Menyaksikan Desa Wisata Taro, Surga Tersembunyi di Gianyar Pemenang BCA Tourism Village Award - WisataHits
Jawa Timur

Menyaksikan Desa Wisata Taro, Surga Tersembunyi di Gianyar Pemenang BCA Tourism Village Award

BALI, investor.id – Desa Wisata Talas merupakan desa kuno di Bali yang kaya akan sejarah dan peninggalan budaya masa lalu. Terletak di Kecamatan Tegallalang, Gianyar. Sekitar dua jam perjalanan dari Denpasar. Berada di ketinggian 600-750 meter di atas permukaan laut, Desa Taro memiliki udara yang sejuk dan dingin.

Dahulu Desa Wisata Taro dikenal sebagai Bhumi Sarwa Ada yang berarti semua ada, sebutan yang sesuai. Karena di Desa Taro terdapat berbagai pesona alam yang memanjakan mata para wisatawan. Beberapa destinasi wisata unggulan Desa Taro adalah:

1. Konservasi Sapi Putih di Bali. Desa Taro adalah satu-satunya desa di Bali yang memiliki tempat perlindungan sapi putih, salah satu hewan suci dan dihormati di desa tersebut. Sapi putih dirawat dengan baik di daerah ini, karena mereka sering terlibat dalam upacara besar.

2. Penangkaran Kunang-Kunang. Area penangkaran ini berukuran 6 x 30 meter dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi pada sore hingga malam hari. Berada di habitat alami yaitu persawahan, kawasan ini memiliki udara yang segar, air bersih yang mengalir dan banyak tanaman yang mendukung pertumbuhan kunang-kunang.

Baca juga: Menteri Sandiaga: Desa Wisata Loang Baloq Perpaduan Ekonomi Kreatif dan Kearifan Lokal

3.Semara Ratih. Tempat wisata ini merupakan kawasan hutan bambu yang sudah tertata rapi sehingga memanjakan mata, karena Semara Ratih terletak di lembah, pengunjung akan menyusuri jalan setapak sambil menikmati pepohonan tinggi dan hutan bambu serta melihat persawahan dari atas. , keliling untuk melihat relief Semara Ratih yang dipahat di dinding dari tanah yang menjadi simbol dari tempat ini, tidak hanya itu, di Semara Ratih juga terdapat sumber mata air alami dan sungai yang dapat digunakan untuk melukat atau mensucikan diri.

4. Pura Agung Gunung Raung, pura ini merupakan salah satu pura dari Pura Kahyangan Jagat di Bali. Candi ini tidak hanya disucikan tetapi juga unik karena menghadap ke timur, di luar arah biasa candi yang menghadap ke barat. Keberadaan Pura Agung Gunung Raung tidak lepas dari perjalanan suci Maha Rsi Markandeya yang melihat cahaya dari timur di Gunung Raung, gunung tertinggi di Jawa Timur sebelum akhirnya melakukan perjalanan ke Bali dan menetap di desa Taro menetap.

Sementara itu, sebagai lembaga perbankan nasional di Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau BCA selalu berupaya memberikan nilai bagi nasabah dan masyarakat Indonesia. Pada tahun 2021, perusahaan akan mempersembahkan BCA Desa Wisata Award, sebuah fasilitas yang memberikan kesempatan kepada desa-desa wisata di Indonesia untuk mempromosikan potensi wisatanya. Sebanyak 464 desa liburan mengikuti kompetisi dan Desa Wisata Talas menjadi salah satu pemenang dalam kategori Alam.

Baca juga: Menparekraf siapkan program pendampingan Desa Wisata Hilisimaetano

Melalui BCA Tourism Village Award, BCA mengajak masyarakat Indonesia untuk mengunjungi desa-desa wisata yang memiliki potensi wisata menarik. “Keindahan desa wisata di Indonesia membutuhkan perhatian khusus dari kita semua. BCA mengundang wisatawan lokal khususnya untuk mengunjungi desa wisata dan mendukung perekonomian warga lokal di desa tersebut,” kata Inge Setiawati, EVP CSR BCA, dalam keterangan resmi, Rabu (29/06/2022).

Sebagai informasi tambahan, Program Excellent Business Solutions merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) BCA untuk memajukan UMKM, masyarakat dan desa yang memiliki potensi wisata dan edukasi budaya. BCA melalui program Bakti BCA telah mengembangkan 12 desa wisata yang tersebar di Sumatera, Jawa dan Bali.

“Sebagai salah satu pemenang Penghargaan Desa Wisata, kawasan Desa Wisata Taro telah melalui sejumlah proses seleksi sehingga kami memastikan kawasan wisata ini akan menawarkan pengalaman wisata yang menarik. BCA terus mendukung pengembangan pemerintahan desa secara intensif agar mampu melestarikan kawasan. Hal ini juga kami lakukan sebagai pemacu pemulihan perekonomian nasional, khususnya bagi warga sekitar,” pungkas Inge.

Penerbit: Lona Olavia ([email protected])

Source: investor.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button