Desa Purwodadi di Kabupaten Malang melestarikan tradisi dan mengadakan sesajen Larung - WisataHits
Jawa Timur

Desa Purwodadi di Kabupaten Malang melestarikan tradisi dan mengadakan sesajen Larung

WAKTU INDONESIA, MALANG – Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang menggelar Larung Sesaji pada Senin (15/8/2022). Ritual ini merupakan bentuk pelestarian tradisi yang rutin diadakan setiap tahun.

Larung sesaji dirangkai bersamaan dengan Desa Bersih dan Karnaval Panen. Ritual tersebut disaksikan langsung oleh Bupati Malang Sanusi. Penduduk menyukainya dan berbondong-bondong untuk melihat ritual tersebut.

Warga sekitar dan wisatawan menyaksikan prosesi produk yang kemudian dibawa ke pantai Lenggoksono untuk diapungkan ke tengah laut. Prosesi sesaji Larung menggunakan perahu nelayan setempat.

Larung-Sesaji-2.jpgBupati Malang Sanusi menyaksikan prosesi kurban Larung yang dilakukan di Desa Purwodadi, Kabupaten Malang. (Foto: Prokopim Kabupaten Malang untuk TIMES Indonesia)

Prosesi sesaji Larung di Desa Purwodadi, Kabupaten Malang ini dijaga oleh TNI, Polri, PMI dan Masyarakat Siaga Bencana atau Sibat Desa Purwodadi.

Bupati Malang Sanusi mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Purwodadi yang melakukan Larung Sesaji dalam rangka Uri-Uri atau pelestarian budaya tradisional.

“Semoga segala ikhtiar dan ikhtiar yang dilakukan melalui ritual ini dapat menjadi berkah baik bagi masyarakat Desa Purwodadi khususnya dan Kabupaten Malang pada umumnya,” kata Sanusi.

Fischer.jpgProsesi Larung Sesaji dengan perahu dilakukan di Desa Purwodadi, Kabupaten Malang. (Foto: Prokopim Kabupaten Malang untuk TIMES Indonesia)

Lebih lanjut, kata dia, desa bersih dan larung sesajen sebenarnya mengandung banyak pesan yang patut dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

“Salah satunya mensyukuri segala nikmat dan pelajaran yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Ini adalah bentuk cinta dan kasih sayang Sang Pencipta kepada hamba-Nya, agar kita semua selalu menjadi hamba-Nya yang taat,” jelasnya.

Melalui tradisi Larung Sesaji di Desa Purwodadi, Kabupaten Malang, ia juga berharap dapat meningkatkan daya tarik wisata dan mengembangkan UMKM.

**)

Dapatkan update informasi pilihan harian dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button