8 Tempat Wisata di Indonesia Ini Sangat Indah Tapi 'Pantang' Bagi Pasangan Karena Bisa Putus Cinta - WisataHits
Jawa Tengah

8 Tempat Wisata di Indonesia Ini Sangat Indah Tapi ‘Pantang’ Bagi Pasangan Karena Bisa Putus Cinta

Tanah Lot di Bali merupakan tempat wisata yang memiliki mitos beresiko jika dikunjungi oleh pasangan. Foto: web

BERITA SABANGMERAUKE – Tempat wisata menawarkan berbagai pemandangan indah sebagai sarana relaksasi dan penat. Mengunjungi tempat wisata alam dan budaya juga memberikan kesan betapa luar biasanya ciptaan Tuhan bagi manusia.

Namun, ada juga mitos yang berkembang di masyarakat tentang sejumlah objek wisata yang bisa merusak ikatan cinta pasangan. Cinta pun meredup hingga akhirnya sejoli berpisah saat mengunjungi tempat-tempat wisata tertentu.

Namun, ini hanyalah mitos, meski ada beberapa orang yang mempercayainya. Padahal, objek wisata terkenal ini sangat indah dan sayang jika pasangan saja tidak mengunjunginya.

Berikut daftar 8 tempat wisata di Indonesia yang memiliki mitos yang bisa berujung putus cinta jika dikunjungi pasangan:

1. Alun-alun Selatan, Yogyakarta

Pohon beringin di Alun-alun Selatan Yogyakarta yang terkenal dengan tradisi Masanginnya juga sarat mitos. Siapa pun dengan mata tertutup dapat berjalan melewati dua pohon beringin ini agar orang tersebut memiliki hati yang murni.

Uniknya cukup sulit untuk melakukan hal ini. Konon mitos ini bermula dari tantangan melewati pohon beringin oleh putri Sri Sultan Hamengku Buwono I yang ingin menikah dengan laki-laki. Karena tidak menyukai laki-laki itu, putri sultan kemudian menantangnya untuk melewati pohon beringin itu, agar laki-laki sang putri tidak melamarnya.

2. Kebun Raya Jembatan Merah Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu tujuan wisata paling populer yang memiliki banyak peminat. Meskipun demikian, tujuan wisata ini diyakini juga menyebabkan putusnya hubungan seseorang.

Konon, saat sepasang kekasih melintasi jembatan merah di Kebun Raya Bogor, mereka langsung berpisah. Sebaliknya, saat jomblo melintasi jembatan ini, mereka mendapat jodoh.

3. Candi Gedong Songo, Semarang

Candi Gedong Songo terletak di lereng Gunung Ungaran, Desa Candi, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Dinamakan Gedong Songo karena terdapat 9 candi di kawasan tersebut.

Konon jika Anda berada di sekitar candi ini, jangan coba-coba menggoda pasangan Anda. Karena saat menghabiskan hal-hal manis, hubungan asmara diyakini akan berantakan di tengah jalan.

4. Candi Prambanan, Yogyakarta

Candi Prambanan yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta ini terkenal dengan cerita Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang yang menyimpan mitos. Bagi pasangan yang belum menikah dan datang ke sini, hubungan akan kandas di tengah jalan.

Awal dari mitos ini adalah pada zaman dahulu banyak pasangan yang hendak menikah berdoa dan memberikan persembahan kepada patung Roro Jonggrang. Namun, ada pasangan yang tidak menikah di sana setelah salat.

Nah, mitos yang masih dipercaya hingga saat ini adalah pasangan yang belum menikah bisa berpisah jika ingin mengunjungi candi yang terletak di perbatasan Yogyakarta-Jawa Tengah ini.

5. Batu Raden, Jawa Tengah

Batu Raden adalah tempat wisata di Banyumas, Jawa Tengah. Berada di lereng selatan Gunung Slamet, kawasan ini dikenal sebagai kawasan wisata yang menarik karena udara yang segar dan sejuk menjadi daya tarik utamanya.

Alasan di balik ini adalah bahwa kunjungan dengan pasangan Anda dapat menyebabkan perpisahan. Nama tempat ini berasal dari anak bupati (Raden) dan anak abdi (Batur) yang diketahui berkerabat namun tidak diakui, maka disebut Baturaden.

Mitos yang beredar adalah kebanyakan pasangan yang pergi ke sana akhirnya putus.

6.Tanah Lot,Bali

Tanah Lot merupakan pantai yang menjadi tujuan wisata populer. Karena ada sebuah pulau dengan pura yang dijaga oleh seekor ular suci.

Konon ular ini bisa mengabulkan doa orang yang mengunjunginya. Namun bagi para pecinta, masyarakat setempat tidak dianjurkan untuk memasuki pura dan bertemu dengan ular suci tersebut, karena akan berujung pada perpisahan.

7. Air Terjun Coban Rondo, Malang

Coban Rondo adalah sebuah air terjun yang berada di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Destinasi wisata cantik ini ternyata memiliki mitos bahwa berkunjung dengan pacar akan berujung pada putus cinta.

Berawal dari kisah Dewi Anjani yang ditinggal suaminya yang sangat terkenal di Coban Rondo. Inilah penyebab mitos perpisahan saat datang ke tempat wisata ini bersama pacar.

8. Pantai Parangtritis, Yogyakarta

Pantai terkenal ini konon merupakan wilayah kekuasaan Nyi Roro Kidul. Selain dilarang mengenakan pakaian berwarna hijau di pantai ini, ternyata para pecinta juga dilarang mengunjungi pantai yang indah dan luas ini.

Menurut kabar, pecinta yang bermain di pantai ini akan segera putus setelah berkunjung. Mitos ini tidak berhenti di Parangtritis, konon mitos ini berlaku di sepanjang pantai laut selatan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button