8 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Masuk Bucket List Liburanmu, Cek Disini - WisataHits
Yogyakarta

8 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Masuk Bucket List Liburanmu, Cek Disini

URBANJABAR.COM – Solo adalah salah satu kota budaya Indonesia dan terletak di provinsi Jawa Tengah dekat Semarang dan Jogja. Solo juga memiliki wisata yang menarik dan penuh dengan cerita sejarah.

Menarik karena Solo masih sangat dipengaruhi oleh budaya Jawa, bahkan bangunan bersejarah pun masih dilestarikan.

Solo memiliki destinasi wisata yang perlu masuk dalam daftar liburan Anda, berwisata sambil mengenang masa lalu.

Solo tidak kalah dengan Semarang atau Jogja yang pastinya tempat wisata terkenal.

Berikut 8 daftar tempat wisata solo yang wajib Anda kunjungi.

1. Pasar Ngarsopuro

Pasar ini seperti pasar malam di beberapa tempat, tetapi satu-satunya orang yang bisa berjualan di pasar ini adalah penduduk solo yang sebenarnya dilihat dari residensi di ID mereka. Pasar ini menjual berbagai jenis barang yang dijual oleh kerajinan Solo dan batik Solo, jajanan atau jajanan khas Solo dan tentunya makanan khas Solo, bahkan ada pertunjukan musik oleh band lokal.

2. Taman Balekambang

Salah satu ruang terbuka hijau yang dimiliki oleh kota Bengawan, kota Bengawan merupakan salah satu julukan untuk kota Solo, di taman ini terdapat sebuah danau yang dijadikan sebagai wisata air, kemudian terdapat kawasan hutan yang merupakan di salah satu paru-paru kota Solo bahkan terdapat rusa yang berkeliaran dengan bebas, yang menjadi objek yang menarik untuk difoto oleh pengunjung terutama untuk masuk ke Taman Balekambang secara gratis.

3. Keraton Kasunanan Surakarta

Salah satu ikon kota Solo, destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan, memiliki koleksi patung, senjata, dan pusaka kerajaan. Keraton Kasunanan memiliki menara ikonik yaitu Menara Sanggabuana.

Sasana Sewaka adalah pendopo yang berfungsi sebagai tempat pengunjung menyaksikan pertunjukan para penari Jawa.

4. Museum Batik Danar Hadi

Terletak di jalan utama kota Solo, Jalan Slamet Riyadi, merupakan salah satu koleksi batik terlengkap di kota Solo yang didirikan oleh Haji Santoso Dulah. Pengunjung juga bisa mengikuti workshop membatik secara langsung.

5. Kampung Batik Kauman

Sentra batik tertua di kota Solo, terletak tidak jauh dari jalan utama kota Solo. Kampung Batik Kauman pada awalnya merupakan kawasan pemukiman para abdi dalem yang memiliki kebiasaan membatik untuk melestarikan budaya.

6. Pasar Klever

Pasar tekstil di kota Solo yang pernah mengalami kebakaran besar pada tahun 2014, kini terlihat semakin cantik dan terawat dengan adanya renovasi.

7. Istana Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran atau Istana Mangkunegaran merupakan pusat kebudayaan dan seni di kota Solo, berbagai koleksi berharga dari kerajaan Mataram dan Majapahit, di dalamnya terdapat ruang Rekso Pustoko, yang menyimpan koleksi seperti kereta api dan topeng, dan lain-lain.

8. Kirim ke museum pribadi

Salah satu museum pribadi milik Iwan Kurniawan Lukminto, museum ini didirikan sebagai penghormatan kepada ayahnya dan juga sebagai apresiasi terhadap seniman Indonesia, walaupun masuknya gratis namun pengunjung harus melakukan reservasi terlebih dahulu.

Wisata menarik di kota Solo tidak kalah dengan Semarang atau Jogja, selamat berwisata di kota Solo.***

Source: www.urbanjabar.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button