Soto Kletuk, masakan khas Blora yang rasanya melimpah dan nikmat - WisataHits
Jawa Tengah

Soto Kletuk, masakan khas Blora yang rasanya melimpah dan nikmat

Soto Kletuk, masakan khas Blora yang rasanya melimpah dan nikmatFoto: Soto kletuk khas Blora (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

MIANEWS, Kudus – Mencicipi hidangan khas adalah salah satu hal yang harus dilakukan ketika mengunjungi suatu daerah. Begitu juga jika Anda ke Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Selain banyak destinasi wisata, Kabupaten Blora juga memiliki beragam kuliner khas yang ditawarkan. Salah satunya adalah Soto Kletuk.

Sekilas, soto kletuk ini sama dengan soto pada umumnya, dengan kuah yang berwarna kecoklatan. Bedanya, kuahnya kemudian dicampur dengan potongan singkong.

Baca Juga: Ini Cara Mudah Membuat Soto Betawi untuk Dicoba di Rumah

Ini telah dipotong dalam bentuk kubus mainan kecil dan memiliki tekstur padat. Membuat suara “tuk” saat dikunyah.

Ada beberapa tempat yang menjual Soto Kletuk di Blora. Salah satu stand yang bisa dijadikan sasaran adalah Soto Kletuk Mbah Gowak. Jika Anda melihat peta google, itu terletak di Jalan Gunung Lawu. Toko adalah bangunan komersial dan terletak di pinggir jalan.

Ciri khas Soto Kletuk adalah kuahnya yang bening. Kemudian suwir ayam dengan ayam kampung. Kuah Soto Kletuk juga berasal langsung dari kaldu ayam. Kemudian tambahkan bumbu agar rasanya lebih kuat.

“Semakin banyak Brambang semakin baik. Kuahnya langsung dari kuahnya,” kata Susi, penjual Soto Kletuk, seperti dikutip visitjawatengah.jatengprov.go.id.

Untuk proses pembuatan singkong digiling terlebih dahulu. Untuk membuatnya menjadi tawar-menawar. Kemudian diiris dan dikeringkan di bawah sinar matahari sebelum dipanggang.

“Singkong ditumbuk. Jadi omong kosong. Prosesnya diiris, dikeringkan di dalam kotak, lalu digoreng. Biar hasilnya maksimal,” sambungnya.

Berbagai lauk tambahan juga disajikan di toko ini. Gerai Soto Kletuk Mbah Gowak saat ini berada di jalan generasi kedua. Menurut Susi, penjualan Soto Kletuk dulu masih lumayan. Dan pernah dijual di sekitar Alun-Alun Blora.

Pengarang : Dani Agus
Penerbit : Dani Agus
Sumber: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Source: www.murianews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button