Soto Tauto, masakan khas Pekalongan yang rasanya enak banget - WisataHits
Jawa Tengah

Soto Tauto, masakan khas Pekalongan yang rasanya enak banget

Soto Tauto, masakan khas Pekalongan yang rasanya enak banget

Soto Tauto, masakan khas Pekalongan yang rasanya enak bangetSoto Tauto Pak Tjarlam di Pasar Senggol Pekalongan (kunjungi jawatengah.jatengprov.go.id)

Murianevs, Pekalongan – Jika Anda singgah di Pekalongan, Jawa Tengah, jangan hanya mencari kain tie-dye saja.

Luangkan waktu sesekali untuk berwisata di Pekalongan. Ada banyak tempat wisata di Pekalongan yang cocok untuk liburan akhir pekan.

Usai berwisata, jangan lupa mencicipi kuliner khas Pekalongan. Ada banyak kuliner khas Pekalongan, salah satunya adalah kuliner Soto Tauto atau Soto Tauco. Orang Pekalongan umumnya menyebutnya Tauto.

Baca juga: Coba Kuliner Soto-Bebek Khas Klaten yang Kelezatannya Bisa Bikin Ketagihan, Ini Tempat Yang Tepat

Keberadaan Tauto terbilang mudah ditemukan. Pasalnya hampir setiap daerah di Pekalongan menjual sajian kuliner ini. Mulai dari warung pinggir kota, hotel atau restoran yang cukup besar.

Dari laman Visitjawatengah, Soto Tauto Pak Tjarlam yang cukup legendaris di pasar Senggol Pekalongan meluncur pada Jumat (6/1/2023). Tauto ini terletak di utara Alun-alun Pekalongan, tepatnya di Jalan A. Yani Sugihwaras, Pekalongan.

Secara tampilan, booth ini cukup sederhana dan tidak luas. Tempat parkirnya cukup sempit, apalagi saat pengunjungnya banyak. Meski begitu, rasa Tauto cukup enak dan unik.

Tidak hanya tampilan tokonya yang sederhana, dekorasi di sini juga tradisional. Untuk kuahnya masih dimasak dengan kuwali yang besar. Ada juga semacam gerobak keranjang mini untuk menyiapkan berbagai bahan tauto.

Harganya juga lumayan ramah kantong. Satu porsi tauto dengan lontong harganya Rp 20.000.

Tauto disajikan di sini dalam mangkuk kecil atau mangkok porselen. Biasanya bahan pertama yang disajikan adalah karbohidrat. Ada dua pilihan disini yaitu nasi atau lontong.

Bahkan dengan Karbo, pembeli memiliki pilihan untuk mencampur atau memisahkan porsi dengan kuah sotonya. Setelah dicampur, karbohidrat ini adalah bahan pertama yang dimasukkan ke dalam mangkuk.

Lalu masukkan daging atau jeroan kedalamnya sesuai selera pembeli. Jika menggunakan lontong, baik lontong maupun dagingnya diolesi kuahnya terlebih dahulu.

Tujuannya agar saus memiliki konsistensi yang lembut. Lalu ada bumbu tauco yang kental dan juga aneka topping seperti daun bawang dan mie soun. Lalu bilas kembali dengan kuah soto dan bawang goreng secukupnya.

Salah satu ciri khas Tauto Pak Tjarlam adalah bumbu atau pasta tauco yang tidak dicampur langsung. Sehingga pembeli bisa merasakan langsung bagaimana rasa bumbu atau terasi saat dinikmati sendiri.

Ada asam fermentasi khas yang lebih menggugah selera. Jangan lupa untuk mengaduk seluruh isi kuah agar rasa tauto seimbang. Berbagai bumbu pelengkap pun tersedia di sini, seperti tempe mendoan atau kerupuk untuk makan tauto bersama teman.

Jika Anda penggemar bumbu Tauco di Tauto Pak Tjarlam, tak perlu khawatir. Karena penjual juga menawarkan bumbu atau pasta tauco untuk dijual kembali.

Dimana bumbu Tauco dijual dengan harga Rp 200.000 per kilogram. Pembeli juga diperbolehkan berbelanja secara eceran seharga Rp 50.000 dari berat seperempat kilogram atau 250 gram.

Bumbu ini bisa digunakan untuk membuat sup daging sapi atau ayam. Selain sup, rempah-rempah juga bisa digunakan sebagai bumbu masakan lainnya. Seperti pindang atau sebagai pendamping tempe goreng.

Pengarang: Dani Agus
Penerbit : Dani Agus
Sumber: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button