9 Wisata Jepara Selain hits dan pantai populer yang wajib dikunjungi - WisataHits
Jawa Tengah

9 Wisata Jepara Selain hits dan pantai populer yang wajib dikunjungi

9 Wisata Jepara Selain hits dan pantai populer yang wajib dikunjungi

Merdeka.com – Memang Indonesia adalah gudangnya berbagai wisata menarik dan menyenangkan. Mulai dari panorama alam yang indah hingga berbagai budaya yang begitu unik menjadi daya tarik tersendiri.

Tak heran jika banyak turis asing yang jatuh cinta dengan berwisata ke Indonesia. Nah, salah satu daerah di Indonesia yang memiliki sejuta pesona adalah Jepara.

Artikel media taboola

Jepara merupakan salah satu daerah di pesisir utara Provinsi Jawa Tengah dengan pesona alam yang luar biasa. Jepara juga terkenal dengan pantainya yang eksotis, pasir putih dan air lautnya yang biru.

Selain terkenal dengan banyak pantai indah, Jepara juga memiliki beragam wisata yang layak untuk dikunjungi. Diantaranya adalah wisata berbasis budaya ke alam.

Penasaran dengan deretan wisata Jepara di sepanjang pantai yang populer dan wajib dikunjungi? Berawal dari berbagai sumber, merdeka.com berikut merangkum 9 wisata Jepara selain pantai khusus untuk Anda.

2 dari 6 halaman

1. Gunung Muria

Wisata Jepara selanjutnya pantai yang pertama adalah Gunung Muria. Gunung Muria merupakan salah satu tujuan wisata Jepara yang juga terkenal dengan sejarahnya.

Gunung ini dikenal memiliki ketinggian hingga 1602 mdpl dan jalur pendakiannya sangat menantang bagi wisatawan karena cukup terjal. Untuk mencapai puncak, wisatawan harus melewati Dragon Trail dengan ngarai di kanan dan kirinya.

Selain itu, Anda juga bisa berziarah ke makam salah satu tokoh Islam di Wali Songo, yaitu Sunan Muria dan muridnya Syekh Syadzali. Untuk menikmati wisata ini anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 2.500,00.

Ilustrasi pegunungan Papandayan

© Creative Commons/Krildoank

2. Benteng Portugis

Selain Gunung Muria, Jepara memiliki banyak destinasi wisata sejarah lainnya. Salah satunya adalah Benteng Portugis peninggalan Kerajaan Mataram pada masa pemerintahan Sultan Agung pada tahun 1632.

Sebelum memasuki kawasan, Anda akan disuguhkan dengan kemegahan Gerbang Kuning. Di sana Anda bisa melihat coretan bertuliskan Benteng Portugis.

Untuk bisa menikmatinya anda bisa mengunjungi tempat yang terletak di Donorejo.

3 dari 6 halaman

3. Gua Manik

Tak jauh dari Benteng Portugis, Anda bisa menikmati destinasi wisata bernama Gua Manik. Gua Manik menawarkan keindahan perbukitan dan pantai untuk diamati sekaligus.

Setibanya di lokasi, wisatawan dapat menikmati pemandangan dan berbagai spot foto yang tersedia. Anda kemudian dapat mengunggahnya ke media sosial.

Untuk masuk ke tempat tersebut Anda hanya perlu membayar tiket mulai dari Rp5.000 hingga Rp10.000 untuk satu orang. Situs ini terletak di Banyumanis, Donorejo.

ilustrasi gua

©2014 Merdeka.com/Shutterstock/andreiuc88

4. Air Terjun Songgo Langit

Wisata Jepara Selain pantai, Air Terjun Songgo Langit adalah yang terdekat. Lokasinya di Bucu, Kembang.

Anda masih bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan airnya yang masih begitu jernih. Anda juga bisa mendapatkan banyak suvenir dengan mengabadikan momen dari berbagai sudut.

4 dari 6 halaman

5. Candi Bubrah

Wisata Jepara selanjutnya pantai terdekat adalah Pura Bubrah. Seperti namanya, candi ini juga tampak sedikit runtuh dan tidak berbentuk.

Meski demikian, hal ini kemudian menjadi objek wisata tersendiri di kawasan Jepara. Anda bisa menemukannya di sekitar Desa Wisata Tempur, Keling dengan tiket masuk hanya Rp 5.000.

Candi Bubrah

©2020 Merdeka.com

6. Museum RA. Kartini

Wisata Jepara yang terdekat dengan pantai terdekat adalah Museum RA. Kartini. Seperti diketahui, Jepara dikenal luas sebagai tempat berlatar seorang pahlawan wanita nasional, RA. Kartini telah dewasa.

Di tempat ini Anda bisa melihat berbagai koleksi peninggalannya semasa hidup dan hidup di Jepara. Banyak sudut yang memiliki kesan tersendiri bagi wisatawan.

Lokasi ini bisa Anda kunjungi antara pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB. Harga tiket masuknya hanya sekitar Rp 1.500,00.

5 dari 6 halaman

7. Kampung Batik Kembangmulyo

Wisata Jepara di sebelah pantai ketujuh adalah Kampung Batik Kembangmulyo. Bagi Anda yang menyukai fashion dan seni, tempat wisata yang satu ini terasa pas.

Terletak di Desa Mulyoharjo, desa ini menampilkan berbagai karya asli batik lokal. Anda bisa mengamati mulai dari pemilihan bahan hingga produksinya.

Kampung Batik Kauman Solo

©Cakupan YouTube/SCTV

8. Puncak Distoroto

Bagi kamu pecinta alam, selain pantai yang wajib dikunjungi, Wisata Jepara adalah Puncak Distoroto. Lokasinya berada di kawasan hutan pinus Perhutani desa Darmawulan.

Di tempat ini, Anda bisa menikmati Jepara dari ketinggian di sekitar Gunung Muria. Ada banyak spot foto yang bisa Anda gunakan sebagai latar belakang untuk mengabadikan momen bersama orang tersayang.

6 dari 6 halaman

9. Danau Blingoh

Tempat wisata Jepara selain pantai yang terakhir adalah Danau Blingoh. Menurut sejarahnya, danau ini awalnya terbentuk bekas penambangan hingga muncul kubangan yang besar dan luas.

Danau Shasta menurun 32 persen di California

© 2022 AFP/JOSH EDELSON

Lambat laun, genangan tersebut kemudian terisi air hujan hingga membentuk sebuah danau yang indah dan asri. Di tempat ini kamu akan disuguhi pemandangan yang masih eksotis dan asri.

(mdk/mta)

TOPIK TERKAIT

lagi

Taboola di bawah Artikel

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button