9 wisata di pasuruan, ada taman air hingga pura - WisataHits
Jawa Timur

9 wisata di pasuruan, ada taman air hingga pura

Pasuruan

Pasuruan merupakan salah satu daerah pegunungan di Jawa Timur. Maka tak heran jika Pasuruan memiliki banyak destinasi wisata alam.

Pasuruan tidak hanya wisata alam, tetapi juga kaya akan wisata budaya dan sejarah. Seperti Pura dan Petilasan.

Berikut rangkaian wisata di Pasuruan:

1. Taman Air Saygon

Saygon Water Park terletak di Sengon, Pucangsari, Kabupaten Purwosari. Wahana yang ditawarkan adalah kolam arus, kolam ombak dan seluncuran air.

Wahana menarik lainnya adalah Boeing 737-400. Pengunjung dapat merasakan seperti sedang mengendarai pesawat dan bahkan menyediakan kokpit dengan simulasi film 3D.

Biaya masuk pada hari kerja adalah Rp 35.000. Rp 40.000 pada akhir pekan dan Rp 45.000 pada hari libur.

2. Candido Agro Herbal

Kebun apel tidak hanya terdapat di Malang, Candido Agro Herbal juga memiliki kebun apel. Hal yang paling menarik adalah berbagai bunga yang indah dengan warna yang berbeda.

Bunga krisan adalah salah satu bunga yang terkenal di sini. Ada juga bunga-bunga indah seperti calla gerbera, anthurium andreanum, anggrek dan daun kulit.

Candido Agro Herbal berlokasi di Jalan Nongkojajar, Gondang Wetan, Pasuruan. Jam operasionalnya mulai pukul 08.00 WIB hingga sore hari.

3. Kebun Raya Purvodadi

Jika Anda berkendara dari Surabaya ke Malang, Anda harus melewati Kebun Raya Purwodadi. Dengan luas sekitar 85 hektar, ada banyak tanaman di sini.

Anda dapat melakukan berbagai aktivitas menarik, mis. B. Mengendarai sepeda untuk pemotretan. Sejumlah tanaman di sini bisa menunjang foto Anda, seperti polong-polongan, palem, anggrek dan masih banyak lagi.

Kebun Raya Purwodadi terletak di Jalan Raya Surabaya-Malang KM 65, Parerejo, Pasuruan. Waktu operasional mulai pukul 07.00 WIB hingga 20.00 WIB.

4. Pura Gunung Garsir

Wisata sejarah yang bisa Anda kunjungi adalah Pura Gunung Garsir. Pura ini terletak di desa Gunung Gangsir di kabupaten Beji.

Ada cerita menarik tentang Pura Gunung Garsir. Jika Anda penasaran Anda bisa mengunjunginya dan menelusuri sejarahnya.

5. Candi Jawi

Pasuruan juga memiliki Candi Jawi. Selain bagus, Anda bisa belajar tentang pemerintahan kerajaan Singasari pada abad ke-13 di candi.

Candi Jawi merupakan peninggalan Kerajaan Singasari dengan perpaduan arsitektur Hindu-Budha. Candi ini memiliki stupa dengan batuan andesit. Pura ini terletak di Jalan Raya Prigen, Pasuruan.

6. Air Terjun Putuk Truno

Air terjun ini terletak di kaki Gunung Welirang dan Arjuno. Tingginya sekitar 45 meter dengan suasana yang asri dan sejuk.

Joko Truno konon adalah orang yang bertapa di air terjun ini. Ia menjelma menjadi seekor ular (putuk). Oleh karena itu disebut Air Terjun Putuk Truno.

Selain sejarah, pemandangan di air terjun ini sangat indah. Air terjun ini terletak di Jalan Putuk Truno, Kecamatan Prigen, Pasuruan.

7. Air Terjun Coban Baung

Air Terjun Coban Baung lebih tinggi dari Putuk Truno, atau sekitar 100 meter. Air terjun ini masih berada di kawasan yang sama dengan Taman Wisata Alam Gunung Baung.

Airnya cukup deras. Karena Air Terjun Coban Baung merupakan pertemuan dua sungai, yaitu Sungai Welang dan Sungai Beji.

Anda dapat menemukan air terjun lain di sebelah timur. ketinggian 10-20 meter. Coban Baung terletak di lereng Gunung Baung, tepatnya di Dusun Sumbersuko, Desa Kertosari, Kecamatan Purwodadi, Pasuruan.

8. Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo cukup terkenal. Destinasi wisata ini berada di ketinggian 850 meter di atas permukaan laut. Berada di kaki Gunung Welirang, memiliki suasana sejuk dan asri.

Selain cerita Kakek Bodo yang cukup terkenal, wisata ini ramai dikunjungi wisatawan karena keindahannya.

Air terjun ini terletak di Jalan Taman Wisata No. 541, Semeru, Pasuruan. Makam Kakek Bodo tidak jauh dari air terjun dan dikeramatkan oleh warga sekitar.

9. Danau Ranu Grati

Wisata Danau Ranu Grati berada tak jauh dari sisi timur Kabupaten Pasuruan. Danau ini memiliki luas 107 hektar dengan latar belakang pegunungan yang indah.

Kegiatan yang bisa dilakukan di sini adalah wisata perahu, memancing dan bersepeda air. Selain bagus untuk foto-foto, Anda juga bisa bersantai karena sudah disediakan kios dan paviliun untuk pengunjung.

Tonton video “Parasailing, nikmati indahnya panorama alam dari langit Banten”.
[Gambas:Video 20detik]
(matahari/iwd)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button