Manfaat dataran tinggi untuk perkebunan, peternakan dan pariwisata - WisataHits
Jawa Timur

Manfaat dataran tinggi untuk perkebunan, peternakan dan pariwisata

Permukaan bumi tidak datar. Ketinggian permukaan bumi di atas permukaan laut juga bervariasi. Perbedaan ini diklasifikasikan menjadi dua, yaitu dataran tinggi dan dataran rendah. Berikut penjelasan Dataran Tinggi dan Manfaat Dataran Tinggi selengkapnya dari Ecosystem.co.id.

Dataran tinggi merupakan dataran dengan ketinggian lebih dari 500 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi merupakan salah satu jenis dataran yang ada di bumi yaitu dataran rendah.

Bumi memiliki berbagai jenis dataran yaitu dataran tinggi dan dataran rendah. Dataran tinggi terkenal dengan udaranya yang dingin sedangkan dataran rendah terkenal dengan kepadatan penduduk dan kesuburan tanahnya.

Kedua tingkatan ini tercipta dan dipengaruhi oleh proses sedimentasi. Sedimentasi adalah perpindahan material dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan media seperti air, angin, gletser, dll. Keduanya memiliki manfaat masing-masing.

Karakteristik dan keunggulan Dataran Tinggi

Dataran tinggi memiliki ciri lain yaitu adanya pertanian bertingkat, udaranya kering dan dingin, suhunya dingin, jarang hujan dan sebagainya. Ciri yang paling menonjol dari dataran tinggi adalah udaranya yang dingin.

Dataran tinggi memiliki tipe yang berbeda yaitu dataran tinggi vulkanik dan dataran tinggi terpotong. Dataran tinggi vulkanik adalah dataran tinggi yang dibentuk oleh gunung berapi kecil yang perlahan-lahan menumpuk dari waktu ke waktu. Contohnya adalah Gunung Ruapehu dan Gunung Tongariro.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Dataran Tinggi, berikut adalah penjelasan lengkap tentang Dataran Tinggi.

1. Perkebunan

Tidak kalah dengan dataran rendah, keunggulan dataran tinggi lainnya terletak pada sektor perkebunan. Dataran tinggi juga memiliki kualitas tanah yang subur dan baik untuk ditanami berbagai tanaman. Banyak petani menanam sayuran dan buah-buahan di dataran tinggi.

Dataran rendah memiliki banyak tanaman dan cocok untuk ditanam di atasnya. Namun, dataran tinggi juga memiliki berbagai jenis tanaman yang bisa tumbuh ditanam di dataran tinggi. Contoh tanaman yang bisa ditanam di dataran tinggi adalah kopi, stroberi, buah beri lainnya, kentang, brokoli, selada, kakao, wortel, apel, kubis, teh, dan sebagainya.

Seperti disebutkan di atas, terasering adalah metode pertanian yang biasa digunakan di dataran tinggi. Cara ini digunakan agar tanah tidak rawan terhadap erosi dan erosi.

Erosi adalah peristiwa geologis utama. Erosi dapat merusak seluruh material di bawahnya sehingga menimbulkan kerugian hingga puluhan atau ratusan juta. Masyarakat juga menanami lahan terasering untuk mencegah hal tersebut, agar kondisi tanah tetap stabil.

2. Peternakan

Manfaat lain dari dataran tinggi adalah untuk ternak. Dataran tinggi memiliki iklim sejuk yang menenangkan. Beberapa hewan ternak juga cocok untuk berkembang biak di sini. Selain udaranya yang sejuk, ada juga makanan di dataran tinggi ini. Contoh hewan yang dapat hidup di dataran tinggi adalah domba, kambing, sapi, kerbau dan kuda.

3. Tanaman semusim

Keuntungan lain dari dataran tinggi adalah bahwa daerah ini dapat digunakan untuk menanam satu jenis tanaman di area yang luas. Hortikultura dapat diterapkan dengan baik di dataran tinggi dengan berbagai manfaat. Iklimnya yang dingin disertai tanah yang subur dapat menjadi media yang cocok untuk menanam tanaman tahunan.

4. Kehutanan

Keunggulan dataran tinggi selanjutnya berkaitan dengan kawasan hutan. Dataran tinggi identik dengan hutan lindung yang indah dan lebat. Banyak hewan dan tumbuhan lain hidup di dalamnya.Manfaat hutan dataran tinggi adalah untuk mencegah erosi. Oleh karena itu, dataran tinggi dengan keberadaan pepohonan merupakan kombinasi yang cocok dan bermanfaat.

5. Tempat Wisata

Tak heran dengan iklim yang sejuk dan udara yang sejuk, manfaat dataran tinggi selanjutnya adalah lokasi wisata. Penduduk setempat juga telah mendirikan berbagai fasilitas wisata yang juga memanfaatkan kesempatan ini.

Beberapa dataran tinggi yang menjadi tempat wisata di Indonesia adalah Dataran Tinggi Gayo di Aceh. Dataran Tinggi Gayo identik dengan kopi Gayo, kopi terbaik dan termahal di Indonesia.

Selanjutnya, menuju Dataran Tinggi Dieng. Dieng adalah tempat dengan pemandangan alam yang indah. Selain itu, Dataran Tinggi Tengger juga bisa menjadi pilihan. Dataran tinggi ini terletak di Jawa Timur.

6. Mata pencaharian masyarakat

Dengan adanya tempat wisata di dataran tinggi, warga berbondong-bondong mendirikan toko. Mulai dari jasa, jasa, souvenir dan lain sebagainya.

Selain itu, warga juga bisa memulai usaha dengan membudidayakan tanaman yang bermanfaat bagi kehidupan. Tidak hanya itu, di bidang peternakan juga, penduduk setempat dapat memelihara ternaknya dengan baik karena banyaknya makanan dan minuman yang ditawarkan.

Itulah 5 kelebihan dataran tinggi yang bisa kamu manfaatkan dengan baik. Berdasarkan uraian di atas dapat diketahui bahwa keunggulan dataran tinggi adalah dari segi perkebunan, pariwisata, mata pencaharian, kehutanan, peternakan, perkebunan, dll.

Keberadaan dataran tinggi dan segala aspek yang mempengaruhinya terbukti memberikan banyak manfaat bagi penduduk sekitar.

Warga dapat memanfaatkan sumber daya alam dengan perkebunan dan peternakan, serta tempat wisata. Perekonomian lokal bisa stabil dan berkembang, bahkan meningkat dengan minat warga lain mengunjungi tempat-tempat wisata di dataran tinggi.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button