilaporkan mata air alami di dekatnya yang diyakini membuat siapa pun terlihat awet muda. Mitos tidak berhenti sampai di situ, kawah Candradimuka ini memiliki legenda yang sangat kental, salah satunya dikaitkan dengan sosok Gatotkaca.

Dikatakan bahwa Arjuna (paman Gatotkaca) menempatkan Gatotkaca di kawah untuk melepaskan tali pusarnya di masa lalu, dan dengan demikian Gatotkaca menjadi orang yang sakti.

10. Batu Pemandangan Angin Melolong

Sumber: Bukit Sikunir Dieng

Apakah Anda ingin menikmati Telaga Varna dan Telaga Pengilon dari ketinggian secara bersamaan? Wisatawan bisa mengunjungi Batu Pandang Angin Ratapan untuk mewujudkannya. Di sini terdapat sebuah batu karang besar di ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut, yang dapat dijangkau oleh wisatawan untuk melihat keindahan alam lainnya.

Dari atas sini, Telaga Varna dan Telaga Pengilon sangat indah karena perpaduan warnanya yang berbeda, namun terlihat seperti satu, apalagi saat musim hujan tiba. Namun untuk sampai ke tempat ini, wisatawan perlu berhati-hati agar tidak terpeleset. Berhati-hatilah untuk tidak berkunjung jika cuaca tampaknya tidak mendukung.

11. Danau Merdada

Sumber: Indonesia Kaya

Tidak ada kebosanan di kawasan Dataran Tinggi Dieng dengan banyaknya danau yang indah dan menawan, salah satunya Danau Merdada yang merupakan sumber irigasi utama bagi pertanian warga di kawasan tersebut dan merupakan danau terbesar di kawasan Dieng.

Hebatnya lagi, danau ini tidak memiliki sumber air sendiri, sehingga sebagian besar airnya berasal dari penampungan air hujan. Selain itu, keindahan kawasan ini semakin bertambah karena dikelilingi oleh Bukit Pangonan dan Bukit Semurup. Wisatawan tidak hanya bisa berfoto di sini, tapi juga naik perahu untuk berkeliling dan menikmati pemandangan.

12. Bukit Scoter

Sumber: Wisata Dieng

Selain itu, ada lagi wisata Dieng 2022 yang sayang untuk dilewatkan, yaitu Bukit Skoter di Simpangan, Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Bukit ini menawarkan pilihan keindahan alam lainnya untuk spot foto bersama orang tersayang.

Untuk sampai ke tempat tersebut, wisatawan harus mendaki sekitar 15 menit. Selain untuk berfoto, ada juga camping ground yang cukup seru lho. Jangan khawatir tentang jam buka karena Bukit Skoter buka 24 jam!

13. Kawah Sileri

Sumber: Kunjungi Jawa Tengah

Kawah Sileri merupakan tempat wisata di Dieng Wonosobo yang masih perawan dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Disajikan dalam bentuk kawah indah yang dikelilingi perbukitan dan pegunungan, wisata tersebut menjadikannya sebagai spot foto yang sayang untuk dilewatkan.

Kawah Sileri buka mulai pukul 07.00 hingga 17.00 dengan tiket masuk yang cukup murah. Ada juga wahana bermain untuk anak-anak yang pastinya seru. Sudah siap liburan ke sini?

14. Teater Dataran Tinggi Dieng

Sumber: Dieng Trip

Liburan bersama keluarga menjadi momen yang selalu ditunggu-tunggu terutama bagi anak-anak, mba. Selain wisata alam Dataran Tinggi Dieng yang memukau, ada juga wisata edukasi yang cukup seru bernama Dieng Plateu Theatre yang memberikan berbagai pengetahuan tentang alam, sejarah dan budaya, pendidikan yang cukup komprehensif!

Ini adalah bioskop yang menarik tentang Dieng dengan sekitar 60 kursi. Jam operasionalnya hanya dari jam 7 pagi hingga 6 sore.

15. Danau Menjer

Sumber: Promo Perjalanan

Kemudian, danau terbesar dengan pemandangan super megah yang memanjakan mata dan hati para wisatawan ada di Danau Menjer yang terletak di Desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo.

Danau Menjer memiliki kedalaman sekitar 45 meter dan 1.300 meter di atas permukaan laut. Karena udaranya dingin dan cukup dingin, Anda disarankan untuk mengenakan pakaian tebal jika ingin berkunjung.

16. Wisata Patean Tambi

Sumber: Detik

Wisata Dieng selanjutnya di tahun 2022 adalah Wisata Patean Tambi yang berlokasi di Jl. Tambi km 2, Tegalrejo, Tambi, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Wisata ini menyuguhkan kebun teh yang membentang dan begitu hijau.

Untuk menikmatinya, wisatawan di tempat ini bisa berjalan-jalan santai di jembatan kayu yang panjang. Selain itu, wisatawan juga diperbolehkan berjalan-jalan melewati kebun teh yang rimbun, namun tidak merusak tanaman teh, apalagi sampah.

Penerbit: Atalia

Source: www.ibupedia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button