Liburan Seru di Taman Buaya Jaya Indonesia - WisataHits
wisatahits

Liburan Seru di Taman Buaya Jaya Indonesia

Harga tiket: 20.000, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl.Raya Cikarang – Cibarusah No.18, Sukaragam, Kec. Serang Baru, Kab. Bekasi, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Selain terkenal dengan oleh-oleh khas dodol, Bekasi juga sangat turis. Wisata ini banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Bekasi juga tergolong kota maju karena banyaknya lokasi industri.

Selain itu, Bekasi juga memiliki hewan endemik yang sangat langka yaitu Lutung Jawa yang saat ini hanya memiliki sekitar seratus ekor. Maka tak heran jika Anda menemukan tempat penangkaran hewan langka di kota Bekasi. Salah satu tempat penangkaran hewan paling populer di Bekasi adalah Taman Buaya Indonesia Jaya (TBIJ).

Taman Wisata Indonesia Jaya merupakan tempat berkembang biak sekaligus objek wisata ekologi yang terletak di kota Bekasi. Bagi Anda yang menyukai reptil, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi karena banyak sekali jenis buayanya. Meski mengerikan, buaya memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Melihat secara langsung pasti akan mengobati rasa penasaran Anda tentang buaya.

Bepergian ke peternakan buaya terbesar di Asia

Bepergian ke peternakan buaya terbesar di AsiaKredit gambar: Google Maps Rozy Rondiaz

Seperti namanya, di Taman Buaya Indonesia Jaya tentunya Anda akan menemukan banyak hal yang berhubungan dengan buaya. Tempat ini berupa kolam yang isinya buaya dan juga bisa menjadi tempat wisata bagi orang-orang yang ingin dekat dengan hewan ganas ini.

Taman Buaya Indonesia Jaya dapat dianggap sebagai suaka atau perlindungan buaya terbesar di Asia. Mengapa? Karena penangkaran ini memiliki koleksi sekitar 100 ekor buaya dengan berbagai spesies. Bahkan ada jenis buaya albino yang sangat cantik. Ada juga koleksi ular langka yang bisa kamu temukan.

Di Taman Buaya ini terdapat 5 kolam buaya yang masing-masing dapat menampung 100 ekor buaya. Buaya di kolam ini didominasi oleh buaya muara Sumatera yang berjumlah sekitar 400 ekor. Lalu ada juga buaya Kalimantan yang memiliki moncong panjang dan buaya Irian. Jumlah buaya Kalimantan sekitar 40 ekor sedangkan buaya Irian hanya memiliki 2 ekor.

Jika menengok ke belakang, pada tahun 1983 Taman Buaya Bekasi dibangun namun terletak di kawasan Pluit namun pada tahun 1990 taman ini dipindahkan ke kawasan Sukaragam. Karena saat itu Pluit akan dibangun pusat perbelanjaan. Mallnya masih ada sampai sekarang

Tempat penangkaran buaya ini sangat sejuk dengan pepohonan yang cukup lebat disekitarnya. Dari pohon-pohon tersebut, Anda diperbolehkan memetik buah sawo secara gratis saat sudah berbuah. Anda juga akan betah di sana karena suasananya tidak terlalu ramai. Sangat cocok bagi Anda yang ingin berlibur ke tempat yang tenang dan anti mainstream.

Taman Buaya Indonesia Jaya seperti surga bagi pecinta reptil, terutama buaya. Tempat ini juga bisa menjadi tempat wisata edukasi karena Anda akan mendapatkan banyak informasi disana.

Taman ini juga dilengkapi dengan ruang penetasan telur dan kolam untuk bayi buaya. Sayangnya, telur-telur itu menetas di Tangerang sebelum bayi-bayi itu ditempatkan di kolam khusus untuk bayi buaya. Selain buaya, beberapa jenis kera juga dibiakkan.

Taman buaya ini dibangun untuk pelestarian buaya agar tetap terjaga agar tidak punah. Selain itu, penangkaran ini juga berfungsi sebagai wisata edukasi masyarakat.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Taman Buaya

Kegiatan Taman Buaya Jaya IndonesiaKredit Gambar: Diambil dari Google Maps

Karena ini adalah wisata edukasi, Anda bisa langsung mengamati dan belajar tentang buaya. Anda bisa mengajak anak-anak untuk memperdalam pengetahuannya tentang hewan berdarah dingin ini. Melihat secara langsung pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Untuk menjaga keamanan, kolam buaya memiliki pagar setinggi 1,5 meter.

Hal yang paling menarik dari tempat penangkaran ini adalah tontonan ekstrim dengan buaya. Pertunjukan ini biasa disebut atraksi Joko Tingkir. Atraksi ini mungkin terasa seperti jantung Anda akan meledak karena ada adegan di mana pelatih memasukkan kepalanya ke dalam mulut buaya. Tentu saja buaya yang diundang ke atraksi tersebut adalah buaya yang terlatih khusus.

Karena lokasinya yang asik banget, sangat bermanfaat bagi kamu yang hanya ingin mendinginkan kepala dan jalan-jalan bersama teman atau keluarga. Anda akan mulai mengerti bahwa melihat buaya tidak seseram yang Anda bayangkan. Selain itu, Anda juga bisa melihat buaya putih albino yang sangat cantik di taman buaya ini.

Terakhir, Anda bisa melakukan botram bersama keluarga atau pasangan di gazebo yang disediakan pengelola. Gazebonya cukup cozy buat kamu yang mau makan bareng.

Fasilitas yang ditawarkan oleh Taman Buaya Jaya Indonesia

Fasilitas Taman Buaya Indonesia JayaKredit Gambar: Diambil dari Google Maps

Fasilitas yang ditawarkan pengelola wisata ini cukup lengkap. Anda bisa menikmati semua fasilitas yang ada di Taman Buaya Indonesia Jaya. Fasilitas pertama yang sangat penting adalah lahan parkir yang cukup luas.

Anda juga akan menemukan tempat makan di sana jika perut sudah tidak bisa dikompromi lagi. Selain itu, bale kecil direncanakan untuk Anda yang ingin beristirahat atau makan bersama teman atau keluarga. Anda bisa membawa makanan sendiri dari rumah.

Jangan lupa toilet dan area bermain anak kecil bagi anda yang membawa anak-anak. Wahana yang ditawarkan di taman bermain ini cukup lengkap, seperti ayunan dan perosotan. Dijamin anak anda akan betah berada di tempat wisata ini. Tentunya mereka juga akan merasa senang dan tidak rewel.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Taman Buaya Indonesia Jaya

Lokasi Taman Buaya Jaya IndonesiaKredit gambar: Google Maps Abel Santini

Taman Buaya Indonesia Jaya terletak di kota Bekasi, tepatnya di Jalan Raya Cibarusah. Anda dapat melakukan perjalanan dengan sepeda motor atau dengan mobil. Akses jalan sangat nyaman karena sudah beraspal. Disarankan untuk mengambil jalan tol untuk membuat perjalanan Anda lebih cepat.

Bagi Anda yang datang dari Jakarta, Anda bisa masuk melalui tol Cikampek dan keluar melalui tol Cikarang. Kemudian belok kanan menuju Cibarusah sejauh 11 kilometer. Lokasi penangkaran buaya ini berada di sisi kanan jalan. Atau bisa melalui Lippo Cikarang menuju Jonggol, Kota Bogor, Jawa Barat.

Taman Buaya Jaya Buka setiap hari dari pukul 08:00 hingga 17:00. Harga tiketnya juga relatif murah yaitu Rp 20.000 untuk pengunjung dewasa dan 6.000 untuk anak-anak. Namun, untuk balita di bawah 3 tahun, gratis. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola wisata.

Itulah sekilas tentang Taman Buaya Indonesia Jaya atau biasa disingkat TBIJ yang terletak di kota Bekasi. Meski tidak terlalu populer, tempat ini bisa menjadi alternatif tujuan wisata bagi Anda yang bosan dengan wisata alam yang masih ada. Jika Anda sedang berkunjung ke Bekasi, tidak ada salahnya untuk mengunjungi taman buaya ini sejenak.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button