9 Tempat Wisata Malam di Kota Yogyakarta Cocok Untuk Nongkrong - WisataHits
Yogyakarta

9 Tempat Wisata Malam di Kota Yogyakarta Cocok Untuk Nongkrong

Tidak hanya di siang hari, berbagai tempat wisata malam di kota Yogyakarta juga menawarkan keunikan tersendiri. Mereka tidak hanya menawarkan pemandangan keindahan malam Jogja, tetapi juga menawarkan kenyamanan yang akan membuat Anda betah berlama-lama melepas kaitan di kota yang hangat ini.

Dari sekian tempat wisata tersebut, ada beberapa yang enak banget buat nongkrong bareng temen-temen lho. jangan berpikir begitu Simak rekomendasi tempat wisata malam di kota Yogyakarta berikut ini.

1. Titik nol kilometer Jogja

9 Tempat Wisata Malam di Kota Yogyakarta Cocok Untuk NongkrongKilometer Jogja Titik Nol (instagram.com/teropongjogja)

Jika Anda ingin menikmati malam di kota Yogyakarta, titik nol km Jogja wajib masuk dalam daftar wisata malam Anda. Ya memang, Seperti namanya, tempat wisata ini sebenarnya terletak di pusat atau titik 0 kota Jogja. Lebih tepatnya, terletak di persimpangan empat kantor pos utama Kota Yogyakarta atau di ujung selatan Jalan Malioboro.

Kamu bisa menikmati malam khas kota Yogyakarta di titik nol km lho. Mulai dari seniman jalanan, keindahan kota, berbagai ornamen seni yang instagramable dan hal-hal menarik lainnya. Jangan khawatir, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk menikmati titik nol km di Jogja alias gratis!

Alamat : Jl. Pangurakan No. 1, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta
Jam operasional: 24 jam
Bebas biaya masuk

2. Kawasan Malioboro

9 Tempat Wisata Malam di Kota Yogyakarta Cocok Untuk NongkrongWisatawan berada di kawasan Malioboro, Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Tempat wisata di kota Yogyakarta lainnya yang bisa Anda nikmati secara gratis adalah kawasan Malioboro. Padahal, kawasan yang terletak di utara titik nol km Jogja itu sudah lama dikenal sebagai simbol kota Jogja. Meski begitu, Malioboro tidak kehilangan pesonanya.

Kawasan di jantung kota Yogyakarta ini menawarkan berbagai program wisata menarik mulai dari pusat oleh-oleh, belanja, kuliner, sajian pengamen hingga menikmati suasana Malioboro di atas kereta (Andong).

Alamat: Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro dan Jalan Margo Mulyo, Kota Yogyakarta
Jam operasional: 24 jam
Bebas biaya masuk

3. Teras Malioboro 1

9 Tempat Wisata Malam di Kota Yogyakarta Cocok Untuk NongkrongSuasana prosesi PKL di Teras Malioboro 1. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Terletak di bekas Teater Indra di Malioboro bagian selatan, Teras Malioboro 1 menawarkan wisata belanja dan kuliner dengan harga terjangkau. Memiliki tiga lantai yang menawarkan cuci mata yang memuaskan bagi penggemar belanja.

Setiap lantai berisi barang-barang souvenir mulai dari berbagai T-shirt, pakaian dewasa, pakaian anak-anak, gantungan kunci, tas dan souvenir lainnya. Sedangkan untuk wisata kuliner, di sebelah Malioboro 1 Terrace bisa Anda nikmati berupa warung-warung kecil yang menjajakan aneka makanan dan minuman.

Alamat : Jl. Margo Mulyo, Ngupasan, Kec. Gondomanan, kota Yogyakarta
Jam operasional: 15.00-23.00 WIB
Bebas biaya masuk

Baca Juga: 8 Wisata Malam Terpopuler di Bantul, Ada Puncak Bibis!

4. Teras Malioboro 2

9 Tempat Wisata Malam di Kota Yogyakarta Cocok Untuk NongkrongPedagang yang direlokasi menata dagangannya di toko Teras Malioboro 2. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Teras Malioboro 2 terletak di lahan kosong eks kompleks Dinas Pariwisata Malioboro Utara tepatnya di utara Kantor DPRD DIY. Mirip dengan Malioboro 1 Tera, Malioboro 2 Tera juga dipenuhi pedagang kaki lima yang menjual pakaian santai, kaos, tas, celana, dan aksesoris lainnya.

Tidak hanya berbelanja, Anda juga memiliki wisata kuliner di Teras Malioboro 2 yang menawarkan berbagai kios yang menjual berbagai jenis makanan. Bisa dibilang Malioboro 2 Tera mirip dengan Malioboro 1 Tera, hanya saja di sebelah utara Malioboro.

Alamat : jl. Malioboro No. 56, Suryatmajan, Kec. Danureyan, Kota Yogyakarta
Jam operasional: 15.00-23.00 WIB
Bebas biaya masuk

5. Peringatan Sahabat Putih

9 Tempat Wisata Malam di Kota Yogyakarta Cocok Untuk Nongkronginstagram.com/malioboro_insta

Berwisata di Jogja belum lengkap rasanya jika belum sempat berfoto di tugu yang dikenal dengan sebutan Tugu Jogja ini. Karena itu, banyak wisatawan yang ingin mengabadikan momen mereka di tugu yang bernama asli Tugu Golong Gilig ini. Juga dikenal sebagai Tugu Pal Putih, tugu ini menandai batas utara kota Yogyakarta sebelum memasuki kabupaten Sleman.

Uniknya, tugu peringatan yang satu ini berubah setiap tahunnya. Terakhir, monumen ini dihiasi dengan pemasangan bola-bola batu yang disusun melingkar sebagai pagar. Nah, bola batu andesit ini juga dipasang di titik nol KM Jogja sebagai poros filosofis yang menjadi garis imajiner antara Gunung Merapi, Tugu Jogja, Keraton Yogyakarta, Panggung Krapyak dan Laut Selatan.

Oya, jika sempat, Anda bisa mengunjungi Tugu Golong Gilig untuk melihat miniatur, monumen dan sejarah monumen tersebut. Lokasi tugu ini berada di sebelah tenggara tugu.

Alamat : Jl. Jenderal Sudirman, Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta
Jam operasional: 24 jam
Bebas biaya masuk

6. Purawisata Balet Ramayana

9 Tempat Wisata Malam di Kota Yogyakarta Cocok Untuk NongkrongFoto Sendratari Ramayana (instagram.com/ramayanaballetpurawisata)

Tempat wisata malam lainnya di Yogyakarta adalah Purawisata. Lokasinya sendiri berada di Jalan Brigjend Katamso. Anda dapat menikmati kisah dramatis Ramayana dan Shinta melalui tarian. Untuk melihat tariannya, Anda bisa datang ke Amphitheatre Purawisata pada waktu yang telah dijadwalkan.

Wisatawan yang ingin melihat pertunjukan tari ini akan dikenakan harga tiket yang berbeda-beda tergantung dari paket yang mereka pilih. Untuk menikmati pertunjukan tari, wisatawan domestik harus membayar Rp 100.000 dan wisatawan internasional Rp 300.000. Untuk pelajar domestik (anak-anak) dikenakan biaya Rp 75.000 dan untuk tiket anak internasional Rp 150.000. Jika ingin makan, Anda perlu menambahkan biaya makan sebesar Rp 150.000 untuk wisatawan lokal dan internasional.

Alamat : jl. Brigjen Katamso – Ireda, Keparakan, Mergangsan, Yogyakarta
Jam operasional: 09.00-21.30 WIB
Tiket masuk: tergantung paket yang dipesan

Baca Juga: Objek Wisata Bregada Jaga Malioboro, Objek Wisata Baru Jogja

7. Alun-alun Selatan

9 Tempat Wisata Malam di Kota Yogyakarta Cocok Untuk NongkrongFoto dari Alun-alun Selatan (instagram.com/alunalunselatanyk)

Anda dapat mengalami banyak kegiatan wisata di Alun-alun Kidul. Ada yang menyewa sepeda hias dan berkeliling alun-alun, menikmati jajanan pinggir jalan, menikmati kuliner berat, berolahraga dan lain sebagainya memasak yang sangat populer di kalangan wisatawan.

masin adalah kegiatan berjalan dengan mata tertutup di antara dua pohon beringin di tengah Alun-alun Selatan (Alkid). Jika Anda berhasil, keinginan Anda dapat dikabulkan. Apakah Anda mencoba?

Alamat : jl. Alun-alun Selatan, Patehan, Keraton, Kota Yogyakarta
Jam operasional: 24 jam
Bebas biaya masuk

8. Pertunjukan kabaret Raminten

9 Tempat Wisata Malam di Kota Yogyakarta Cocok Untuk NongkrongFoto oleh Raminten Cabaret Show (instagram.com/ramintencabaret)

Anda juga bisa menikmati atraksi malam di kota berikutnya, Yogyakarta, seperti Pertunjukan Kabaret Raminten. Di acara ini, kamu bisa menikmati makan malam sambil menonton pertunjukan pertunjukan kabaret yang dipadukan dengan gaya ludruk, lagu dan tarian Jackqueen.

Untuk melihat Pertunjukan Kabaret Raminten, Anda bisa mengunjungi Hamzah Batik Lantai 3 setiap hari Jumat dan Sabtu pukul 19.00 dengan membeli tiket (plus makan) senilai Rp 130.000 secara online. Tapi jika Anda kehabisan tiket On line, Kamu bisa langsung mampir ke counter Raminten 3 Resto mulai pukul 17.30 di hari pertunjukan.

Alamat : Jl. Margo Mulyo No.9, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta

Jam operasional: 19.00–selesai

Tiket Masuk: Rp 130.000 (tiket dan makan)

9. Kopi Joss Angkringan

9 Tempat Wisata Malam di Kota Yogyakarta Cocok Untuk NongkrongKopi Joss Slasar Angkringan Malioboro (IDN Times/Dyar Ayu)

Sensasi menyeruput kopi Joss yang merupakan kopi hitam panas dengan arang panas di dalamnya merupakan momen tak terlupakan saat menikmati malam di kota Yogyakarta. Anda bisa menikmatinya dengan mengunjungi Angkringan Kopi Joss.

Angkringan yang menjadi ikon tempat nongkrong masyarakat Jogja di malam hari, tak hanya menyajikan kopi asap. Anda bisa menikmati masakan khas Angkringan seperti: anugerah (Nasi) kucing, aneka sate, gorengan, wedang jahe, wedang teh, aneka jajanan dan masih banyak lagi. Untuk menikmati angkringan kopi joss ini, Anda bisa mengunjungi sejumlah angkringan di dekat stasiun Tugu Yogyakarta. Nah, salah satu yang paling terkenal adalah Angkringan Lik Man, pelopor kopi asap di kawasan ini.

Alamat: Stasiun Tugu Utara Yogyakarta
Jam operasional: Dari jam 5 sore WIB
Bebas biaya masuk

Tempat wisata malam menarik di kota yogyakarta? Pastinya jangan lupa ajak teman atau keluarga kalau pergi night cruise di tempat-tempat ini ya? Wah, pasti jadi momen yang tak terlupakan!

Baca Juga: Ayo Jalan-jalan di Desa Wisata di Kawasan Keraton Yogyakarta

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: jogja.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button