Nggak Cuma Dieng, Ini Deretan Tempat Wisata di Wonosobo yang Menakjubkan - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Nggak Cuma Dieng, Ini Deretan Tempat Wisata di Wonosobo yang Menakjubkan – Solopos.com

Nggak Cuma Dieng, Ini Deretan Tempat Wisata di Wonosobo yang Menakjubkan – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Sudut Pandang Dieng. (dieng-kejajara.wonosobokab.go.id)

Solopos.com, WONOSOBO — Mendengar nama Wonosobo Jawa Tengah, sebagian besar orang atau wisatawan pasti langsung tertuju pada tempat wisata yang sering disebut dengan negeri di atas awan, yaitu Dieng. Namun, rupanya tempat wisata di Wonosobo tidak hanya Dieng saja. Berikut daftar tempat wisata di Wonosobo selain Dieng.

Saat berwisata ke Wonosobo, pikiran kita pasti tertuju pada Dieng. Maklum saja, nama Dieng sangat populer di kalangan wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Promosi Hyperlocal Tokopedia Meroket Penjualan Online Sebesar 147%

Hal itu karena Dieng dikenal sebagai dataran tinggi nan indah yang menawarkan sejumlah tempat wisata eksotis. Namun, Wonosobo tidak hanya harus menjadi objek wisata.

Beriklan dengan kami

Wonosobo juga memiliki sejumlah tempat wisata yang tak kalah indahnya. Berikut daftar tempat wisata yang bisa wisatawan temukan saat berkunjung ke Wonosobo, diantaranya di sekitar Dataran Tinggi Dieng.

  • 9 Plantour melalui Sidengkeng Dieng

Pemandangan Dataran Tinggi Dieng memang terkenal dengan keindahan alamnya yang memikat. Apalagi jika dilihat dari tempat yang lebih tinggi dan strategis dilihat dari Petak 9 Dieng. Wisata Petak 9 Sidengkeng Dieng merupakan sebuah bukit kecil di kawasan wisata Telaga Varna yang merupakan salah satu tempat yang paling diminati oleh para wisatawan. Di sini wisatawan bisa melihat pemandangan Telaga Varna dari atas. Gemerlap Telaga Varna di bawah sinar matahari terlihat lebih jelas dari puncak Bukit Sidengkeng.
Perumahan atau pepohonan yang rindang bukanlah halangan bagi mata kita untuk menikmati pemandangan alam yang menakjubkan ini. Apalagi jika kabutnya tidak terlalu tebal. Spot indah ini langsung menjadi favorit para penikmat alam dan pecinta fotografi.

Keindahan air terjun atau Curug Winong tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Wonosobo. Seperti dilansir visitjawatengah.jatengprov.go.id, Curug Winong seperti permata tersembunyi di tengah hutan. Ketinggian air terjun mencapai 100 meter. Air yang jatuh ke tebing kemudian mengalir ke sungai, menciptakan suara gemericik alami yang menenangkan. Di sekitar air terjun juga terdapat batu-batu besar yang tersusun secara alami dan berbentuk seperti jalan atau tangga menuju ke bawah.

Dengan ketinggian 2565 mdpl, Gunung Prau memiliki banyak keindahan yang cocok untuk panjat tebing. Gunung ini merupakan puncak tertinggi di Dataran Dieng. Namun, pemandangan matahari terbit dari puncak Gunung Prahu disebut-sebut sebagai yang terindah di Asia Tenggara. Jika ingin mendaki Gunung Prau terdapat 5 jalur pendakian diantaranya melalui Patak Banteng, Dieng, Kalilembu, Dwarawati dan Wates.

Beriklan dengan kami

Danau ini adalah salah satu tujuan wisata paling populer. Telaga warna ini terlihat begitu menarik karena airnya bisa berubah warna. Perubahan warna pada danau ini disebabkan oleh kandungan belerang yang tinggi. Konon juga ada cerita di balik Telaga Varna ini. Konon dari berbagai sumber, danau ini menjadi bukti keruntuhan kerajaan dan seluruh penduduk akibat perilaku durhaka seorang anak terhadap orang tuanya.

  • Batu Ratapan Angin

Telaga Varna memang menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke Wonosobo. Namun untuk menikmati keindahannya, Batu Pandang Ratapan Angin adalah jawabannya. Hotel ini terletak di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, sekitar 27 kilometer dan sekitar satu jam dari Kota Wonosobo. Berada di selatan Telaga Varna di ketinggian 2100 mdpl, Batu Pandang Ratapan Angin menjadi tempat yang menarik untuk menikmati pemandangan alam sekitarnya.

Berada di ketinggian sekitar 1789 mdpl, wisatawan bisa melihat keindahan Dataran Tinggi Dieng di sini. Tempat ini merupakan tempat yang paling cocok untuk merasakan indahnya matahari terbit dan menjadi alternatif bagi wisatawan yang tidak sempat mendaki Bukit Sikunir untuk melihat Golden Sunrise.

Beriklan dengan kami

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button